shape

Lakukan Cara Ini Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

23 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Lakukan Cara Ini Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Sobat Salam, pada saat mengalami luka tak jarang berbagai macam pengobatan dan metode perawatan pun dilakukan agar cepat sembuh.

Bahkan beberapa orang berpikir, cara cepat menyembuhkan luka adalah dengan menyiram alkohol pada luka. Namun, pada faktanya hal tersebut justru akan memperlama proses penyembuhan luka. Lalu, bagaimanakah cara yang tepat agar luka cepat sembuh?

Cara Agar Luka Cepat Sembuh

Lakukan Cara Ini Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka
Source : klikdokter.com

1. Memberikan Pertolongan Pertama

Cara agar luka cepat sembuh yang pertama yaitu segera berikan pertolongan pertama pada luka. Pertama-tama luka harus dibersihkan dengan benar seperti membilas menggunakan air bersih.

Pastikan juga tangan telah bersih dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah luka dibersihkan, maka tutuplah luka menggunakan kain kasa atau perban agar luka tetap bersih dan terhindar dari infeksi. 

2. Mengompres Luka Dengan Air hangat

Setelah memberikan pertolongan pertama, cara agar luka cepat sembuh yang selanjutnya yaitu dengan mengompres luka menggunakan air hangat.

Mengompres luka dengan air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga membantu dan mempercepat penyembuhan. Cukup letakkan kompres air hangat pada area sekitar luka selama 15 hingga 30 menit.

3. Membersihkan Tangan Sebelum Merawat Luka

Cara agar luka cepat sembuh yang selanjutnya yaitu membersihkan tangan sebelum melakukan perawatan pada luka. Pastikan bahwa tangan dicuci terlebih dahulu menggunakan air mengalir dan sabun hingga bersih sebelum melakukan perawatan.

Mencuci tangan ini berguna untuk mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri. Sebaiknya cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir selama beberapa detik.

4. Membersihkan Luka Setelah Terjadi Pendarahan

Setelah pendarahan berhenti, maka bersihkan luka dengan menggunakan kain bersih atau kapas yang telah dibasahi memakai air. Sobat bisa juga menggunakan cairan pembersih luka jika tidak ingin terasa perih.

Setelah itu, semprotkan cairan pembersih luka ke seluruh area luka, dan keringkan sebelum kemudian ditutup dengan plester atau perban.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara agar luka cepat sembuh. Hal ini karena mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung protein dan vitamin dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Kandungan-kandungan gizi tersebut Anda diperoleh dari sayuran berwarna hijau, kuning, dan orange, bahkan tomat, daging, dan susu.

6. Mengoleskan Salep

Sobat bisa mengoleskan salep pada luka, agar proses penyembuhan luka semakin cepat. Akan tetapi, agar lebih efektif dalam mempercepat proses penyembuhan, pastikan untuk menggunakan salep yang tidak mengandung bahan kimia keras.

Dengan menggunakan salep menyembuhkan luka, maka proses penyembuhan akan dua kali lebih cepat. Dibanding hanya didiamkan saja dan juga dapat membantu mengurangi jaringan parut.

7. Menggunakan Lidah Buaya

Selain menggunakan obat salep, cara agar luka cepat sembuh yang terakhir yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Hal ini karena, lidah buaya dapat membantu dan mengatasi semua jenis masalah pada kulit, seperti memar dan luka.

Selain itu juga bisa dengan menggunakan tanaman lidah buaya segar. Buang durinya dan potong menjadi dua. Setelah itu, oleskan bagian gelnya pada kulit yang mengalami luka.

Suplemen yang Mempercepat Luka Sembuh

Lakukan Cara Ini Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka
Source : hellosehat.com

Selain melakukan cara-cara di atas, ada beberapa suplemen yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Mengonsumsi suplemen ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Berikut ini beberapa suplemen untuk mempercepat penyembuhan luka yang dapat dikonsumsi.

1. Vitamin C

Suplemen yang pertama yaitu vitamin C. Hal ini karena, vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif dalam melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, dalam penelitian telah menjelaskan bahwa vitamin C dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk mendapat vitamin C secara instant melalui infus/suntik vitamin C, silakan hubungi kami

2. Bromelain

Suplemen untuk mempercepat proses penyembuhan luka yaitu bromelain. Bromelain itu sendiri merupakan enzim anti-inflamasi yang dapat ditemukan di batang tanaman nanas. Bromelain ini dapat mengurangi pembengkakan otot serta jaringan, terutama cedera atau setelah operasi.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Sobat lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Apabila dalam beberapa hari, luka mengalami infeksi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut ya Sob!

Butuh dokter yang dapat dipanggil ke rumah untuk merawat luka Sobat? ya Layanan Perawatan Luka solusinya. Harganya juga bersahabat dan sedia 24/7 ke rumah Sobat untuk area Bandung dan sekitarnya! Khusus bulan ini juga ada promo menarik loh, yuk cek promonya dibawah ini!

shape
shape