shape

8 Kebiasaan Sehari-hari Yang Ternyata Memicu Kanker

20 December 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
8 Kebiasaan Sehari-hari Yang Ternyata Memicu Kanker

Sobat Salam, perkembangan yang semakin maju tentunya membawa dampak positif dalam membantu aktivitas sehari-hari. Selain itu kemajuan teknologi juga banyak memberikan pengaruh pada kebiasaan dan gaya hidup.

Salah satunya adalah duduk terlalu lama. Kebiasaan ini muncul dikarenakan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan melalui komputer. Banyak yang tidak sadar, bahwa kebiasaan ini bisa memicu kanker.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Ada banyak sekali hal-hal yang menyebabkan kanker, salah satunya berasal dari kebiasaan yang sering dilakukan terutama kebiasaan gaya hidup anak muda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga tubuh dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Tentunya, pencegahan harus segera dilakukan sejak awal seperti mulai mengubah pola makan, dan kebiasaan lainnya yang dapat memicu kanker.

Kebiasaan Buruk Pemicu Kanker

Berikut ini beberapa kebiasaan yang kurang baik dan harus segera Sobat Salam hentikan jika tidak ingin terserang kanker, di antaranya adalah :

1. Tidak mengontrol stres dengan baik

Setiap orang pasti memiliki masalah yang harus diselesaikan, terlebih lagi stres juga bisa dialami siapa saja dan terjadi kapan saja. Adapun faktor penyebabnya, entah karena pekerjaan, tekanan, atau juga masalah-masalah lainnya.

Selain itu, stres mampu meningkatkan tekanan darah hingga detak jantung dengan cepat. Maka dari itu, jika tidak bisa mengontrolnya dengan baik dapat menyebabkan kanker.

2. Duduk terlalu lama

Segala sesuatu hal yang berlebihan tentunya tidak baik, sama halnya dengan duduk terlalu lama. Sebuah studi menunjukkan jika duduk terlalu lama sepanjang hari itu bisa menyebabkan timbulnya risiko kanker. Adapun kanker yang bisa terkena, yakni kanker usus besar, endometrium dan juga paru-paru.

3. Makan-makanan olahan

Makanan olahan memang memiliki cita rasa yang tinggi, terlebih lagi makanan olahan juga mudah untuk dihidangkan. Namun, dibalik itu semua makanan olahan ternyata bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal itu dikarenakan adanya kandungan lemak tidak sehat dan berbagai senyawa yang bisa menumbuhkan sel kanker.

4. Kurang minum

Air putih merupakan salah satu hal yang penting dalam tubuh manusia, terlebih lagi air juga membantu mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh serta juga melancarkan organ tubuh dengan baik. Jika kurang minum air putih, maka bisa menyebabkan penumpukkan racun, yang mana bisa menyebabkan kanker kandung kemih.

5. Makan daging olahan

Daging memang kaya akan berbagai vitamin, namun jika daging yang dikonsumsi adalah daging olahan maka itu bukanlah hal yang baik untuk tubuh. Ini karena daging olahan mengandung senyawa kimia berbahaya, yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar.

6. Minum alkohol berlebihan

Alkohol merupakan minuman yang sering dikonsumsi oleh sebagian orang. Namun, jika dikonsumsi berlebihan itu merupakan hal yang tidak baik untuk tubuh karena bisa meningkatkan risiko kanker melanoma, prostat dan bahkan pankreas.

7. Merokok

Pastinya rokok juga masuk dalam hal sepele yang bisa menyebabkan kanker. Bahkan, menghirup asapnya saja sudah bisa menyebabkan kanker dan juga merusak DNA setiap orang yang menghirupnya. Adapun kanker yang diidap perokok yakni, kanker mulut, faring hingga kanker leukimia.

8. Produk yang mengandung paraben

Paraben adalah suatu pengawet yang sering digunakan di berbagai kosmetik dan produk pembersih. Sebuah studi menunjukkan paraben dapat dengan mudah diserap melalui kulit dan parahnya, bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker payudara jika dipakai.

Jadi itu dia Sob, kebiasaan yang sering tidak kita sadari yang ternyata dapat memicu kanker. Berapa banyak dari kebiasaan di atas yang masih Sobat sering lakukan? Ada baiknya untuk mengendalikan bahkan hentikan mulai dari sekarang ya, agar terhindar dari risiko kanker yang mengintai.

Baca Juga :

shape
shape