shape

Dapatkan Kulit Sehat Alami dengan Masker Timun

11 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Dapatkan Kulit Sehat Alami dengan Masker Timun

Timun adalah sayuran yang bisa kita jumpai pada lalapan. Kadang juga habya sebagai pelengkap di nasi goreng atau acar. Ternyata kandungan vitamin dan mineral dari timun ini mempunyai segudang manfaat yang baik bagi kulit wajah agar tampak sehat secara alami.

Selain dimakan langsung, Sobat juga bisa mengaplikasikan timun ini langsung di wajah. Seperti dijadikan masker atau dengan menempelkan langsung irisan timun ke atas permukaan kulit wajah.

Manfaat timun untuk wajah

Timun mengandung vitamin C dan asam kafeat yang ampuh mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit. Di samping itu, timun juga kaya akan kandungan air (mencapai 96%) sehingga dapat menghidrasi kulit dengan baik. Beriikut adalah manfaat timun untuk wajah yang bisa Sobat coba dijadikan masker wajah, di antaranya :

1. Mengurangi kantong mata dan mata panda

Salah satu manfaat masker timun adalah mengurangi kantong mata dan mata panda yang disebabkan oleh kurang tidur. Manfaat timun untuk kantung mata ini tak terlepas dari kandungan vitamin C dan asam folat di dalamnya.

2. Baik untuk kulit berjerawat

Timun mampu membersihkan pori-pori kulit wajah. Untuk Sobat yang memiliki kulit rentan berjerawat dan iritasi, masker timun bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasinya. Kulit wajah yang berminyak disertai penumpukan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat. Nah, masker timun untuk jerawat dapat membantu membersihkan sekaligus mengencangkan pori-pori.

3. Melembapkan kulit wajah

Kandungan air sebanyak 96% pada timun akan bekerja dengan optimal bila dicampurkan bahan-bahan alami lainnya. Misalnya, menambahkan madu, yogurt, atau aloe vera ke dalam masker timun.

4. Melawan tanda-tanda penuaan dini

Manfaat masker timun yang berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Lebih lanjut, masker timun mengandung vitamin C dan asam folat di dalamnya.

Kandungan vitamin C dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru. Sementara, asam folat bisa membantu melawan racun dari paparan lingkungan yang membuat kulit tampak kusam sehingga menjadi penyebab penuaan dini.

5. Menenangkan iritasi kulit

Khasiat masker timun juga berasal dari efek antiradang yang dapat meringankan rasa nyeri, kemerahan, dan iritasi pada wajah. Sobat pun bisa memanfaatkan penggunaan masker timun untuk mengatasi kulit terbakar matahari (sunburn), gigitan serangga, hingga ruam.

6. Sebagai toner wajah

Tak hanya dijadikan masker timun, bahan makanan berwarna hijau muda ini dapat digunakan sebagai toner wajah alami yang mampu menenangkan kulit.

7. Berfungsi untuk cuci muka

Caranya, campurkan air mentimun dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti lidah buaya, teh hijau, atau cuka apel. Menggunakan air timun untuk cuci muka di pagi hari bisa membuat kulit wajah lebih segar dari biasanya.

8. Meredakan pembengkakan pada mata

Manfaat masker timun lainnya, bisa meredakan pembengkakan di kulit dan dapat menghilangkan mata panda.

Nah itu dia Sob, manfaat timun untuk kulit wajah agar tampak segar, sehat secara alami yang bisa dicoba di rumah.

shape
shape