shape

Bahaya! Jangan lagi Gunakan Pasta Gigi untuk Mengobati Luka!

13 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Bahaya! Jangan lagi Gunakan Pasta Gigi untuk Mengobati Luka!

Sobat Salam, pernah dengar tidak kalau dulu ada kebiasaan mengoleskan pasta gigi pada luka. Khususnya pada luka bakar ringan, untuk meredakan rasa panas dan kemerahan pada kulit menggunakan pasta gigi.

Konon katanya dengan menggunakan pasta gigi diyakini dapat memberikan efek dingin pada kulit yang terluka. Sebenarnya tindakan seperti ini tepat atau tidak ya dalam merawat kulit yang terluka khususnya pada luka bakar ringan?

Faktanya penggunaan pasta gigi pada luka bisa membuat luka semakin parah. Hal ini dikarenakan kandungan zat dalam pasta gigi yang mempunyai efek buruk terhadap luka.

Kandungan zat ini dapat menyebabkan iritasi serius jika digunakan secara langsung pada jenis luka ini. Sehingga, jaringan di sekitar luka bakar malah semakin rusak.

Selain itu, kandungan kalsium dan peppermint pada pasta gigi dapat meningkatkan risiko infeksi pada luka bakar dan merusak jaringan kulit.

Apalagi jika penggunaan pasta gigi ini digunakan pada derajat luka bakar yang lebih tinggi, luka akan semakin parah dan lambat untuk sembuh loh.

Bahan-bahan yang Tidak Boleh Digunakan untuk Luka Bakar

Bahaya! Jangan lagi Gunakan Pasta Gigi untuk Mengobati Luka!
Source : ners.unair.ac.id

Bukan hanya pasta gigi yang dianggap dapat menghambat proses penyembuhan luka, ternyata beberapa bahan berikut ini dinilai dapat memberikan dampak buruk bagi luka sehingga menyulitkan proses penyembuhan.

Berikut bahan rumahan lainnya yang tidak boleh digunakan pada luka :

  • Es Batu

Banyak yang mengira suhu dingin pada es batu atau air es ini dapat membantu meredakan suhu kulit yang terkena panas. Namun penggunaan bahan ini secara tidak tepat justru dapat mengiritasi area luka bahkan menyebabkan cold burn.

  • Minyak Esensial

Penggunaan minyak esensial pada kulit memang baik untuk perawatan kesehatan kulit, tetapi tidak pada kulit yang mengalami luka bakar. Minyak esensial seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, jika dioles pada luka bakar justru dapat menahan panas dan mencegah pemulihan.

  • Putih Telur

Muncul mitos lain tentang penggunaan putih telur untuk menyembuhkan luka bakar. Faktanya putih telur mentah justru dapat meningkatkan risiko infeksi pada luka. Bahan ini juga dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang.

  • Mentega

Seperti halnya minyak, mentega juga dapat menahan panas pada area kulit dan memperlambat proses pemulihan luka. Selain itu, mentega tidak steril sehingga dapat memicu infeksi pada area kulit yang terluka.

Inilah Obat Alami Rumahan yang Aman untuk Luka Bakar

Bahaya! Jangan lagi Gunakan Pasta Gigi untuk Mengobati Luka!
Source : merdeka.com

Pada dasarnya perawatan luka yang tepat sebenarnya tergantung pada derajat luka bakar yang dialami. Pengobatan sederhana yang dilakukan di rumah ini hanya efektif untuk mengatasi luka bakar derajat pertama, seperti percikan minyak panas.

Seperti yang diketahui, penggunaan pasta gigi pada luka bakar bukanlah hal yang aman untuk luka. Namun ada beberapa bahan yang bisa didapatkan di rumah yang aman dan lebih efektif untuk digunakan sebagai pertolongan pertama pada pengobatan

Berikut ini beberapa pilihan bahan alami yang bisa didapatkan di rumah untuk mengobati luka bakar ringan.

  • Air Dingin

Jika pengunaan es batu dan air dingin dinilai tidak aman untuk mengobati luka, lain hal nya dengan air dingin suhu ruang yang aman digunakan. Dengan menyiramkan air dingin selama 10 menit pada luka, dipercaya dapat membantu mengeluarkan panas dari dalam kulit yang terluka.

  • Kompres Dingin

Selain membasahi permukaan kulit yang terluka dengan air dingin, mengompres dengan handuk basah atau botol berisi air dingin juga bisa membantu mengangkat panas dari dalam kulit.

  • Gel Lidah Buaya

Pilihlah produk gel lidah buaya murni tanpa kandungan alkohol dan pewangi atau bisa juga dengan menggunakan tanaman lidah buaya langsung pada luka. Lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada luka di kulit. Selain itu gel lidah buaya bisa mencegah iritasi.

  • Madu

Karena dalam madu terdapat kandungan antiperadangan dan anti bakteri yang dapat membantu penyembuhan luka. Namun madu akan lebih efektif bila digunakan untuk pemulihan luka bakar.

Ternyata penggunaan pasta gigi dan bahan lainnya diatas pada luka tidaklah benar, hal ini justru akan memperparah luka dan tidak terbukti dapat meredakan nyeri.

Agar proses penyembuhan luka lebih cepat dan mencegah luka bertambah parah, ada baiknya menggunakan bahan-bahan yang terbukti aman. Lebih aman lagi jika luka ditangani oleh tenaga medis yang memang sudah profesional, terutama untuk menangani luka yang tergolong parah seperti luka bakar dan luka diabetes. Layanan Perawatan Luka Salam Homecare sedia 24/7 untuk Sobat! Harganya juga sangat terjangkau, dan bisa dipanggil ke rumah Sobat! Khusus bulan ini juga lagi ada promo menarik loh, yuk cek promonya dibawah ini Sob!

shape
shape