shape

8 Tips Sehat Menjaga Kesehatan Hati

11 March 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
8 Tips Sehat Menjaga Kesehatan Hati

Sobat Salam, hati pada organ tubuh manusia merupakan organ yang memiliki fungsi sebagai penyaring atau mendetoksifikasi berbagai macam racun atau limbah yang tidak sengaja ikut masuk saat mengonsumsi makanan.

Karena fungsi hati ini penting bagi tubuh kita, maka dari itu perlu perawatan khusus untuk menjaganya. Agar fungsi hati tidak terganggu karena terlalu banyak bekerja akibat stress atau pola hidup yang tidak sehat.

Ada beberapa langkah yang bisa Sobat Salam terapkan untuk menjaga fungsi hati aga tetap sehat dan berfungsi secara optimal dan normal.

8 Tips Sehat Menjaga Kesehatan Hati

1. Lakukan diet seimbang

Diet gizi seimbang sangat penting dilakukan, seperti lebih banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan. Selain itu Sobat juga perlu menghindari makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Karena tingginya kadar lemak dan kolestrol dalam darah dapat memicu munculnya penyakit hati.

2. Olahraga secara rutin

Dengan rutin berolahraga tidak hanya baik untuk keseluruhan kesehatan tubuh. Tapi juga dapat menjaga tubuh kita dari berat badan berlebih atau obesitas. Karena dengan melakukan aktivitas fisik ini, ampuh untuk mengurangi atau menghilangkan lemak di hati yang menjadi peyebab gangguan kesehatan hati.

3. Perhatikan konsumsi obat-obatan

Di saat kita mengonsumsi obat, obat tersebut akan dipecah kandungannya oleh hati. Jika Sobat mengonsumsi obat yang melebihi dosis seharusnya, maka hal ini akan memberatkan fungsi hati dan dapat merusak hati. Jadi jangan sembarangan memilih obat-obatan untuk dikonsumsi ya Sob, agar terhindar dari keracunan hati.

4. Jaga berat badan ideal

Salah satu penyebab fungsi hati bermasalah adalah obesitas, karena hati akan rentan dihinggapi lemak. Jadi ada baiknya untuk menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat, agar berat badan dapat terkendali dan fungsi hati pun akan selalu sehat.

5. Berhenti minum alkohol

Minuman beralkohol bukan hanya dapat merusak keseluruhan kesehatan tubuh, tapi juga dapat merusak sel-sel yang ada dalam hati dan melukai hati. Selain itu, organ hati hanya dapat memproses sebagian kecil alkohol setiap jam nya.

6. Hindari rokok

Bagi Sobat yang merupakan perokok aktif, sebisa mungkin kurangi kebiasaan tersebut ya. Karena zat kimia berbahaya dalam rokok dapat mengganggu fungsi hati.

7. Dapatkan vaksin

Vaksin hepatitis adalah upaya lainnya untuk mencegah penyakit hepatitis yang termasuk ke dalam gangguan peradangan hati. Vaksinasi bisa dilakukan bertahap, seperti vaksin hepatitis B yang diberikan mulai dari bayi. Dan vaksin hepatitis A, yang berfungsi untuk mencegah penyakit hepatitis.

8. Jangan berbagi perlengkapan pribadi

Ternyata penularan peradangan hati atau hepatitis B ini bisa terjadi melalui berbagi barang pribadi sembarangan. Seperti alat cukur, sikat gigi, dan gunting kuku yang kemungkinan terdapat partikel kecil dari darah atau cairan tubuh yang menyebabkan tertular. Jadi usahakan untuk selalu memersiapkan barang-barang pribadi sendiri dan jangan berbagi dengan orang lain untuk mencegah hepatitis B.

Nah itu dia Sob, 8 tips sehat menjaga kesehatan hati yang biso Sobat terapkan. Semoga membantu.

shape
shape