shape

Jangan Sembarangan Gunakan Bawang Putih untuk Luka

07 January 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, pada saat kita mengalami luka pastinya kita akan melakukan berbagai cara untuk menyembuhkannya. Selain pendarahan dan rasa sakit akibat luka yang mengganggu, risiko bekas luka sulit hilang pun membuat kita terkadang menjadi panik saat mengalami luka.

Sudah banyak penjelasan mengenai perawatan luka baik secara sederhana di rumah ataupun dengan bantuan medis. Namun terkadang bagi sebagian orang ada yang lebih meyakini untuk mengobati luka dengan bahan alami.

Bahan alami dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi luka. Salah satu bahan alami yang sering disarankan untuk menyembuhkan luka adalah bawang putih.

Benarkah Bawang Putih Efektif Sembuhkan Luka?

Bumbu dapur satu ini memang memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Karena kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Bawang putih sudah lama dikenal sebagai antibiotik alami untuk mengobati luka eksternal maupun internal.

Kandungan antibiotik pada bawang putih juga bisa mengurangi infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh. Dengan demikian proses penyembuhan luka bisa menjadi cepat. Meski sehat, namun pemakaian bawang putih pada luka terbuka tidak boleh sembarangan.

Penggunaan bawang putih untuk mengobati luka harus dilakukan dengan cara yang tepat, dan tidak berlebihan. Biasanya beberapa orang akan menggunakan bawang putih mentah yang telah dihaluskan, kemudian dibungkus oleh perban dan ditempelkan pada luka.

Cara ini tak sepenuhnya salah, namun jika kita membiarkan bawang putih menempel teralu lama pada luka hal ini akan mengakibatkan kulit sekitar luka ikut melepuh dan menghitam.

Alih-alih menyembuhkan luka, pemakaian bawang putih pada luka yang tidak tepat justru akan menimbulkan permasalahan lain pada kulit. Terlebih jika Sobat memiliki alergi pada bawang putih.

Efek Samping Penggunaan Bawang Putih pada Luka

Dilansir dari lama alodokter.com, penggunaan bawang putih mentah pada luka jika terlalu lama akan menyebabkan iritasi kulit. Iritasi kulit yang disebabkan bawang putih ini dikenal juga dengan nama dermatitis kontak.

Kondisi ini diartikan sebagai sebuah peradangan pada kulit akibat kontak langsung dengan bahan atau zat yang menimbulkan reaksi alergi atau iritasi. Dermatitis kontak dapat memicu timbulnya keluhan seperti :

  • Perih, panas, dan gatal pada kulit area luka
  • Kemerahan pada kulit
  • Timbul bekas kehitaman pada kulit akibat inflamasi dari kulit yang melepuh

Tips Mengatasi Kulit Melepuh Karena Bawang Putih

Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter jika mengalami lepuhan kulit akibat penggunaan bawang putih pada luka. Sementara itu Sobat bisa melakukan beberapa hal sederhana ini di rumah untuk mengurangi gejala melepuh, antara lain :

  • Kompres bagian yang melepuh dengan kompres hangat untuk meredakan rasa nyeri
  • Gunakan gel yang bersifat menyejukkan untuk menenagkan kulit misalnya gel lidah buaya
  • Hindari menggaruk dan mengelupas kulit
  • Konsumsi paracetamol untuk membantu mengurangi rasa nyeri jika diperlukan

Ketika mengalami luka, sebaiknya Sobat melakukan perawatan yang tepat sesuai prosedur atau petunjuk dokter. Jika ingin menggunakan bahan-bahan alami pastikan dulu Sobat tidak memiliki alergi pada bahan tersebut.

Karena reaksi suatu bahan pada tiap orang berbeda-beda, belum tentu cocok dengan kondisi luka dan kesehatan tubuh kita. Namun jika tetap ingin mencoba bahan alami untuk obati luka,, baiknya konsultasikan dengan dokter dulu ya Sob, agar terhindar dari efek samping yang tidak baik.

shape
shape