shape

Jangan Sembarang Olahraga, Berikut Tips Aman Olahraga untuk Asma

18 May 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Jangan Sembarang Olahraga, Berikut Tips Aman Olahraga untuk Asma

Sobat Salam, latihan fisik atau olah raga dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari, bahkan untuk orang penderita asma. Olahraga membuat tubuh secara otomatis melebarkan saluran pernapasan, dan hal itu sangat baik untuk pengidap asma.

Namun, ada beberapa jenis olahraga yang aman dilakukan oleh pengidap asma, bahkan direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Seperti berjalan kaki, lari jarak pendek, yoga dan senam aerobik.

Sebelum Sobat Salam mencoba berbagi macam olahraga tersebut, sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter. Sobat juga bisa mulai mencoba olahraga tersebut dari intensitas terendah dengan durasi paling pendek.

Manfaat Olahraga untuk Asma

Aktivitas fisik bisa membantu mengatasi asma dengan membuat paru-paru lebih kuat tanpa memperburuk peradangan. Berikut manfaat olahraga untuk pengidap asma :

  • Meningkatkan daya tahan

Berolahraga secara rutin akan membuat paru-paru lebih kuat untuk melakukan aktivitas.

  • Mengurangi peradangan

Olahraga teratur juga bisa mengurangi peradangan dengan cara mengurangi protein inflamasi, yang meningkatkan cara saluran udara kamu merespons olahraga.

  • Meningkatkan kapasitas paru-paru

Semakin sering kamu berolahraga, paru-paru kamu akan semakin terbiasa menghirup oksigen. Dengan begitu, tubuh tidak bekerja keras untuk bernapas setiap hari.

  • Memperkuat otot

Ketika otot tubuh kuat, maka tubuh bisa berfungsi lebih efisien selama beraktivitas sehari-hari.

  • Meningkatkan kebugaran kardiovaskular

Latihan meningkatkan pengkondisian jantung secara keseluruhan, meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen.

Tips Aman Berolahraga Pengidap Asma

Selain memeriksakan diri, beberapa hal di bawah ini juga perlu diperhatikan oleh para penderita asma, di antaranya :

  • Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum penderita asma memulai rutinitas olahraga, konsultasikan dulu dengan dokter. Dokter akan memberikan tips keamanan dan tindakan pencegahan berdasarkan tingkat keparahan asma.

  • Ketahui Cara Penanganan Asma

Cara penanganan ini juga mencakup tindakan pencegahan. Misalnya, dengan menggunakan inhaler sebagai bagian dari manajemen asma. Inhaler dapat menenangkan peradangan saluran napas, dan mengurangi risiko peradangan secara keseluruhan.

  • Sesuaikan dengan Kemampuan Tubuh

Meskipun memiliki tekad kuat untuk berolahraga, penting untuk memperhatikan kemampuan tubuh. Perhatikan juga tanda-tanda tubuh kelelahan saat olahraga, misalnya kulit memerah, berkeringat berlebihan, batuk-batuk, mengi, sesak napas, dada terasa sesak, dan pernapasan melambat.

  • Selalu Bawa Inhaler

Penting untuk selalu membawa inhaler atau obat-obatan lainnya ketika berolahraga. Inhaler dapat mencegah serangan asma jika ada gejala saat berolahraga.

  • Periksa Kondisi Cuaca

Jangan berlari saat cuaca sangat dingin atau sangat panas karena dapat memicu gejala asma.

  • Kurangi Paparan Polusi Udara

Polusi udara dapat memicu gejala asma umum lainnya. Untuk mengurangi paparan, hindari berlari di dekat jalan yang ramai atau dengan lalu lintas yang sibuk.

  • Lari di Pagi Hari

Jika ingin berlari di luar rumah, cobalah saat pagi hari. Saat musim kemarau, cuaca di pagi hari akan terasa cukup lembap dan hangat. Polusi dan debu juga belum terlalu banyak karena udara masih sangat bersih dan asri.

  • Mulai dari Intensitas Rendah

Mulailah olahraga dari intensitas yang rendah. Selanjutnya, penderita asma bisa meningkatkan kecepatan seiring waktu saat tubuh sudah terbiasa.

  • Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Lakukan pemanasan selama 10 menit sebelum berlari. Usai berlari, lakukan juga pendinginan sekitar 10 menit. Melakukan pemanasan dan pendinginan sangat penting. Sebab, perubahan suhu yang drastis dapat memicu gejala asma.

  • Ajak Teman untuk Berjaga-jaga

Lakukan olahraga bersama teman jika memungkinkan. Beri tahu mereka apa yang harus dilakukan jika kondisi asma kambuh.

Tetap aktif secara fisik penting untuk kesehatan tubuh dan mental. Ingat, asma bukanlah alasan untuk menghindari olahraga. Dengan pengobatan teratur, pengidap asma bisa tetap menikmati manfaat olahraga dengan aman.

shape
shape