shape

Cegah Pikun Sejak Dini Dengan Daun Ajaib Ini

02 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Cegah Pikun Sejak Dini Dengan Daun Ajaib Ini

Sobat Salam, beberapa kemampuan pada manusia umumnya cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Banyak berbagai macam permasalahan kesehatan yang muncul, baik dari luar maupun dari dalam.

Hal ini wajar, tanda-tanda penuaan perlahan akan muncul sebagai penanda menurunnya suatu kemampuan. Salah satu yang sering dialami para lansia adalah permasalahan kemampuan berpikir yang tidak sebaik dulu lagi.

Istilah ini biasanya dikenal dengan pikun. Pernahkan Sobat berkunjung ke rumah nenek yang sudah lama tak bertemu, lalu sang nenek memerlukan waktu sejenak untuk mengingat nama Sobat?

Itu tandanya sang nenek mengalami penurunan kemampuan berpikirnya. Meski sering menjadi problematika, namun hal ini wajar dan masih bisa ditangani dengan beberapa cara alami.

Berikut ini merupakan cara alami mengatasi masalah pikun dengan tanaman daun pegagan/daun antanan. Mungkin Sobat merasa sedikit asing dengan nama tersebut. Karena akhir-akhir ini tanaman ajaib ini sedang popular dengan nama lain, yaitu Centella Asiatica.

Fakta Daun Pegagan

Cegah Pikun Sejak Dini Dengan Daun Ajaib Ini
Source : alodokter.com

Daun yang tengah popular belakangan ini ternyata banyak tumbuh di negara-negara Asia termasuk Indonesia lho! Tanaman herba ini biasanya banyak dimanfaatkan karena khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan kulit.

Namun bukan hanya itu Sob, melalui beberapa penelitian menemukan bahwa daun pegagan ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh dan juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti pikun.

Berikut kandungan nutrisi yang dimiliki oleh daun pegagan yang baik bagi kesehatan tubuh, di antaranya :

  • Vitamin B
  • Protein
  • Mineral
  • Vitamin C
  • Antioksidan, flavonoid, tannin, polifenol

Manfaat Daun Pegagan bagi Kesehatan

Cegah Pikun Sejak Dini Dengan Daun Ajaib Ini
Source : lemonilo.com

Meski seringnya kita menemukan kandungan Centella Asiatica ini pada skin care, namun daun pegagan ini juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari daun pegagan yang bisa Sobat dapatkan, anatara lain :

1. Melancarkan peredaran darah

Daun pegagan ini telah terbukti secara ilmiah efektif untuk mencegah dan mengatasi pembekuan darah. Selain itu daun pegagan juga mampu mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah atau aterosklerosis.

2. Menjaga fungsi otak

Kandungan antioksidan dalam daun pegagan memiiki sifat antiradang, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh termasuk otak. Untuk mendapatkan khasiat daun pegagan secara optimal, kini banyak yang mengolah daun pegagan ini ke dalam bentuk suplemen. Dengan mengonsumsi suplemen daun pegagan, terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah terjadinya pikun atau demensia.

3. Meredakan nyeri sendi

Sudah lama banyak yang memanfaatkan daun pegagan ini sebagai obat tradisional untuk mengatasi peradangan dan nyeri sendi. Hal ini karena kandungan zat dalam daun pegagan yang memiliki sifat antiradang yang efektif untuk meredakan nyeri sendi pada penderita radang sendi.

4. Mengatasi insomnia

Insomnia atau permasalah sulit tidur ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti pola hidup yang tidak sehat, rasa cemas, atau efek samping dari mengonsumsi obat-obatan tertentu. Ekstrak daun pegagan ini dipercaya dapat mengatasi gangguan tidur tersebut.

Umumnya penggunaan ekstrak daun pegagan tidak boleh lebih dari 6 minggu. Selain itu, Sobat tetap harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan daun pegagan ini untuk mengobati permasalahan kesehatan.

Efek Samping Daun Pegagan

Cegah Pikun Sejak Dini Dengan Daun Ajaib Ini
Source : hot.liputan6.com

Meski daun pegagan ini memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh, namun tidak semua orang bisa cocok untuk menggunakannya. Risiko alergi bisa dialami oleh siapa saja. Beberapa gejala efek samping pun akan muncul, jika Sobat mengidap alergi pada daun pegagan. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang dapat muncul :

  1. Sakit Kepala
  2. Nyeri perut
  3. Mual
  4. Pusing
  5. Muncul rasa kantuk
  6. Perih atau iritasi di kulit
  7. Reaksi alergi

Sebelum memutuskan untuk menggunakan daun pegagan ini untuk megobati permasalah kesehatan Sobat, baiknya memastikan dulu beberapa kondisi ya Sob! Sobat bisa memastikan efektivitas dan keamanan pengguaan daun pegagan ini. Seperti aman atau tidak digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Sobat pun perlu berhati-hati dalam penggunaannya terlebih jika mengidap beberapa penyakit tertentu seperti, gangguan fungsi hati dan hepatitis. Hal ini untuk menghindari memperparah kondisi tersebut. Jadi ada baiknya, Sobat berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan daun pegagan untuk mengobati penyakit yang Sobat alami, terutama untuk lansia.

Nah Salam Homecare juga menyediakan Layanan Perawatan Lansia untuk Sobat yang memiliki orang tua/keluarga yang sudah lanjut usia, namun tidak ada waktu untuk menemani dan merawatnya secara langsung. Perawat kami profesional, cekatan, dan sedia 24/7 di rumah Sobat! Khusus bulan ini ada promo menarik loh, yuk cek promonya dibawah ini!

shape
shape