shape

6 Bahan Alami Yang Ampuh Meningkatkan Kekuatan Tulang Lansia

04 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
6 Bahan Alami Yang Ampuh Meningkatkan Kekuatan Tulang Lansia

Sobat Salam, tulang adalah salah satu organ tubuh yang penting untuk menopang organ tubuh lainnya, beserta daging dan kulit. Namun pada usia lansia, organ tubuh ini seringkali bermasalah. Hal itu bisa disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah karena proses penuaan yang dialami.

Permasalahan tulang pada lansia ini disebut juga dengan osteoporosis. Osteoporosis adalah pengeroposan tulang akibat menurunnyaa kepadatan tulang seiring dengan bertambahnya usia. Biasanya bagian tulang yang mengalami pengeroposan kepadatannya adalah pinggang, punggung belakang dan lutut.

Seperti yang kita ketahui bahwa tulang pada punggung bawah, pinggang dan lutut adalah bagian yang sering dijadikan tumpuan saat berdiri dan berjalan. Umunya gejala yang muncul dari osteoporosis ini ditandai dengan rasa nyeri.

Maka dari itu, Sobat perlu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang untuk mencegah osteoporosis. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi bahan alami yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang.

Bahan Alami Untuk Menguatkan Tulang

6 Bahan Alami Yang Ampuh Meningkatkan Kekuatan Tulang Lansia
Source : food.detik.com

Nuturisi yang sangat baik bagi kesehatan tulang adalah vitamin D dan kalsium. Kalsium sangat berguna untuk memperkuat tulang, sedangkan vitamin D berperan dalam membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Sobat manfaatkan khasiatnya untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Di antaranya adalah :

1. Susu dan produk olahannya

Salah satu sumber kalsium terbaik bisa Sobat dapatkan dalam susu, kandungan kalsium dalam susu berguna untuk menguatkan tulang. Beberapa produk olahan susu biasanya juga menambahkan vitamin D kedalamnya. Vitamin D ini sangat berperan penting dalam membantu pertumbuhan tulang. Dengan rutin mengonsumsi susu maka Sobat akan terhindar dari risiko osteoporosis.

2. Sayuran hijau

Dalam sayuran hijau umumnya banyak mengandung antioksidan dan vitamin C. Dua nutrisi ini ternyata sangat berguna untuk memproduksi sel-sel pembentukan tulang lho! Selain antioksidan dan vitamin C, terkadang kita juga bisa mendapati kandungan vitamin K dalam sayuran. Vitamin K ini masuk ke dalam kategori vitamin B kompleks yang ternyata mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesehatan tulang.

Salah satu faktor melemahnya kekuatan tulang bisa karena kekurangan vitamin B. Maka dari itu, penting untuk memenuhi asupan vitamin B  agar kesehatan dan kepadatan tulang terjaga.

3. Kacang kedelai

Ternyata kacang kedelai ini memiliki kandungan vitamin B, vitamin D, dan vitamin E. Selain kaya akan berbagai macam vitamin, kacang kedelai juga memiliki kandungan isoflavone dan phytoestrogen yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Tahu

Makanan favorit sejuta umat ini adalah produk olahan dari kacang kedelai yang mengandung isoflavone dan phytoestrogen yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu tahu juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor serta vitamin D, A, B6 dan C. Kandungan nutrisi tahu yang segudang ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Roti

Selain karbohidrat, roti juga memiliki kandungan vitamin B1, B2, zat besi, dan kalium. Tidak hanya bisa menahan rasa lapar lebih lama, kandungan nutrisi yang banyak dalam roti juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

6. Ikan

Sumber protein hewani ini sangat baik dikonsumsi karena segudang kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh. Ikan jenis sarden dan salmon mengandung vitamin D dan asam lemak omega 3. Dengan mengonsumsi ikan tersebut bisa menjaga kepadatan tulang dan menguatkan tulang. Vitamin D dan asam lemak omega 3 dalam ikan sangat baik untuk menjaga tulang dari risiko osteoporosis.

Menjaga pola makan sehat memang sangat penting untuk dijalani oleh lansia untuk meningkatkan kesehatan tulangnya. Selain melalui asupan nutrisi, lansia juga tetap harus aktif bergerak ringan untuk mencegah pengeroposan tulang.

Jika Sobat Salam memiliki orang tua/sanak saudara lansia, namun tidak memiliki waktu untuk menjaga mereka sepanjang waktu? Ya Layanan Perawatan Lansia solusinya! Perawat kami sigap, cekatan, dan profesional dengan tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan keluarga Sobat! Bulan ini juga ada promo menarik loh, yuk cek promonya sekarang!

shape
shape