shape

CATAT! Ketahui Apa Saja Penyebab Mimisan yang Perlu Diwaspadai

08 August 2023

Posted by : Fathan

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
CATAT! Ketahui Apa Saja Penyebab Mimisan yang Perlu Diwaspadai

Apakah Anda sering mengalami mimisan? Yuk kenali apa sajakah penyebab mimisan lengkap beserta cara pencegahannya. Yuk simak selengkapnya dalam artikel Salam-Homecare berikut ini!

Apa Itu Mimisan

Apakah Anda seringkali mengalami mimisan? Tentu saja kondisi ini acap kali membuat kita merasa tidak nyaman. Ditambah lagi, mimisan terkadang juga disertai dengan beberapa gejala lain seperti pusing hingga menimbulkan sugesti yang negatif. 

Sebagai orang yang pernah menderita mimisan, tentu akan lebih baik jika Anda mengetahui seputar penyakit yang satu ini. 

Mimisan adalah perdarahan yang terjadi di hidung, yang juga dikenal dengan istilah epistaksis dalam dunia medis. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi gejala suatu penyakit dan memerlukan perhatian medis jika terjadi secara berulang.

Faktor Penyebab Mimisan

Perlu Anda ketahui, setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan mimisan dapat terjadi. Dari beberapa penyebabnya, umumnya dipengaruhi oleh faktor eksternal bahkan kebiasaan buruk yang sering kita lakukan.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

#1 Kondisi Udara Kering

Faktor penyebab yang pertama ialah akibat faktor eksternal berupa kondisi udara yang sedang kering. Udara kering dapat menyebabkan kekeringan pada selaput lendir di dalam hidung. Kekeringan ini dapat membuat pembuluh darah halus di hidung pecah dan menyebabkan mimisan. 

Udara kering biasanya terjadi di musim dingin atau di daerah dengan iklim kering.

#2 Mengorek Hidung

Penyebab yang kedua umumnya datang karena kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yakni mengorek hidung. 

Kebiasaan mengorek hidung dengan keras atau kasar dapat menyebabkan luka pada pembuluh darah di dalam hidung. Hal ini dapat menyebabkan mimisan karena pecahnya pembuluh darah tersebut. 

Untuk itu jika Anda sering merasa gatal pada hidung atau faktor lainnya, usahakan untuk menahan atau membersihkannya secara perlahan untuk menghindari risiko mimisan dapat terjadi.

#3 Alergi

Kemudian, alergi juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya mimisan. Orang yang menderita alergi sering mengalami hidung tersumbat atau bersin-bersin yang keras. Akibatnya, tekanan yang terjadi saat bersin atau mengorek hidung dapat menyebabkan mimisan.

#4 Cedera Pada Hidung

Perlu Anda waspadai, cedera pada hidung juga berpotensi untuk menyebabkan mimisan. Cedera pada hidung, baik akibat benturan atau kecelakaan, dapat merusak pembuluh darah di dalam hidung dan menyebabkan mimisan.

#5 Bentuk Hidung yang Bengkok

Bentuk hidung yang bengkok, baik karena faktor keturunan maupun akibat cedera, dapat menyebabkan tekanan tidak merata pada pembuluh darah di hidung. Hal ini dapat meningkatkan risiko mimisan.

Baca juga, Flu Singapura: Definisi, Gejala, Serta Cara Pengobatannya

#6 Infeksi Pada Hidung

Infeksi pada hidung, seperti flu atau sinusitis kronis, dapat menyebabkan hidung tersumbat. Tekanan yang terjadi saat hidung tersumbat dapat memicu mimisan. 

#7 Penggunaan Obat Pelega Hidung Secara Berlebihan

Penggunaan obat semprot untuk pelega hidung secara berlebihan juga berpotensi menimbulkan mimisan. Hal tersebut dikarenakan, penggunaan secara berlebihan dapat menyebabkan kekeringan pada selaput lendir hidung. Kondisi ini dapat memicu mimisan.

Selain beberapa penyebab di atas, terdapat faktor lain yang termasuk ke dalam kategori cukup serius sebagai penyebab mimisan. Bahkan disarankan Anda untuk menghubungi dokter atau tenaga kesehatan. Faktor tersebut di antaranya:

  • Paparan bahan kimia
  • Masuknya benda asing
  • Benturan keras di kepala
  • Efek operasi hidung
  • Kanker nasofaring
  • Hipertensi
  • Penyakit aterosklerosis
  • Penyakit yang berhubungan dengan pembekuan darah seperti hemofilia
  • Konsumsi obat pengencer darah

Jika Anda telah mendeteksi penyebab mimisan sebagai akibat dari beberapa faktor tersebut, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter. Apabila kondisinya tidak memungkinkan untuk pergi ke fasilitas kesehatan, Anda bisa menghubungi Layanan Dokter ke Rumah dari Salam-Homecare.

Dengan menggunakan Layanan ini, Anda tak perlu melakukan antre di fasilitas kesehatan, kesulitan dalam mobilisasi, serta menghindari risiko tertular penyakit. 

Salam-Homecare akan menyediakan tenaga kesehatan yang kompeten yang akan melakukan pemeriksaan secara langsung. Tidak hanya itu, Anda juga akan memperoleh fasilitas berupa konsultasi kapan pun Anda butuhkan.

Jadi langsung saja yuk cek Layanan Dokter & Perawat Ke Rumah dari Salam-Homecare. 

Cara Menghentikan Mimisan Untuk Kesehatan

Demi kesehatan, tentunya kita harus berupaya untuk menghentikan mimisan tersebut. Setidaknya ada beberapa cara yang harus segera Anda lakukan, meliputi:

  • Atur posisi tubuh – Duduklah dengan posisi tubuh condong sedikit ke depan. Tekuk kepala ke depan sehingga darah keluar melalui lubang hidung. Letakkan handuk di bawah hidung untuk menampung darah yang keluar. Hindari berbaring karena hal ini dapat menyebabkan darah mengalir ke tenggorokan.
  • Tekan hidung – Gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk menekan ujung atas hidung dengan kuat. Pastikan lubang hidung Anda seluruhnya tertutup. Tekanan pada pembuluh darah yang rusak dapat membantu menghentikan aliran darah. Teruslah menekan hidung selama 10 menit, kemudian lepaskan. Jika hidung masih mengeluarkan darah, tekan lagi selama 10 menit. Sambil menekan hidung, bernapaslah melalui mulut.
  • Dinginkan Tubuh: Menurunkan suhu tubuh dapat mengurangi aliran darah ke hidung. Anda dapat memasukkan es batu ke dalam mulut atau mengisap es loli untuk menurunkan suhu tubuh lebih cepat. Hal ini juga membantu mempertahankan suhu dingin lebih lama. Hindari meletakkan kompres dingin di atas hidung, karena tidak terlalu efektif. 
  • Gunakan oksimetazen: Oksimetazin adalah obat yang dapat membantu menghentikan mimisan. Anda dapat menggunakan semprotan hidung oksimetazin sesuai petunjuk dosis yang tertera pada kemasan. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakannya.

Itulah informasi seputar apa saja faktor penyebab mimisan lengkap beserta cara menghentikannya. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat. Nantikan informasi seputar kesehatan lainnya dari Salam-Homecare.

Sumber: 

https://www.alodokter.com/mimisan

https://health.kompas.com/read/2021/08/21/193100268/12-penyebab-mimisan-pada-orang-dewasa-dan-cara-mengatasinya

https://id.wikihow.com/Menghentikan-Mimisan

shape
shape