shape

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Khitan di Rumah

04 September 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Khitan di Rumah

Sobat Salam, berkhitan memang bermanfaat bagi kesehatan. Namun dalam prosesnya tetap saja membuat kita sebagai orang tua khawatir terhadap si Kecil.

Meski ada sebagian anak yang antusias saat akan melakukan khitan, namun tetap saja si Kecil pun pasti akan merasa khawatir dan takut. Tidak sedikit pula anak yang menangis saat proses khitan dan pasca khitan. Pasalnya sebagian besar dari si Kecil langsung akan berfikir negatif bahwa khitan itu sakit, apalagi saat dilakukan di rumah sakit, yang memang sejatinya berisi alat-alat medis yang cukup mengerikan dimata si Kecil.

Agar si Kecil merasa nyaman, dan Sobat sebagai orang tua tetap tenang akan keamanan anak, berkhitan di rumah merupakan salah satu solusi yang tepat. Tapi apakah khitan memang aman dilakukan di rumah? Berikut penjelasannya :

Bisakah Khitan Dilakukan di Rumah?

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Khitan di Rumah
Source : republika.co.id

Jawabanya bisa Sob! Saat ini teknologi dalam dunia khitanan sudah modern. Selain itu dengan melakukan khitan di rumah, tentunya akan membuat si Kecil lebih nyaman dan tenang selama menjalani proses khitan.

Sobat dan si Kecil tidak perlu bepergian keluar rumah dan menunggu di rumah sakit. Cukup melakukan janji dengan jasa layanan khitan di rumah dengan nyaman.

Selain itu cara ini lebih efisien dan aman. Secara kesehatan pun akan lebih terjaga dari risiko penularan virus di masa pandemi ini.

Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Khitan di Rumah
Source : radarbogor.id

Bukan hanya aman, sunat di rumah ternyata dianggap lebih praktis. Hal ini karena anak tidak perlu banyak berpindah tempat setelah sunat selesai. Namun, tentu saja kita harus mempersiapkan dana khusus untuk biaya sunat di rumah. Selain itu, ada sejumlah hal yang juga harus dipersiapkan orang tua ketika anak sunat di rumah, antara lain :

1. Tempat yang Nyaman

Si Kecil akan lebih nyaman menjalani proses khitan ketika berada di lingkungan yang akrab dengannya. Misalnya di rumah atau bahkan kamarnya sendiri. Di lingkungan seperti ini rasa aman si Kecil bisa terbentuk. Sehingga ia dapat mengatasi rasa takut karena akan menjalani proses khitan.

Selain itu Sobat sebaiknya menyediakan tempat yang cukup memadai untuk dipakai proses khitan si Kecil. Dengan demikian, dokter bisa melakukan prosedur khitan dengan mudah dan aman. Tempat yang nyaman juga akan membuat anak bisa beristirahat dengan optimal pasca menjalani khitan.

2. Waktu yang Tepat

Ketika Sobat memutuskan untuk melakukan proses khitan untuk si Kecil di rumah, tentukan juga waktu yang tepat untuk menjalankannya. Masa liburan merupakan momen yang tepat untuk melakukan khitan karena si Kecil tidak memiliki tanggung jawab pelajaran sekolah. Selain itu, Si Kecil juga bisa lebih fokus terhadap pemulihan kondisinya dan tidak perlu memikirkan tugas atau pekerjaan rumah.

3. Sediakan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Dokter yang datang ke rumah untuk melakukan prosedur khitan biasanya telah membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Namun, agar proses sunat berjalan lebih lancar, Sobat bisa menanyakan kembali kepada dokter mengenai tambahan yang mungkin saja dibutuhkan, seperti misalnya air bersih, baskom, alas tidur, lap tangan, dan sebagainya.

Dengan mempersiapkan perlengkapan sejak awal, Sobat tidak perlu repot lagi mengurusnya setelah saat proses dan pasca khitan. Sobat pun bisa lebih fokus menemani si Kecil saat melewati tahapan khitan. Pendampingan optimal seperti ini juga berdampak besar dalam kelancaran proses khitan si Kecil di rumah loh.

4. Pemilihan Layanan Khitan

Selain berbagai persiapan tersebut, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah memilih layanan khitan yang akan digunakan. Orang tua perlu memastikan jika klinik khitan yang dipilih memang memiliki layanan khitan di rumah. Pilihlah layanan khitan dengan tenaga dokter ahli yang bersertifikat di bidangnya. Seperti Layanan Khitan Salam Homecare yang selalu sedia 24/7 untuk konsultasi pra dan pasca khitan secara Gratis! Yuk cek layanannya disini

Apakah Khitan di Rumah Aman?

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Khitan di Rumah
Source : ayosemarang.com

Alasan utama bagi orang tua memilih melakukan khitan untuk si Kecil di rumah adalah agar lebih aman. Karena tidak perlu berinteraksi dengan banyak orang. Namun, apakah hal ini saja yang perlu dikhawatirkan dari segi keamanan?

Beberapa poin berikut dapat menjadi perhatian saat melakukan khitan untuk si Kecil di rumah.

1. Praktisi Sunat

Melakukan khitan di rumah akan lebih aman. Pasalnya, dokter yang akan melakukan prosedur khitan si Kecil menggunakan alat pelindung dan menjalankan protokol kesehatan seperti yang disarankan.

2. Metode Aman

Seperti khitan yang dilakukan di klinik, khitan di rumah juga memiliki kesamaan baik dari segi keamanan maupun risikonya. Metode yang dilakukan tidak berbeda. Bahkan, sunat di rumah bisa jadi lebih lancar karena si Kecil tidak terganggu oleh suasana ramai di sekitarnya.

3. Rumah Tenang

Bukan hanya itu, rumah sebisa mungkin dibuat dalam kondisi tenang pada saat proses khitan berlangsung. Jika terlalu ramai, si Kecil bisa terdistraksi dan sunat makin sulit dilakukan. Selain itu, risiko kesehatan karena kerumunan juga lebih tinggi.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu diketahui saat memutuskan khitan untuk si Kecil di rumah. Tertarik untuk mencobanya untuk si Kecil, Sob? Jangan lupa untuk tetap memilih tempat khitan yang berizin dengan dokter yang bersertifikat dan berpengalaman ya, seperti Layanan Khitan Salam Homecare. Meskipun dilakukan di rumah, harganya tetap terjangkau loh. Apalagi khusus untuk bulan ini, ada promo menarik loh Sob! Yuk cek promonya sekarang!

shape
shape