shape

Cara Sederhana Hilangkan Biang Keringat di Wajah

05 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Cara Sederhana Hilangkan Biang Keringat di Wajah

Sobat Salam, panasnya suhu pada saat musim kemarau pastinya akan memicu tubuh kita untuk memproduksi lebih banyak keringat. Adanya hal ini tentu saja normal, karena tubuh sedng mempertahankan suhu tubub agar tetap terjaga.

Namun bagi Sobat yang mempunyai kesibukan, produksi keringat berlebih ini tentunya akan sangat menggangu. Tidak hanya membuat penampilan luar menurun, namun keringat berlebihan juga dapat memicu gangguan kesehatan pada kulit kita.

Salah satunya adalah dengan timbulnya rasa tidak nyaman, munculnya bintik-bintik di wajah seperti biang keringat juga dapat menggangu. Meskipun kebanyakan orang sering mendiamkan kondisi ini agar hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa cara efektif untuk menghilangkan biang keringat ini.

Apa penyebab biang keringat di wajah?

Biang keringat dapat disebabkan oleh kelenjar keringat berlebih pada tubuh yang terperangkap sehingga kulit mengalami peradangan dan timbul ruam panas. Aktivitas atau kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya biang keringat adalah :

  • Terlalu lama berbaring di kasur akibat suatu penyakit
  • Menggunakan terlalu banyak lapisan pakaian saat udara dingin
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya jenis psikotropika, diuretik, dan obat untuk penyakit Parkinson
  • Menggunakan pakaian yang terlalu ketat sehingga membuat keringat sulit untuk menguap
  • Tinggal di wilayah dengan cuaca panas dan lembap

Bagaimana cara menghilangkan biang keringat di wajah?

Berikut adalah cara menghilangkan biang keringat di wajah orang dewasa yang bisa dilakukan agar kulit kembali sehat seperti semula, di antaranya :

1. Mandi dengan air dingin

Cara menghilangkan bintik-bintik kecil di wajah seperti biang keringat ini dapat dilakukan ketika biang keringat mulai muncul dengan mandi menggunakan air dingin.

Setelah mandi, hindari mengeringkan kulit dengan handuk. Lalu, biarkan kulit kering dengan sendirinya. Cara menghilangkan bintik di wajah seperti biang keringat ini dipercaya dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

2. Kompres dengan air dingin

Cara menghilangkan biang keringat di wajah berikutnya adalah dengan kompres air dingin. Caranya, basahi kain waslap atau handuk bersih berbahan lembut dengan air dingin atau es batu. Kemudian, kompres pada area wajah selama 15-20 menit. Perlu diingat, biarkan kulit yang baru saja dikompres air dingin agar kering dengan sendirinya.

3. Gunakan salep atau obat

Selain itu Sobat bisa menggunakan obat biang keringat berupa salep yang mengandung hidrokortison atau triamcinolone. Obat antihistamin juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bintik-bintik di wajah seperti biang keringat. Obat biang keringat ini berguna untuk meredakan biang keringat yang terasa gatal.

4. Oleskan lidah buaya.

Lidah buaya adalah bahan alami yang memiliki sifat anti peradangan dan antiseptik atau antibakteri. Jadi, selain dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bintik-bintik di wajah seperti biang keringat, manfaat lidah buaya untuk kulit juga mampu mencegah terjadinya infeksi. Cara menghilangkan bintik di wajah seperti biang keringat dengan lidah buaya juga dapat membantu mengurangi bintil-bintil dan rasa gatal atau nyeri yang timbul di kulit.

5. Memakai bedak tabur yang tidak mengandung pewangi

Bedak tabur dapat mengurangi produksi keringat di kulit seraya memastikan tidak ada pori-pori yang tersumbat. Pilihlah bedak tabur tanpa kandungan parfum atau pewangi buatan. Sebab, bahan-bahan tersebut tidak berisiko membuat kulit mengalami iritasi.

6. Mandi dengan oatmeal

Kandungan avenanthramide di dalam oatmeal terbukti mampu meredakan berbagai gangguan di kulit, termasuk biang keringat. Cara menghilangkan bintik-bintik di wajah seperti biang keringat menggunakan oatmeal pun sederhana.

7. Gunakan baking soda

Cara menghilangkan biang keringat di wajah secara alami lainnya adalah menggunakan baking soda. Caranya, cukup campurkan 3-5 sendok makan baking soda ke dalam bak mandi berisi air hangat. Kemudian, cobalah berendam di dalam campuran air tersebut kurang lebih 20 menit.

8. Daun mimba

Daun mimba atau neem ternyata juga dianggap sebagai bahan alami yang bisa membantu hilangkan biang keringat. Sebuah studi membuktikan bahwa daun mimba memiliki sifat antimikroba dan antiradang yang berpotensi mampu menghilangkan biang keringat.

Bagaimana cara mencegah biang keringat di wajah muncul kembali?

Dengan melakukan beberapa langkah sederhana ini, kemunculan biang keringat di wajah dapat dicegah, yaitu :

  • Hindari olahraga atau aktivitas fisik di luar ruangan saat cuaca lembap dan panas. Sebab, iklim tropis bisa jadi penyebab biang keringat muncul. Sebisa mungkin tetap berada di ruangan yang sejuk.
  • Jaga kulit tetap bersih dengan mandi secara teratur untuk mencegah tersumbatnya kelenjar keringat.
  • Pakai pakaian longgar dan berbahan katun yang menyerap keringat.
  • Perbanyak minum air putih untuk menjaga suhu tubuh tetap sejuk.
shape
shape