shape

Jenis Tanaman ini Efektif Sembuhkan Luka

12 May 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Jenis Tanaman ini Efektif Sembuhkan Luka

Sobat Salam, Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yeng melimpah. Berbagai macam tanaman tumbuh subur di tanah air kita. Dan diantara banyaknya jenis tanaman yang tumbuh, ada beberapa tanaman yang dikenal ampuh sebagai obat penyembuh luka sejak dulu.

Tanaman ini dipilih sebagian orang untuk mengobati luka dan mengeringkan luka berair atau bernanah secara alami. Ada juga yang beranggapan menggunakan tanaman alami sebagai obat luka lebih efektif dan aman daripada menggunakan obat berbahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping yang kurang nyaman atau alergi dengan bahan tersebut.

Namun sayangnya, beberapa jenis tanaman obat ini mulai sulit ditemukan karena kurangnya perhatian dan budidaya. Sebenarnya jenis tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh dan dibudidayakan dipekarangan rumah.

5 Jenis Tanaman Obat Luka

Sobat Salam bisa mencoba untuk menanam tanaman ini dipekarangan rumah, agar Sobat bisa merasakan sendiri manfaat dari tanaman ini. Selain dipercaya baik bagi kesehatan, tanaman ini juga tak kalah efektif dengan obat antiseptik untuk menyembuhkan luka.

Berikut ini beberapa jenis tanaman yang efektif untuk sembuhkan luka, diantaranya :

Lidah Buaya

Tanaman bergerigi kecil di sisi sampingnya ini memang sudah terkenal dengan segudang manfaatnya dari dulu. Selain untuk kesehatan, tanaman ini juga sering dijadikan bahan alami untuk kecantikan kulit wajah dan rambut.

Hebatnya lagi tanaman hijau ini mengandung antibakteri yang mampu menangkal perkembangan jamur dan virus penyebab infeksi pada luka. Sobat bisa mendapatkan manfaatnya untuk luka bakar, luka robek, tertusuk benda tajam, lecet, dan luka melepuh karena air panas.

Cara pakainya juga mudah, Sobat bisa mengaplikasikan gel dalam tanaman ini langsung pada luka. Cairan gel dalam tanaman ini mempunyai sifat anti peradangan, dapat meningkatkan sirkulasi dalam darah dan menghambat pertumbuhan bakteri. Dengan begitu, luka yang Sobat alami dapat sembuh dengan cepat.

Pohon Yodium

Tanaman berwana merah pada bagian pucuknya ini mempunyai banyak kandungan yang efektif untuk menyembuhkan luka dan mencegah terjadinya infeksi. Pohon yodium ini dipercaya efektif mengobati luka lecet, luka lama atau koreng, dan luka bakar secara alami.

Sobat bisa mendapatkan manfaat dari tanaman ini dengan cara mengoleskan getahnya pada luka. Dengan begitu luka akan terhindar dari infeksi, selain itu bekas luka pun dapat tersamarkan oleh tanaman ini.

Cocor Bebek

Sobat Salam pasti merasa cukup asing dengan nama tanaman ini? Tanaman ini memang banyak ditemui di pedesaan. Warga pedesaan biasa menggunakan tanaman ini sebagai obat luka. Karena daun cocor beberk ini mempunyai manfaat sebagai anti inflamasi dan anti bakteri yang sangat baik untuk mengobati luka secara alami.

Cara penggunaanya cukup sederhana, Sobat cukup menghaluskan beberapa lembar daun dan mencampurkannya dengan sedikiit air. Setelah itu tempelkan pada luka yang ingin diobati sebanyak dua kali sehari pagi dan sore.

Tumbuhan Binahong

Pasti Sobat Salam tidak mengira jika tanaman ini punya manfaat yang hebat untuk menyembuhkan luka. Karena banyak yang menganggap daun binahong ini hanya tanaman liar yang menjalar di alam bebas. Nyatanya banyak orang yang telah merasakan manfaat daun binahong ini untuk menyembuhkan luka yang dialami.

Jika Sobat sedang berada di alam bebas seperti mendaki gunung atau sedang dalam hutan. Lalu mengalami cedera dan menimbulkan memar atau bengkak. Sobat bisa mendapatkan daun binahong ini sebagai obat alami.

Daun binahong ini punya kandungan anti infalamsi yang dapat meredakan memar. Selain ini ada kandungan antiseptik yang efektif mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi.

Sobat cukup mengaluskan daun ini dengan cara ditumbuk, setelah halus lalu bisa sobat balut dahulu kedalam kain kasa steril sebelum menempelkannya pada luka.

Pohon Talas

Selain daun binahong yang sering tumbuh di alam bebas, Sobat juga bisa menggunakan pohon talas sebagai obat luka yang juga tumbuh di alam bebas. Hebatnyo pohon talas ini memiliki kandungan senyawa flavonoid pada batang talas yang sangat ampuh menangkal bakteri penyebab luka.

Selain itu kandungan lainnya yang terdapat pada pohon talas adalah senyawa tanin yang terdapat pada bagian daun. Senyawa tannin pada pohon talas sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pendarahan pada luka berkat adstrigen yang memaksa pori-pori pada kulit mengecil.

Tak ketinggalan, kandungan anti inflamasi atau anti radang pada daun talas dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada luka.

Nah itu dia beberapa jenis tanaman yang bisa Sobat menfaatkan sebagai obat penyembuh luka terbuka maupun luka tertutup. Dengan catatan, Sobat tetap harus menjaga kebersihan luka dan peralatan sebelum melakukan perawatan luka menggunakan tanaman alami tersebut. Untuk menghindari kotoran atau bakteri yang ikut masuk ke dalam luka melalui tangan atau bahan-bahan perawatan luka.

shape
shape