shape

Kadir Srimulat Mengidap Sakit Jantung Selama 5 Tahun

03 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, kabar kurang sedap datang dari pelawak senior Kadir yang dikenal lewat leluconnya dalam Srimulat. Dikutip memalui aman Sonora.id, dikabarkan pelawak senior tersebut mengidap penyakit jantung selama 5 tahun.

Akibat dari penyakit yang dideritanya inilah yang akhirnya mengaharuskan Kadir terpaksa menjual rumahnya sampai 3 kali demi membiayai perawatan penyakitnya tersebut. Tidak hanya itu saja, berkat kegigihan beliau, ia berhasil membuka warung Soto Kudus meski sempat beberapa kali gagal membuka usaha kuliner.

Hal itu rela ia lakukan demi melawan penyakit jantung yang dialaminya semenjak 2001 silam. Pada saat itu pelawak yang sering disndingkan dengan Doyok ini mengaku tidak mempunyai biaya untuk membayar operasi pemasangan ring jantung.

Pemasangan ring jantung ini dianjurkan oleh dokter karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan ia terkena serangan jantung.

Apa itu Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung?

Penyakit penyumbatan pembuluh darah adalah penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah utama atau arteri coroner di jantung.

Pembuluh darah ini terletak tepat di atas otot jantung yang memiliki fungsi penting untuk memasok darah kaya oksigen ke otot jantung agar organ vital ini bisa terus memompa.

Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah di Jantung

Penyebabnya bisa berasal dari penumpukan plak atau zat yang terdiri atas kolesterol, lemak, produk limbah, kalsium, dan zat bekuan darah yang menumpuk di pembuluh darah jantung dan mengakibatkan penyempitan dan semakin kaku di saluran kecil tersebut.

Akan terjadi kerusakan pada pembuluh darah ini dapat mengakibatkan aliran darah ke otot jantung bisa terganggu dan penderitanya akan merasakan beberapa gejala penyakit.

Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung

Gejala ini baru akan dirasakan setelah mengalami serangan jantung, karena pada umumnya banyak orang yang tidak menyadarinya di tahap awal. Berikut gejala yang sering terjadi :

  1. Sesak dada seperti ditekan, panas seperti terbakar, mati rasa, seperti diremas, atau mirip ditusuk benda tumpul.
  2. Rasa tidak nyaman di dada menjalar ke bahu kiri, lengan, leher, punggung, atau rahang.
  3. Badan terasa lelah meski tidak banyak beraktivitas
  4. Pusing atau sakit kepala ringan
  5. Mual
  6. Badan sering lemas
  7. Nyeri ulu hati seperti asam lambung naik
  8. Cemas tanpa penyebab yang jelas
  9. Keluar keringat dingin

Pencegahan Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung

Ada sejumlah cara mencegah penymbatan pembuluh darah jantung. Berikut beberapa diantaranya :

  • Stop merokok dan hindari paparan asap rokok
  • Jaga tekanan darah, kolesterol, dan gula darah tetap normal
  • Aktif bergerak dan olahraga rutin minimal 2 kali sepekan
  • Jalani pola makan sehat seperti konsumsi buah, sayur, biji-bijian, batasi asupan garam dan gula, serta hindari konsumsi makanan berlemak jahat.
  • Atur berat badan agar selalu ideal
  • Kurangi dan kelola stress

Semoga dengan melakukan lengkah-langkah pencegahan di atas dapat melindungi diri kita dari penyakit berbahaya yang bisa berdampak fatal ini.

Sobat Salam mengalami gejala diatas? daripada khawatir mending langsung konsultasi dengan dokter kami, layanan prima 24/7 di rumah serta harga yang bersahabat loh Sob! Yuk cek layanannya disini!

shape
shape