shape

Atasi Nyeri Sendi Dengan 6 Bahan Alami ini

06 September 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Atasi Nyeri Sendi Dengan 6 Bahan Alami ini

Sobat Salam, gangguan nyeri pada persendian kini tidak hanya dialami oleh lansia saja. Gangguan kesehatan ini juga bisa menyerang usia muda produktif loh.

Hal ini biasanya terjadi karena banyak dari kaum produktif melakukan aktivitas yang terlampau berat untuk tubuh. Bukan itu saja, kelamaan duduk atau jongkok pun terkadang bisa memicu nyeri pada persendian.

Sedangkan untuk golongan lanjut usia sendiri, nyeri pada persendian terjadi karena tubuh melambat dalam menciptakan sel baru. Itulah mengapa lansia menjadi golongan usia yang rentan mengalami gangguan persendian ini.

Selain itu gangguan kesehatan lain seperti keseleo, asam urat, bursitis, rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis bisa menjadi pemicu lain dari munculnya nyeri sendi. Umumnya gangguan kesehatan seperti daftar diatas memerlukan tindakan medis untuk mengobatinya.

Namun jangan khawatir Sob, ternyata nyeri pada sendi bisa sembuh dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah saja loh. Apa saja bahan alami tersebut?

Bahan Alami Bisa Meredakan Nyeri Sendi

Atasi Nyeri Sendi Dengan 6 Bahan Alami ini
Source : merdeka.com

1. Kayu Putih

Umumnya tanaman satu ini diambil minyaknya untuk dimanfaatkan sebagai obat dengan berbagai macam fungsi. Tidak hanya untuk mengatasi gatal karena gigitan serangga dan menghangatkan tubuh, minyak kayu putih juga baik untuk mengobati nyeri sendi. Kandungan tanin pada daun tanaman ini dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi pada sendi.

2. Teh Hijau

Tidak hanya baik untuk kesehatan dan metabolisme tubuh, teh hijau bermanfaat sebagai obat untuk atasi nyeri sendi. Obat ini hadir dalam bentuk herbal dengan racikan lainnya yang membantu meringankan rasa nyeri dan peradangan pada sendi. Minumlah secara rutin sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Lidah Buaya

Tanaman satu ini sudah terkenal khasiatnya untuk kesehatan kulit dan rambut. Namun siapa sangka, lidah buaya pun mempunyai khasiat untuk meredakan nyeri sendi loh Sob! Cara mengaplikasikannya mudah kok. Gel lidah buaya hanya perlu didinginkan. Lalu, oleskan pada area sendi yang terasa sakit. Diamkan selama beberapa saat atau hingga rasa nyeri berkurang.

4. Jahe

Rempah satu ini memang pilihan tepat untuk menghangatkan tubuh dan menyembuhkan batuk. Nah, jika Sobat mengalami nyeri sendi bisa menggunakan rempah satu ini untuk meringankan rasa sakitnya. Kandungan dalam jahe dapat membantu meredakan peradangan karena memiliki sifat antiinflamasi. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Hanya tinggal direbus saja, kemudian dapat langsung dinikmati, atau dapat ditambah dengan madu/lemon.

5. Air Garam

Coba campurkan garam dengan air hangat. Campuran ini bisa membantu meringankan nyeri sendi yang Sobat alami. Caranya tinggal menyiapkan satu baskom air hangat yang dicampurkan dengan garam. Lalu, celupkan area tubuh yang terasa nyeri atau gunakan handuk atau lap untuk mengompresnya.

6. Bubuk Kunyit

Bahan yang terkenal sebagai penyedap rasa pada kari ini juga mampu menghilangkan nyeri sendi loh. Namun, pengambilan bubuk ini harus dilakukan dengan tepat, agar manfaat yang diberikan pun bisa maksimal. Caranya campurkan setengah sendok bubuk kunyit ke dalam makanan yang Sobat konsumsi sehari-hari. Selain itu bisa juga langsung dikonsumsi dengan mencampurkannya dengan air hangat.

Nah, itu tadi enam obat alami yang bisa dicoba untuk membantu mengatasi nyeri sendi. Namun, jika masih ragu atau nyeri yang sangat hebat dan berlangsung lama, Sobat bisa kok bertanya pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika ingin menghubungi dokter dengan respon yang cepat, langsung datang ke rumah, namun dengan harga yang terjangkau, ya Layanan Dokter Ke Rumah Salam Homecare solusinya! Dokter kami berizin dan berpengalaman yang siap 24/7 untuk Sobat! Khusus bulan ini juga ada promo menarik loh, yuk cek layanan kami dibawah ini!

shape
shape