shape

Bahan Alami Atasi Kerutan di Wajah

08 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Bahan Alami Atasi Kerutan di Wajah

Selain menurunnya kesehatan tubuh, biasanya kerutan di kulit wajah adalah permasalahan yang paling banyak ditakuti banyak orang ketika bertambahnya usia. Tidak heran, kondisi ini akhirnya dimanfaatkan banyak produsen produk perawatan kulit wajah untuk membuat produk anti aging atau penuaan kulit wajah.

Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, tentunya Sobat harus merogoh kocek lebih dalam. Biasanya produk perawatan kulit wajah anti keriput ini seringkali dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Belum lagi jika ada bahan pembuatan yang terkandung di dalamnya yang tidak cocok dan menimbulkan reaksi alergi di kulit kita.

Daripada bingung, berikut ini ada beberapa cara dan bahan alami yang dapat Sobat dapatkan manfaatnya untuk mengurangi tampilan keriput di wajah.

Bahan Alami Atasi Permasalahan Keriput

1. Masker putih telur

Untuk menghilangkan kerutan di wajah, Sobat dapat memanfaatkan putih telur sebagai masker. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuat masker putih telur yang terbuat dari campuran satu butir putih telur dengan dua sendok teh perasan jeruk nipis.

Oleskan campuran masker tersebut ke area wajah, terutama dahi, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker putih telur ini dapat mengencangkan kulit wajah yang mulai berkerut dan mengendur berkat kandungan zat astrigentnya.

2. Pisang

Dalam buah pisang mengandung minyak dan vitamin alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Para ahli pun merekomendasikan uuntuk mengoleskan masker pisang ke kulit untuk mendapatkan manfaatnya.

Caranya juga mudah, kamu hanya perlu menghaluskan seperempat pisang hingga halus, lalu aplikasikan ke kulit wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Yogurt

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt, dapat membantu mengurangi munculnya keriput di wajah. Jadi, daripada mengonsumsi minuman bersoda, lebih baik konsumsi yoghurt deh!

4. Minyak zaitun

Kandungan minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kerutan di wajah. Untuk dapat memperoleh manfaat minyak zaitun dan mengurangi kerutan di wajah, Sobat dapat mengonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker tidur.

5. Perasan air lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C sehingga baik untuk mengatasi kerutan di wajah secara alami. Selain itu, sifat asam yang terkadung dalam lemon juga dapat membantu mengurangi kerutan di wajah sekaligus mencerahkan.

Namun, jangan gunakan secara berlebih, karena pada beberapa orang, terutama yang memiliki kulit sensitif, lemon dapat menyebabkan iritasi kulit. Jadi, jangan terlalu banyak dan terlalu sering ya menggunakannya!

6. Lidah buaya

Kandungan asam malat yang terdapat pada lidah buaya dapat meningkatkan elastisitas kulit, yang artinya juga dapat mengurangi munculnya kerutan di wajah.

Kamu dapat menjadikan gel lidah buaya sebagai masker wajah alami untuk menghilangkan kerut di wajah. Caranya mudah, oleskan gel lidah buaya ke wajah, lalu selama 15 menit sebelum dibilas.

7. Nanas

Buah satu ini tak hanya mampu mengurangi kerutan di wajah, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Dalam nanas terkadung enzim yang mampu meningkatkan elastisitas kulit, melembapkan, dan menghilangkan sel kulit mati.

Nanas juga akan kandungan serat dan antioksidan sehingga mampu meningkatkan kesehatan kulit dengan baik.

8. Batasi asupan gula

Konsumsi gula dapat memengaruhi kesehatan. Gula dalam tubuh memicu proses yang disebut glikasi, dan produk akhir glikasi lanjutan (disebut AGEs) tidak baik untuk kulit.

AGEs memecah kolagen dalam tubuh dan, seiring waktu, dapat membuat terlihat lebih tua. AGEs juga telah ditautkan ke metode persiapan makanan seperti memanggang dan menggoreng (berlawanan dengan memanggang dan merebus).

Membatasi asupan gula dan makanan kaya minyak akan membantu wajah mempertahankan bentuk awet mudanya.

9. Berhenti merokok

Merokok buruk bagi kesehatan karena banyak alasan, tetapi banyak orang tidak tahu bahwa itu dapat membuat wajah menua sebelum waktunya. Dilansir dari Healthline, bahwa merokok memang memengaruhi kondisi kulit wajah. Bahkan berada di sekitar perokok pasif dapat meningkatkan risiko banyak kanker dan penyakit lainnya, dan juga dapat membuat wajah jadi lebih tua.

10. Tingkatkan beta karoten

Beta karoten dan retinol (vitamin A) sering menjadi bahan dalam krim kosmetik anti kerut yang tersedia untuk dibeli di pasaran. Kandungan Beta karoten juga bisa dijumpai dalam bentuk suplemen.

Berikut tadi cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa dipraktekkan secara langsung. Selamat mencoba Sob.

shape
shape