shape

Diagnosis Penyakit, Apakah Hanya Dapat Dilakukan Oleh Dokter?

06 May 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Diagnosis Penyakit, Apakah Hanya Dapat Dilakukan Oleh Dokter?

Sobat Salam, kalau sakit pasti periksa ke rumah sakit/klinik buat dicek dokter agar tahu penyakitnya apa. Saat dokter memberitahu tentang apa yang menyebabkan sakit, itulah yang dinamakan diagnosis. Diagnosis sendiri adalah istilah yang sering dipakai dalam dunia medis. Nah, apakah diagnosis penyakit hanya bisa dilakukan oleh dokter?

Diagnosis merupakan proses yang membantu memahami kondisi dan penyakit seseorang. Dalam dunia medis, diagnosis harus dilakukan oleh dokter atau ahli lainnya. Biasanya, informasi yang dibutuhkan mulai dari pemeriksaan fisik dan eksplorasi riwayat kesehatan pasien.

Diagnosis tidak boleh dilakukan sembarangan. Hanya dokter dan layanan kesehatan yang bisa memberikan diagnosis. Melakukan self diagnosis adalah salah satu kesalahan fatal dalam kesehatan loh.

Apa Itu Diagnosis?

pa Itu Diagnosis?
Source : University of Queensland

Diagnosis berasal dari bahasa Yunani, gnosis yang berarti pengetahuan. Dilansir dari Britannica, diagnosis adalah proses penentuan sifat dari suatu penyakit atau gangguan dan membedakannya dari kondisi lain. Secara tradisional, diagnosis didefinisikan sebagai seni mengidentifikasi penyakit dari tanda dan gejala.

Gejala medis adalah cara pasien menggambarkan penyakit yang diderita. Contohnya seperti sakit kepala, nyeri sendi, mata kabur, dll. Tapi, banyak juga gejala yang tidak spesifik. Contohnya, seseorang yang menderita penyakit jantung dan orang lain yang menderita penyakit paru-paru mungkin mengeluhkan nyeri dada.

Proses Diagnosis

Proses dari Diagnosis
Source : Detik.com

Dilansir dari Jflowershealth, proses diagnosis pasien yang efektif dan lengkap bisa dibagi menjadi 3 langkah. Meliputi pengumpulan informasi, pengintegrasian informasi, dan menentukan diagnosis.

1. Pengumpulan informasi

Tahapan ini meliputi pengkajian riwayat kesehatan, kesehatan pasien, pencatatan keluhan utama, periode observasi, dan pemeriksaan fisik.

2. Mengintegrasikan informasi

Proses ini tentang penggabungan informasi yang dipelajari dari pasien, dan riwayat medis dengan data yang diperoleh dari pengujian diagnostik teknologi. Contohnya, pasien mengeluh nyeri dada, tes menunjukkan katup jantung tersumbat.

3. Menentukan diagnosis

Langkah terakhir adalah menerapkan pengintegrasian dengan pengetahuan medis tentang gejala dan perawatan potensial. Contohnya, pasien mengeluh nyeri dada, dan hasil tes menunjukkan katup jantung tersumbat. Berarti pasien bisa menderita penyakit jantung atau ginjal berlemak.

Jenis-jenis Diagnosis

enis-jenis Diagnosis
Source : Medical News Today

Dilansir dari Jflowershealth, inilah jenis-jenis diagnosis yang biasa dipakai dalam dunia medis :

  • Diagnosis Klinis

Diagnosis yang tepat dari sudut pandang klinis. Didasarkan pada gejala yang dijelaskan oleh pasien dan diamati oleh profesional medis.

  • Diagnosis Laboratorium

Didasarkan pada pemeriksaan seluler. Ini termasuk pengujian sampel cairan, sampel jaringan, dan data lain dari pengamatan pasien jangka panjang.

  • Diagnosis Radiologi

Diagnosis jenis ini melibatkan x-ray pasien untuk menemukan penyebab dan efek dari suatu kondisi. Pemeriksaan radiologi memakai tingkat radiasi menit untuk meningkatkan x-ray.

  • Diagnosis Diferensial

Bisa disebut juga diagnosis banding, dilakukan saat seseorang profesional medis ragu-ragu antara dua kondisi terpisah sebagai penyebab penyakit. Dengan begitu, mereka akan memvariasikan pengobatan antara dua penyakit potensial dan memantau pengobatan mana yang paling efektif.

  • Diagnosis Keperawatan

Diagnosis ini mirip dengan diagnosis klinis. Perbedaan mendasarnya adalah dimasukkannya interaksi dan pengetahuan pasien dari waktu ke waktu. Terakhir, diagnosis keperawatan mempunyai fokus pada bagaimana pasien merespon pengobatan.

Salam Homecare juga menyediakan layanan Dokter Ke Rumah loh. Diagnosis dilakukan oleh dokter yang bersertifikat dan ahli dibidangnya. Ditemani dengan perawat yang kompeten dan berpengalaman.

Layanan dokter ke rumah kami terdiri dari 2 jenis :

  • Dokter ke rumah

Dokter dan perawat akan langsung datang ke rumah/tempat pasien untuk melakukan pemeriksaan dan diagnosis secara langsung. Layanan jenis ini tentunya akan menghasilkan diagnosis yang sangat akurat dan cepat karena dilakukan secara langsung.

  • Telemedis dengan dokter

Hanya perawat yang akan datang ke rumah/tempat pasien untuk melakukan pemeriksaan secara langsung. Namun jangan khawatir, tetap akan ada dokter yang memandu dan melakukan diagnosis melalui panggilan video call, hanya saja pemeriksaan secara langsung diwakilkan oleh perawat. Hasilnya akan tetap akurat karena dilakukan oleh profesional yang ahli dibidangnya.

Harganya juga sangat terjangkau loh. Tunggu apa lagi? yuk cek layanan dokter ke rumah Salam Homecare sekarang juga!

shape
shape