shape

Cari Tahu yuk Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Sensitif

10 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Cari Tahu yuk Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Sensitif

Apakah Sobat Salam pernah memiliki reaksi kulit tertentu seperti kemerahan dan terasa gatal setelah menggunakan produk skincare tertentu? Atau, reaksi tersebut datang ketika cuaca sedang terlalu terik atau dingin? Bisa jadi, Sobat memiliki kulit sensitif sehingga muncul reaksi-reaksi tersebut.

Bagaimana Ciri Kulit Wajah yang Sensitif?

Sama seperti tipe kulit normal, berminyak, atau kombinasi dan kering, kulit sensitif juga memiliki ciri-ciri tertentu yang dapat kita lihat. Di antaranya :

1. Kulit yang Reaktif

Kulit Sensitif umumnya memiliki kadar reaktif yang tinggi sebagai respons terhadap sesuatu yang dapat memicunya. Pemicu ini biasanya berasal dari sabun, deterjen, parfum, produk perawatan kulit, hingga produk rumah tangga. Selain berasal dari barang-barang keperluan dengan bahan tertentu, cuaca yang terlalu dingin atau panas juga bisa memicu reaktivitas pada kulit sensitif.

2. Kulit Gatal

Hal ini, bisa menjadi salah satu ciri-ciri kulit sensitif pada wajah. Biasanya, rasa gatal akan diikuti oleh kulit yang kemerahan dan terasa perih setelah menggunakan produk perawatan kulit tertentu.

3. Kulit Terasa Perih

Reaksi ini, umumnya muncul setelah beraktivitas terlalu lama di bawah sinar matahari yang terik. Selain memberikan dampak buruk seperti mempercepat penuaan dini, sinar UV dari matahari juga mampu meningkatkan fotosensitivitas pada kulit.

4. Kulit Kering

Meskipun pada umumnya kulit sensitif memiliki masalah dengan jerawat, hal yang mendasari masalah ini bukanlah kondisi kulit yang berminyak, melainkan kulit kering. Ya, memiliki kulit yang kering bisa menjadi salah satu penyebab kulit sensitif, yang umumnya disebabkan oleh reaksi dari penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat.

5. Ruam di Kulit

Tidak hanya terasa gatal dan perih, muncul ruam merah yang bersisik atau bergelombang juga menjadi salah satu ciri-ciri kulit sensitif di wajah. Biasanya, hal ini disebabkan oleh produk perawatan kulit yang tidak dibersihkan secara menyeluruh seperti pelembap wajah atau sunscreen.

6. Mengalami Breakout

Kulit sensitif rentan mengalami breakout yang terlihat seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula. Biasanya, hal ini akan berlangsung cukup lama sekitar satu sampai dua minggu hingga kulit benar-benar sembuh selama menerima perawatan kulit yang tepat.

7. Kulit Terkelupas

Kulit yang kering pada tipe kulit sensitif umumnya memiliki pelindung kulit yang lebih tipis dibandingkan tipe kulit lainnya. Hal ini membuat kulit mudah terkelupas, dan akan terasa perih ketika diaplikasikan produk perawatan kulit tertentu.

8. Kulit Mudah Berjerawat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit sensitif akan lebih mudah berjerawat, diakibatkan oleh kulit yang kering dan memiliki perlindungan kulit yang cukup tipis. Untuk menghindarinya, pastikan kamu menggunakan produk perawatan kulit yang tetap sesuai dengan jenis kulit.

9. Fotosensitivitas Tinggi

Kulit sensitif lebih mudah terbakar oleh matahari, atau istilahnya memiliki fotosensitivitas yang tinggi. Saat hal ini terjadi, kulit akan menjadi kemerahan, terasa perih dan gatal, hingga muncul jerawat.

10. Produk Skincare Sulit Menyerap

Kulit dengan kondisi kering atau terkelupas akibat sensitivitas yang tinggi juga berakibat pada skincare yang kamu gunakan menjadi tidak terserap dengan baik. Jadi, pastikan kamu merawat kulit sensitif kamu dengan perawatan yang tepat agar tetap lembap dan sehat.

Penyebab Kulit Sensitif pada Wajah

Selain merupakan bawaan dari genetik, terdapat beberapa penyebab yang dapat menjadi pemicu kulit menjadi sensitif, lho. Berikut di antaranya:

  • Kulit yang terpapar sinar matahari dalam intensitas waktu yang cukup lama.
  • Penyakit kulit tertentu seperti eksim, rosacea, atau dermatitis kontak alergi.
  • Penggunaan produk perawatan kulit dan kosmetik yang kurang tepat.
  • Polusi seperti debu dan asap kendaraan.
  • Perubahan hormon akibat siklus menstruasi atau obat-obatan tertentu.
  • Stress

Cara Mengatasi Kulit Sensitif pada Wajah

Dengan penanganan serta perawatan yang tepat, kulit sensitif bisa diatasi agar tetap lembap, sehat, dan tentunya bebas dari berbagai masalah kulit. Berikut tips lengkapnya :

1. Gunakan Pelembap Wajah

Cara mengatasi kulit sensitif pada wajah yang rentan kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan moisturizer setiap hari pada siang dan malam hari. Namun, pastikan pelembap yang kamu gunakan memiliki formula hypoallergenic dan bebas dari zat aditif seperti parfum, pewarna, dan alkohol.

2. Double Cleansing

Sama seperti tipe kulit lainnya, kulit sensitif juga membutuhkan double cleansing untuk memastikan semua residu kotoran terangkat dari kulit. Kamu bisa memilih produk yang dikhususkan untuk kulit sensitif, dan melakukan gerakan lembut saat membersihkan wajah.

3. Hindari Eksfoliasi Saat Kulit sedang Sensitif

Mengangkat sel kulit mati memang penting untuk menjaga wajah tetap cerah dan bebas komedo. Namun, ada baiknya kamu tidak melakukan treatment ini ketika kulit sedang sensitif karena mayoritas produk skincare untuk mengangkat sel kulit mati mampu membuat kulit lebih sensitif.

4. Gunakan Air Bersuhu Normal

Hindari mandi menggunakan air yang memiliki suhu terlalu panas atau dingin, karena dapat memicu sensitivitas kulit menjadi lebih tinggi. Kamu juga cukup mandi selama 10-15 menit saja untuk menghindari kulit menjadi dehidrasi. Gunakan juga sabun dengan formulasi yang dikhususkan untuk kulit sensitif.

5. Gunakan Sunscreen

Salah satu pemicu utama meningkatnya sensitivitas kulit adalah sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Pastikan juga untuk memilih sunscreen dengan perlindungan UV yang kuat, serta formula lembut yang bebas dari parfum, pewarna, pengawet, dan alkohol. Pilih juga sunscreen yang sudah teruji memiliki formula hypoallergenic pada kulit.

shape
shape