shape

Cara Alami Redakan Perut Kembung

20 January 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, perut kembung adalah masalah pada perut yang sering terjadi pada siapa pun, yang membuat tubuh jadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Perut yang menggembung tersebut terjadi karena adanya penumpukan gas di dalamnya.

Pada umumnya gas penyebab perut kembung tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa harus mengonsumsi obat apapun.

Namun tetap harus waspada jika kondisi perut kembung ini tak kunjung membaik, khawatir ada kondisi lain yang membawa kepada masalah perut lainnya.

Penyebab Perut Kembung

Dikutip dari halodoc.com, kondisi perut kembung ini bisa jadi gejala dari penyakit tertentu, misalnya konstipasi, gastroparesis, dan sebagainya.

Biasanya perut kembung terjadi karena cara makan yang salah, seperti terlalu cepat dan berlebihan sehingga menyebabkan perut terasa penuh hingga waktu yang cukup lama.

Beberapa kalangan menganggap, penyebab dari perut kembung ini bisa terjadi karena, penyakit maag, sedang masuk angin, atau kekurangan enzim tertentu.

Pada beberapa kasus, perut kembung nyatanya bukan masalah kesehatan yang serius dan masih bisa diatasi dengan pengobatan sederhana yang dilakukan di rumah.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Apabila gejala perut kembung yang dialami masih ringan, Sobat Salam bisa melakukan cara alami mengatasi perut kembung sebagai berikut :

  • Menggunakan Essential Oil

Menggunakam essential oil seperti minyak peppermint bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi perut kembung. Bahkan tidak hanya kembung, minyak tersebut juga bisa membantu mengatasi sakit perut dan berbagai masalah pencernaan lain.

  • Berjalan Kaki

Pasalnya dengan berjalan kaki, gas yang menumpuk akan dipaksa keluar dengan adanya aktivitas fisik yang dilakukan.

  • Mengonsumsi Makanan atau Minuman Probiotik

Nutrisi yang terdapat dalam makanan dan minuman probiotik tersebut baik untuk pencernaan, sehingga dapat membantu mengeluarkan gas yang menjadi penyebab perut kembung.

  • Hindari Mengonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda justru mengandung pemanis buatan dan gas yang dapat menimbulkan efek perut menjadi kembung.

  • Kurang Konsumsi Garam

Penyebab perut kembung salah satunya disebabkan terlalu banyak cairang dalam tubuh. Sedangkan kadar natrium dalam garam mempunyai sifat dapat mengikat air dalam tubuh. Oleh karena itu membatasi makanan yang mengandung natrium tinggi adalah solusi yang bisa dilakukan untuk atasi perut kembung.

  • Minum Air jahe

Jahe dapat mengurangi kadar gas dalam perut serta memberikan rasa lega dan hangat di perut. Jahe bisa dikonsumsi langsung atau diparut kemudian diseduh dengan air hangat dan diperas.

  • Kunyit

Kunyit berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sakit perut, mulas, sampai perut kembung. Kunyit juga mampu menenangkan sistem pencernaan dn mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perut.

Itu dia beberapa langkah sederhana yang bisa Sobat lakukan di rumah ketika mengalami perut kembung. Jika gejala tidak kunjung membaik segera memeriksakan diri ke dokter ya Sob!

shape
shape