shape

Cara Ampuh Hilangkan Milia di Wajah

06 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Mungkin beberapa di antara Sobat Salam pernaha ada yang mendapati benjolan atau binti-bintik kecil pada kulit wajah seperti jerawat tapi bukan jerawat. Jika Sobat memiliki benjolan kecil seperti ini itu tandanya Sobat Salam mengalami gangguan kesehatan kulit bernama Milia.

Mengutip dari halaman kesehatan halodoc, milia merupakan bentuk repon terhadap adanya kerusakan kulit. Dalam benjolan kecil milia terdapat kista kecil dari sel-sel kulit mati yang terperangkap di bawah kulit.

Umumnya milia bisa tumbuh pada bagian pipi, dahi, dan pada kelopak mata. Umumnya jenis milia ini dapat hilang dengan sendirinya. Adapula jenis milia lainnya yang muncul karena kerusakan kulit yang bersifat permanen. Kondisi ini disebabkan oleh cedera, luka bakar, iritasi, ruam dan peradangan.

Cara Menghilangkan Milia

Berikut ini beberapa cara menghilangkan milia yang aman untuk Sobat lakukan, di antaranya :

1. Gunakan krim retinoid

Krim retinoid diklaim dapat menghilangkan milia. Karena retinoid yang terandung di dalamnya merupakan turunan dari vitamin A yang mampu menghempaskan permasalahan kulit wajah. Namun untuk pemakaian hanya bisa digunakan di malam hari dan gunakan tabir surya di esok paginya, pasalnya retionid membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap paparan sinar matahari.

2. Rutin memersihkan area milia

Karena milia terbentuk dari sel-sel kulit mati yang terjebak di bawah permukaan kulit, maka dari itu Sobat perlu untuk selalu memastikan area tersebut bersih. Dengan cara mencuci wajah dua kali sehari dengan menggunakan pencuci wajah yang berbahan lembut.

3. Rutin melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi bukan hanya berfungsi untuk membersihka permukaan kulit wajah saja. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta kotoran yang menumpuk dan terjebak di bawah permukaan kulit. Sobat Salam, bisa melakukan eksfoliasi maksimal dua kali dalam seminggu untuk menghindari terjadinya overeksoliasi yang berisiko menyebabkan iritasi di kulit wajah.

4. Gunakan peeling gel

Produk peeling gel yang mengandung AHA/BHA juga daat digunakan untuk membantu menghilangkan sel kulit mati penyebab milia. Pelling gel tergolong lebih aman untuk kulit karena konsistensinya tidak mengiritasi kulit.

5. Hindari memencet milia

Meskipun milia mirip seperti jerawat, namun dia bukan jerawat ya Sob. Meski terkadang gemas dengan kemunculannya di wajah, tai Sobat harus menahan diri untuk memencetnya. Karena jika hal itu dilakukan malah akan memperparah kondisi milia dan memicu keusakan kulit.

6. Oleskan madu

Madu bisa menjadi alternatif cara meghilangkan milia dengan sederhana. Karena sifat antimikroba yang dimiliki madu dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat menebabkan milia.

7. Jangan lupakan tabir surya

Pemakaian tabir surya minimal SPF 30 dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit wajah. Pemilihan tabir surya yang tepat juga dapat membantu menghilangkan milia di wajah.

8. Penanganan medis

Pada umumnya milia akan hilang dengan sendirinya. Jika beberapa cara di atas tidak mampu menghilangkan milia pada kulit wajah, sebaiknya lakukan kosiltasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat untuk menghilangkan milia,

shape
shape