shape

Butterfly Hug, Pelukan Untuk Diri Sendiri yang Atasi Kecemasan

06 December 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Butterfly Hug, Pelukan Untuk Diri Sendiri yang Atasi Kecemasan

Sobat Salam, berada dilingkungan baru atau terlalu banyak menahan tekanan yang menumpuk memang terkadang dapat menyebabkan kecemasan bagi seseorang.

Tentunya kondisi kecemasan ini akan sangat mengganggu aktivitas sosial bagi seseorang. Kecemasan ini pun bisa dialami oleh siapa saja, namun umumnya hal ini sering dialami oleh orang dewasa.

Pada saat mengalami kondisi ini, penderita umumnya tidak dapat menjelaskan mengapa ia merasa cemas atau khawatir berlebih.

Pengertian

Dikutip dari alodokter.com, gangguan kecemasan umum adalah munculnya rasa cemas atau khawatir berlebihan dan tidak terkendali terhadap berbagai hal dan kondisi.

Gejala Gangguan Kecemasan

Rasa cemas atau anxiety adalah hal yang wajar, terutama jika ada tekanan atau kondisi tertentu. Namun jika rasa ini hadir tidak terkendali dan menjadi berlebihan bahkan sampai mengganggu aktivitas, seperti munculnya rasa cemas dan khawatir berlebihan terhadap kondisi, munculnya pikiran berlebihan tentang rencana dan solusi untuk setiap kemungkinan terburuk yang belum tentu terjadi, mudah merasa tersinggung, gelisah, gugup dan tersudut sehingga ragu-ragu, takut, dan sulit untuk mengambil keputusan dan sulit untuk berkonsentrasi.

Penyebab Gangguan Kecemasan

Faktor-faktor yang sering terjadi yang dapat memicu gangguan kecemasan seperti, memiliki riwayat trauma yang membuat stress, ada keluarga dengan riwayat gangguan kecemasan umum dan ada gangguan pada sistem saraf.

Untuk menentukan seseorang memiliki gangguan kecemasan umum atau tidak harus dengan diagnosis yang dilakukan oleh dokter. Karena ada beberapa tahapan prosedur yang akan dokter lakukan sebelum seseorang tersebut dinyatakan memiliki gangguan kecemasan umum atau tidak.

Namun karena kecemasan ini adalah hal yang umum dialami oleh siapa saja, Sobat Salam bisa melakukan Butterfly Hug sebagai terapi sehari-hari yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi bila kecemasan itu datang.

Apa itu Butterfly Hug?

Pelukan dinilai dapat membantu menangani kecemasan bagi beberapa orang. Tidak hanya itu dengan pelukan juga dapat membawa rasa yang menenangkan. Salah satu metode pelukan yang diklaim dapat menghadirkan ketenangan adalah butterfly hug. Sobat Salam dapat menerapkan metode ini tanpa menunggu pelukan dari orang lain.

Butterfly Hug adalah metode berpelukan dengan diri sendiri untuk menghilangkan stress atau cemas agar lebih rileks dan tenang. Metode ini terlihat seperti sayap kupu-kupu ketika dilakukan maka dari itulah dinamakan Butterfly Hug.

Mengutip dari Sehatq.com, metode ini pertama kali diajarkan kepada korban badai Pauline Meksiko 1998. Metode ini diklaim efektif untuk membantu para korban pulih dari trauma yang mereka alami.

Dari situlah, bitterfly hug ini kemudian dipakai sebagai dalah satu perawatan untuk mengobati kecemasan, terutama bagi penderita trauma.

Cara melakukan Butterfly Hug

Semua orang bisa melakukannya karena caranya terbilang sangatlah mudah untuk dilakukan. Sobat tinggal melakukan gerakan memeluk diri sendiri yang disertai dengan teknik pernafasan untuk mendapat ketenangan.

Berikut cara-caranya :

  1. Duduk dengan tenang, lalu bernafaslah menggunakan teknik pernafasan diafragma.
  2. Fokuskanlah pikiran Sobat pada diri sendiri, perhatikan emosi yang muncul sambil terus bernafas.
  3. Silangkan kedua tangan Sobat di atas dada, tepat di bawah tulang selangka atau bahu.
  4. Mulailah menepuk diri Sobat sendiri secara perlahan dan bergantian dari kanan ke kiri. Ketika menepuk diri sendiri, Tarik nafas dalam lalu keluarkan secara perlahan untuk membuat perasaan menjadi lebih lega.
  5. Lakukan tepukan itu selama 30 detik atau beberapa menit, hingga Sobat mulai merasa tenang.

Manfaat ButterFly Hug :

  1. Mengurangi rasa sakit

Pada dasarnya sentuhan yang bisa menenangkan seperti halnya pelukan, dapat melepaskan hormone oksitosin yang membantu meredakan rasa sakit karena berperan sebagai Pereda nyeri.

  • Memperbaiki suasana hati

Metode seperti ini membantu menurunkan kadar hormone kortisol pemicu stress dalam tubuh. Yang artinya dapat membantu memperbaiki mood.

  • Membuat diri merasa aman dan nyaman

Cara ini dpat membantu memberikan rasa aman dan nyaman sehingga Sobat memperoleh pelukan yang sesungguhnya dari orang lain.

  • Meningkatkan perasaan lebih mencintai diri sendiri

Metode ini dapat membantu Sobat untuk menerima diri apa adanya sehingga muncul rasa sayang terhadap diri sendiri karena pikiran dan tubuh seolah-olah bersatu.

Manfaat yang dirasakan masing-masing orang mungkin bisa berbeda satu sama lain. Tergantung pada masalah dan pemicu kecemasan berlebih yang berbeda-beda pula.

Untuk itu baiknya segera konsultasikan dengan dokter atau psikiater, jika kondisi kecemasan umum yang dialami menjadi tidak terkendali dan berlebihan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

shape
shape