shape

Tingkatkan Imunitas Tubuh Lansia dengan Cara Ini

05 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Tingkatkan Imunitas Tubuh Lansia dengan Cara Ini

Sobat salam, permasalahan kesehatan sering kali terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan adanya proses penuaan yang mengakibatkan sistem kekebalan atau imunitas menurun. Maka dari itu orang yang berusia lanjut atau lansia akan menjadi rentan terkena berbagai penyakit.

Ada juga lansia yang mengalami pemulihan infeksi yang lebih lambat pada umumnya, dan mudah cedera. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga kekebalan tubuh terutama pada lansia. Kita dapat menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai macam cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Perlu diingat juga, meningkatkan kekebalan tubuh ini tidak hanya penting bagi lansia, tua maupun muda pun penting untuk selalu menjaga kekebalan tubuh agar tidak rentan terkena penyakit.

Namun ada beberapa hal penting yang perlu perhatian khusus pada cara meningkatkan kekebalan tubuh pada lansia. Meski pada dasarnya cara meningkatkan kekebalan tubuh baik muda maupun tua tidak jauh berbeda.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada lansia sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan rutin menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini sangat penting dilakukan lansia agar bisa membantu tubuh tidak rentan pada serangan virus dan bakteri dari luar.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Lansia

Tingkatkan Imunitas Tubuh Lansia dengan Cara Ini
Source : tokopedia.com

Mengingat betapa pentingnya memiliki kekebalan tubuh yang baik bagi lansia agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, antara lain :

1. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Pada saat lansia terkena permasalahan kesehatan, itu dikarenakan imunitasnya yang memang melemah seiring bertambahnya usia. Imunitas yang lemah ini bisa jadi disebabkan oleh nutrisi dalam tubuh yang tidak memadai. Maka dari itu lansia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti sayur dan buah yang mengandung tinggi serat yang sangat baik untuk mencegah sembelit. Selain itu dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berat badan ideal pada lansia pun akan lebih terkendali dan juga dapat mengurangi stres. Dan yang tak boleh juga dilupakan adalah kita harus menjaga asupan cairan yang cukup bagi tubuh, dengan minum air putih minimal 6-8 gelas per hari.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh lansia agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh :

  • Nasi Merah
  • Ubi
  • Bayam
  • Telur
  • Yogurt
  • Jamu dan rempah
  • Protein utuh
  • Air putih

2. Rutin Berolahraga

Walaupun dengan bertambah usia kemampuan bergerak aktif pun akan sedikit menurun, namun jangan jadikan itu penghalang ya Sob! Justru dengan rutin bergerak aktif dan melakukan olahraga dapat membantu tubuh tetap bugar sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, cukup melakukan jalan kaki setiap hari ternyata dapat membantu sel-sel otak tetap sehat lho. Hal ini karena saat tubuh bergerak aktif, sirkulasi sel darah dalam tubuh pun menjadi lancar, sehingga sel darah dapat memberikan suplai darah dan oksigen ke otak yang cukup.

Berikut ini beberapa jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh lansia :

  • Senam gerakan repetisi
  • Latihan keseimbangan
  • Senam jantung
  • Taichi
  • Senam osteoporosis
  • Senam tera
  • Poco-poco

Lakukanlah aktivitas fisik ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, untuk lansia sehat. Durasi yang dilakukan pun bisa dibuat beragam, misalnya antara 15-60 menit dan dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk disesuaikan juga dengan kapasitas fisik lansia ya Sob!

Setelah melakukan aktivitas fisik ini jangan lupa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama latihan ya Sob! Serta lakukan pemanasan sebelum melakukan latihan fisik agar terhindar dari cedera.

3. Tidur yang Cukup

Ketika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup hal ini dapat menurunkan daya tahan tubuh. Maka dari itu penting bagi lansia untuk memperhatikan kebutuhan waktu istirahatnya. Baiknya biasakanlah untuk mendapatkan waktu tidur 7-8 jam per hari.

Namun bagaimana jika lansia mengalami kesulitan tidur? Jangan khawatir Sob, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasinya :

  • Ciptakan kamar tidur yang nyaman dan jangan letakkan barang elektronik  di dekat tempat tidur
  • Hindari konsumsi kafein sebelum tidur
  • Jangan tidur siang lebih dari 20 menit

4. Kelola Stres dengan Baik

Kondisi stres dapat memicu berbagai gangguan pada pola hidup yang baik. Stres dapat mengganggu pola makan dan pola tidur sehingga menjadi tidak teratur. Dari situ lah daya tahan tubuh akan menurun. Maka dari itu penting bagi lansia untuk mengelola emosi dan mengurangi stresnya. Misalnya bisa dengan cara mengobrol, bercanda, dan bermain dengan cucu atau keluarga.

5. Berhenti Merokok

Merokok dapat melemahkan respon daya tahan tubuh sehingga membuat seseorang rentan terkena infeksi, dan menyebabkan peradangan paru-paru. Jika kebiasaan ini tidak dihindari oleh lansia, maka dapat berisiko tubuh menjadi rentan terkena pneumonia, kanker paru, dan penyakit lainnya. Jadi mulai lah untuk berhenti merokok sekarang sebelum menyesal ya Sob!

6. Tetap Bersosialisasi

Perlu Sobat ketahui bahwa menyendiri dan merasa kesepian dapat berbahaya bagi kesehatan lho! Merasa kesepian yang dialami lansia akan membuatnya rentan terkena demensia ataupun depresi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa,  kesepian dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres. Sehingga dapat menyebabkan peradangan atau pembengkakan terkait dengan radang sendi dan diabetes. Jadi Sob, mulai sekarang bangun kebiasaan untuk menyambung silaturahim yang baik dengan teman, sanak keluarga bahkan menjalin pertemanan dengan orang baru ataupun lama.

Nah itu tadi beberapa cara yang dapat dilakukan oleh lansia untuk meningkatkan kembali imunitas tubuhnya yang mulai melemah siring dengan bertambahnya usia. Tidak perlu suplemen yang mahal/bahan kimia lain untuk meningkatkan imunitas tubuh lansia ya Sob! Jutru semakin tua, ada baiknya kita semakin mengurangi zat kimia yang masuk kedalam tubuh. Seperti 6 langkah pola hidup sehari-hari diatas.

Lansia tentu memerlukan perlakuan dan perawatan khusus, jadi jika Sobat Salam memiliki orang tua/sanak saudara lansia, namun tidak memiliki waktu untuk menjaga mereka sepanjang waktu, Layanan Perawatan Lansia siap menjadi solusi! Perawat yang profesional, ramah, dan sigap siap merawat lansia dirumah Sobat! Bulan ini juga ada promo menarik loh, yuk cek promonya sekarang sebelum kehabisan!

shape
shape