shape

Cara Alami Hilangkan Kutil Membandel

18 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Cara Alami Hilangkan Kutil Membandel

Sobat Salam, pertumbuhan kutil pada kulit seringkali tidak disadari oleh seseorang karena ukurannya kecil dan terlihat sepele. Kutil adalah pertumbuhan yang tak berbahaya bagi kulit.

Meski begitu kutil juga seringkali tumbuh di tempat terbuka seperti wajah, yang membuat rasa percaya diri menjadi turun. Kutil sendiri dikenal juga dalam bahasa medis sebagai veruka atau benjolan kecil yang berisi daging atau selaput lendir pada kulit.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya human papillomavirus (HPV), yang terdapat 350 jenis virus ini sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan kutil yang berbeda-beda. Biasanya pertumbuhan kutil tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi untuk mengobatinya seringkali sulit dan sering kambuh kembali.

Pengobatan kutil dapat dilakukan melalui pembedahan hingga laser, namun ini bisa menyebabkan iritasi. Jadi, bagaimana cara menghilangkan kutil dengan bahan alami?

Cara Menghilangkan Kutil dengan Bahan Alami di Rumah

Banyak bahan rumahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutil. Simak penjelasannya berikut ini :

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan zat asam dari jus apel yang difermentasi. Menurut Medical News Today, cara kerja cuka apel mirip dengan aspirin. Cara menghilangkan kutil dengan cuka apel adalah sebagai berikut :

  • Campur dua sendok cuka sari apel dan air
  • Rendam bola kapas dengan cairan ini
  • Letakkan di atas kutil, tutup dengan perban
  • Biarkan selama tiga sampai empat jam.

Perlu diketahui, untuk selalu mengencerkan cuka sari apel dengan air. Keasaman bisa menyebabkan iritasi dan luka bakar kimia. Jangan meletakkan cairan cuka apel di kulit yang luka.

2. Bawang Putih

Dikutip dari Healthline, bawang putih mengandung allicin yang mengandung efek antimikroba dan sering diteliti sifat antivirus dan imunomodulasinya. Bawang putih telah lama digunakan untuk pengobatan rumahan tradisional.

Jenis bawang ini mempunyai sejarah panjang dalam kegunaannya untuk menyembuhkan kondisi kulit seperti psoriasis, bekas keloid, infeksi jamur dan virus seperti kutil. Menurut studi tahun 2014, ekstrak bawang putih bahkan bisa menghilangkan kutil dalam waktu empat minggu. Berikut cara menghilangkan kutil dengan bawang putih :

  • Hancurkan satu siung bawang putih, campurkan dengan air
  • Oleskan campuran bawang putih dan air ke kutil
  • Tutupi dengan perban
  • Ulangi setiap hari selama tiga sampai empat minggu.

3. Kulit Pisang

Meski tak ada penelitian yang menghubungkan kulit pisang dengan pengobatan kutil, banyak bukti yang menunjukkan buah ini bisa menghilangkan kutil. Caranya yaitu :

  • Potong kulit pisang
  • Tempelkan pada kutil sebelum tidur, sehingga bagian dalam kulitnya menyentuh kutil
  • Biarkan selama kamu tertidurUlangi setiap hari.

4. Nanas

Nanas mengandung bromelain, campuran enzim pencerna protein yang bisa membantu menghilangkan kulit mati dan rusak. Banyak orang yang sudah membuktikan keberhasilan dalam menghilangkan kutil dengan nanas.

Caranya yaitu dengan merendam kutil dalam jus nanas setiap hari. Selain itu, teknik lainnya adalah dengan mengoleskan nanas segar ke kutil setiap hari.

5. Lidah Buaya

Pada umumnya, gel lidah buaya digunakan untuk kondisi kulit seperti luka bakar dan psoriasis. Jika kutil gatal atau nyeri gel ini bisa meredakannya.

Caranya yaitu, ambil daun dari tanaman lidah buaya dan potong. Oleskan gel ke kutil. Lakukan setiap hari.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil mempunyai sifat antimikroba dan pengelupasan. Minyak ini terkenal dengan baunya yang kuat dan sifat antimikrobanya.

Sering digunakan dalam pengobatan alternatif, minyak ini memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri dan virus. Tea tree oil bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk kutil yang disebabkan oleh 100 jenis virus papiloma.

Untuk dosis tea tree oil yang sangat pekat, rendam bola kapas 3-4 tetes. Tempelkan bola kapas pada kutil selama 5-10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari.

7. Propolis

Menurut penelitian, propolis memiliki sifat antivirus dan meningkatkan produksi sel kulit. Untuk menggunakan propolis, begini caranya :

Oleskan propolis pada kulitLetakkan perban di atasnyaBiarkan semalaman.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutil yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Namun, jika kondisinya tidak membaik segera hubungi dokter ya.

shape
shape