shape

Kenapa Lansia Susah Makan?

02 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Kenapa Lansia Susah Makan?

Sobat Salam, mungkin sering kita menemui nenek atau kakek yang mengalami penurunan nafsu makan. Seiring bertambahnya usia, umumnya berbagai macam masalah kesehatan pun bermunculan.

Kehilangan nafsu makan menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh para lansia. Meskipun hal ini menjadi sebuah permasalahan, namun ternyata kondisi ini bukanlah merupakan bagian dari proses penuaan loh.

Sehingga munculnya gejala penurunan nafsu makan ini kemungkinan bisa menjadi indikasi dari permasalah kesehatan lainnya pada lansia. Jadi jangan anggap remeh ya Sob, jika menemukan kondisi seperti ini terhadap orang disekitar kita.

Ketika lansia mengalami susah makan, hal ini justru akan berdampak buruk bagi gangguan kesehatan lainnya. Lalu apa saja penyebab susah makan pada lansia ini?

Berbagai Penyebab Susah Makan pada Lansia

Kenapa Lansia Susah Makan?
Source : primaberita.com

Gangguan makan ini dapat berisiko membawa lansia pada kondisi malnutrisi. Itu sebabnya, lansia menjadi kelompok usia yang rentan mengalaminya. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab lansia susah makan. Berikut di antaranya :

1. Gangguan kesehatan gigi

Seiring bertambahnya usia, kemampuan gigi dalam mengunyah makanan pun cenderung menurun. Hal ini disebabkan oleh beberapa permasalahan yang menyerang gigi para lansia.

Salah satunya adalah karena tak jarang para lansia ini malas membersihkan area mulut. Sehingga kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga.

Kesehatan mulut dan gigi yang tidak terjaga inilah yang akhirnya membuat mulut penuh bakteri, dan bisa memengaruhi rasa makanan yang masuk ke dalam mulut menjadi tidak enak. Selain itu bakteri pada mulut juga membuat lansia susah menelan, mengecap, dan mengunyah makanan.

Ada baiknya kita membantu lansia untuk rajin membersihkan area mulut setiap hari. Bisa juga dengan rutin memeriksakan ke dokter gigi dalam 6 bulan sekali. Jika terlanjur mengalami permasalah gigi dan mulut, Sobat bisa membuat makanan untuk dikonsumsi oleh lansia dalam bentuk tekstur yang lebih lunak agar memudahkan lansia untuk mengunyahnya.

2. Penurunan kemampuan indera pengecap

Lidah sangat berperan penting untuk mengirim rasa makanan ke otak. Kemudian otak akan memberitahukan mengenai rasa makanan yang terasa pada lidah. Seiring bertambahnya usia, kemampuan indera pengecap ini akan menurun. Hal ini menyebabkan lansia tidak dapat mengecap makanan sebaik dahulu lagi, karena kemampuan indera pengecap yang menurun.

Karena lidah yang tak lagi peka dengan berbagai macam rasa dari makanan. Hal ini mengakibatkan rasa makanan yang masuk ke dalam mulut lansia menjadi terasa hambar, kurang bumbu, atau bahkan tidak ada rasa sama sekali.

Solusinya, Sobat bisa memberikan warna dan dekorasi yang menarik pada makanan agar lansia menjadi lebih tertarik untuk mengonsumsinya. Atau bisa juga Sobat menambahkan lebih banyak rempah ke dalam makanan, agar makanan memiliki rasa yang lebih kuat. Sehingga kepekaan rasa pada lidah lansia menjadi sedikit terbantu.

3. Tidak nafsu makan

Makanan yang tersaji tidak sesuai dengan selera, tentu saja membuat lansia kehilangan nafsu makannya. Hal ini seharusnya menjadi perhatian orang-orang disekitarnya dalam menyajikan makanan untuk lansia. Pastikan untuk membuat makanan sesuai dengan apa yang disukainya, agar lansia lebih berselera makannya.

Selain dari segi selera makan, mungkin saja lansia tidak nafsu makan karena tidak suka makan sendirian. Biasanya jika ada yang menemaninya makan dengan suasana rumah yang nyaman, lansia lebih termotivasi untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

4. Berbagai masalah kesehatan lain

Adanya masalah kesehatan lain yang dialami lansia juga dapat memicu lansia menjadi susah makan. Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang memicu potensi susah makan pada lansia :

  • Infeksi mulut dan tenggorokan
  • Penyakit liver kronis
  • Depresi
  • Gagal ginjal
  • Bebagai jenis kanker
  • Sakit kronis
  • Penyakit Alzheimer dan Demensia

Ada baiknya jika kita lebih memerhatikan kondisi makan pada lansia dengan perawatan yang tepat. Jika tidak, kondisi susah makan ini bisa berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti malnutrisi, sembelit dan mengalami berat badan yang turun drastis.

Jika Sobat memiliki orang tua/keluarga yang sudah lanjut usia, namun tidak ada waktu untuk menemani dan merawatnya secara langsung, Salam Homecare punya solusinya! Layanan Perawatan Lansia kami siap 24/7 selama sebulan di rumah anda. Perawat kami merupakan tenaga kesehatan yang prima, ramah, dan profesional yang memprioritaskan keamanan dan kenyamanan orang tercinta Sobat! Khusus bulan ini ada promo kemerdekaan loh, yuk cek promonya dibawah ini!

shape
shape