shape

Cara Ampuh Atasi Sunburn

06 January 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Cara Mengatasi Sunburn Pada Kulit

Sobat Salam, pernahkah ketika pulang dari pantai lalu mendapati kulit tubuh yang menggelap dan cenderung memerah? Itu tandanya Sobat mengalami Sunburn. Sunburn ini adalah istilah yang biasa dipakai untuk kondisi kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari atau ultraviolet.

Cahaya matahari memang dikenal baik untuk tubuh karena dapat mengaktifkan tubuh untuk memproduksi vitamin D. Hal itu benar adanya, jika sinar matahari yang dimanfaatkan pada pagi hari atau sekitar pukul delapan sampai sebelas pagi.

Lain halnya jika Sobat terkena paparan sinar matahari di atas jam itu, sinar matahari akan menjadi lebih panas sehingga jika kita terkena paparannya secara berlebihan dapat menyebabkan sunburn.

Jika Sobat mengalami sunburn, gejala yang akan sobat rasakan umumnya berupa kulit yang menjadi kemerahan, bengkak, dan terasa perih. Pada beberapa kasus jika paparan sinar matahari yang terlalu kuat dan berulang dapat berisiko terjadinya kanker kulit.

Gejala Kulit Terbakar Matahari

Bagian tubuh yang kerap terbuka akan lebih berisiko terbakar matahari. Di antaranya seperti, kulit kepala, daun telinga, bibir, wajah dan dahi.

Terlebih jika Sobat senang mengenakan pakaian terbuka pada saat berada di bawah sinar matahari. Hal ini memungkinkan sinar UV masuk menembus ke dalam pakaian.

Gejala sunburn pada setiap orang bisa bervariasi. Namun secara umum gejala tersebut bisa ditandai dengan munculnya kondisi berikut :

  • Kulit kemerahan
  • Terasa hangat atau panas saat kulit disentuh
  • Muncul rasa nyeri disertai gatal
  • Adanya pembengkakan
  • Lepuhan kulit berisi cairan
  • Sakit kepala, demam, mual, hingga pingsan. Apabila sunburn yang dialami cukup parah.

Gejala kemerahan ini biasanya tidak akan langsung muncul. Umumnya kemerahan pada kulit muncul beberapa jam setelah terpapar sinar matahari. Puncaknya kemerahan kulit ini akan muncul dalam waktu 12-24 jam dan disertai nyeri.

Parahnya lagi, sunburn ini bisa berisiko mengakibatkan pengelupasan kulit dalam waktu 3-8 hari. Jika tidak mendapat penanganan yang tepat dalam waktu 24-72 jam setelah kulit terkena sunburn.

Cara Mengatasi Sunburn Pada Kulit

Jika Sobat mengalami sunburn, janganlah panik. Cobalah lakukan beberapa cara sederhan berikut ini untuk meredakan gejala sunburn yang muncul. Di antaranya adalah :

1. Tempelkan kompres dingin

Sunburn ini pada dasarnya mengakibatkan peradangan kulit. Untuk meredakannya Sobat bisa menggunakan kompres dingin dari handuk yang sudah dibasahi air dingin sebelumnya. Kemudian tempelkan pada bagian kulit yang terkena sunburn untuk beberapa saat hingga gejala mereda. Namun ingat, jangan menempelkan es batu langsung pada kulit ya Sob! Kerena bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Jika Sobat mengalami sunburn saat berenang, Sobat juga bisa mendinginkan tubuh dengan cara merendam tubuh ke dalam air dingin selama beberapa detik. Setelah itu keringkan dengan handuk bersih dan tutupi tubuh serta berlindung di tempat yang teduh.

2. Banyak minum air putih

Ketika kulit tubuh terbakar oleh sinar mata hari, maka tubuh akan merespon dengan menarik seluruh cairan yang ada di dalam tubuh ke permukaan kulit yang terpapar. Kondisi ini menyebabkan penguapan dan dapat memicu tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh karena itu, Sobat perlu mengganti cairan tubuh yang menguap tersebut dengan minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

3. Oleskan lidah buaya

Gel dalam lidah buaya ini memang dikenal dengan zat anti peradangannya yang dapat meredakan gejala luka terbakar sinar matahari. Sobat bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya langsung pada kulit atau bisa dengan menggunakan gel lidah buaya non alkohol yang dijual dipasaran. Pastikan untuk memilih produk gel lidah buaya dengan kandungan lidah buaya tinggi ya Sob!

4. Gunakan krim pelembap pada kulit yang mengelupas

Menjaga kulit agar tetap lembab adalah faktor penting untuk mempercepat tubuh meregenerasi kulit. Sobat bisa gunakan krim pelembap ini untuk membantu kondisi kulit yang terpapar sinar matahari untuk tetap dalam kondisi lembap. Karena setelah terbakar sinar matahari, lapisan kulit yang rusak akan mulai mengelupas dalam beberapa hari.

Untuk mencegah sunburn, Sobat disarankan untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau lebih setiap akan beraktivitas di luar ruangan. Selain itu ada baiknya Sobat untuk menghindari berada di bawah sinar matahari dalam waktu terlalu lama.

Jika gejala sunburn yang muncul menjadi lebih parah, sebaiknya segeralah pendapatkan pertolongan medis ya Sob. Agar mendapatkan penanganan yang tepat. Gak perlu bingung jika butuh konsultasi dokter tapi gak mau ribet ke klinik/RS, panggil saja Dokter Salam Homecare siap 24/7 ke rumah Sobat loh. Yuk konsultasi sekarang!

shape
shape