shape

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Saat Kemarau

03 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Saat Kemarau

Apa sih permasalahan kesehatan yang sering dialami pada saat musim kemarau? Musim kemarau identik dengan suhu udara yang terasa panas, dan anggota tubuh yang paling pertama merasakannya dan terkena dampaknya adalah kulit kita.

Kulit bibir pecah-pecah, umunya akan dialami kebanyakan orang sebagai pertanda bahwa suhu udara yang panas, mencuri kelembapan kulit bibir. Meski gangguan bibbir pecah-pecah ini bukan masalah yang serius, namun jika tidak dirawat kulit bibir akan iritasi dan tak jarang mengalami pendarahan yang disertai rasa perih.

Penyebab bibir pecah-pecah

Selain suhu udara musim kemarau yang membuat bibir kering pecah-pecah, berikut ini adalah beberaa faktor lain yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Di antaranya :

  • Kebiasaan menjilat bibir berlebihan, karena air liur dapat menghilangkan kelembapan kulit
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan kulit bibir menjadi kering
  • Mengalami dehidrasi atau kekurangan gizi
  • Gangguan mal nutrisi
  • Cuaca panas dan kering
  • Udara di dalam ruangan yang kering
  • Kurangnya kelenjar minyak di bibir
  • Tidak melembapkan bibir
  • Mengenakan lipstik yang tidak cocok dengan kulit bibir
  • Terlalku banyak terkena sinar matahari

Gejala bibir pecah-pecah

Selain kulit bibir yang mengering, berikut ini merupakan beberapa gejala yang umum muncul pada kulit bibir pecah-pecah. Di antaranya :

  • Bibir mengalami luka seperti sayatan
  • Terjadi pembengkakan di bibir
  • Kulit bibir retak dan permukaan tidak rata
  • Muncul pendarahan pada kulit bibir

Cara mengatasi bibir pecah-pecah

1. Perbanyak minum air putih

Seperti yang telah disebutkan di atas, dehidrasi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kulit bibir pecah-pecah. Maka dari itu untuk mengatasinya, Sobat perlu enjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan memperbanyak minum air putih. Terutama pada musim kemarau seperti ini Anjuran dari kemenkes, pada orang dewasa perlu menjaga aupan air putih minimal 2 liter seheri.

2. Memakai pelembap bibir

Apabila Sobat sering beraktivitas di luar ruangan, maka menggunaan pelembap bibir ini bisa menjadi solusi untuk menjaga bibir dari paparan sinar UV yang dapat membuat bibir kering. Sobat bisa memilih pelembap bibir yang mengandung bahan alami yang nyaman dan tidak menimbulkan rasa perih pada bibir pecah-pecah.

3. Hindari kebiasaan menjilat bibir

Mengutip laman alodokter, menjilat bibir justru akan memperburuk kondisi bibir. Pasalnya air liur lebih cepat menguap dan dapat memicu bibir terasa gatal.

4. Gunakan gel lidah buaya

Lidah buaya mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menenangkan dan menghidrasi kulit rusak. Adi tidak heran jika gel lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

5. Oleskan madu

Madu mengandug antioksidan dan sifat antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi berkembang di permukaan kulit bibir yang sangat kering atau pecah-pecah. Cara mengatasi bibir pecah-pecah menggunakan madu cukup efektif untuk dijadikan perawatan yang baik.

6. Coba scrub bibir alami

Eksfoliasi kulit bibir juga menjadi langkah penting untuk mengatasi kulit bibir pecah-pecah. Karena eksfoliasi bermanfaat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sobat dapat membuat scrub alami ini dari bahan rumahan seperti gula atau garam yang dicampur dengan madu atau minyak sebagai emolien.

7. Gunakan petroleum jelly

Petroleum jelly bermanfaat untuk melindungi kadar cairan pada permukaan kulit. Dengan mengoleskan petroleum jelly secara teratur, kelembapan kulit bibir akan terjaga serta dapat membantu proses penyembuhan apabila terjadi luka pada kulit bibir yang pecah-pecah.

8. Hindari mengelupas kulit bibir

Kulit bibir yang pecah-pecah biasanya akan tampak seperti akan terkelupas. Kebanyakan orang beranggapan dengan mengelupas kulit tersebut akan dapat mengatasi. Tapi cara ini justru harus dihindari ya Sob. Cobalah untuk menahan diri untuk tidak mengelupas kulit bibir secara paksa, karena hal ini justru dapat embuat bibir berdarah dan kondisi bibir pecah-pecah semakin parah.

Pasalnya kulit yang tampak mengelupas ini akan terkelupas dengan sendirinya. Namun jika kesulitan, Sobat bisa menggunakan scrub alami bibir untuk membantu mengangkat sel kulit mati tersebut dengan lembut.

Semoga cara mengatasi bibir pecah-pecah di atas dapat menjadi solusi untuk permasalahan kulit kamu ya Sob.

shape
shape