shape

Kenapa Luka Harus Dirawat?

06 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Kenapa Luka Harus Dirawat?

Sobat Salam, semua orang pasti pernah mengalami luka, entah luka kecil maupun luka besar, seperti operasi, tidak sengaja terkena logam panas atau tajam, maupun luka yang disebabkan oleh penyakit dengan kondisi tertentu. Tahukah Sobat, kalau luka itu perlu dirawat loh! Kenapa ya?

Luka adalah cedera yang diakibatkan oleh hancurnya ikatan sel dan bisa mengakibatkan kerusakan sel. Perawatan luka merupakan suatu tindakan penting yang harus dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegahnya agar tidak terjadi infeksi yang tidak diinginkan pada luka.

Secara umum, luka dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni luka terbuka dan tertutup. Keduanya juga memiliki macam-macam luka lain yang dibedakan dari karakteristik dan penyebabnya.

Jenis Luka Berdasarkan Penyebabnya

Kenapa Luka Harus Dirawat?
Source : bp-guide.id

Dengan mengenali perbedaan jenis luka akan sangat membantu dalam menentukan cara perawatan luka yang tepat sesuai dengan jenisnya.

Secara medis, luka dibedakan berdasarkan penyebabnya yaitu, luka internal dan luka eksternal. Luka internal terjadi akibat gangguan yang berhubungan dengan beberapa sistem di dalam tubuh contohnya seperti neuropati yaitu kerusakan sistem saraf yang disebabkan oleh tingginya kadar gula.

Sementara luka eksternal yaitu luka yang disebabkan oleh faktor luar tubuh atau berkaitan dengan lingkungan. Nah dari jenis luka ini dapat berupa luka terbuka dan tertutup.

1. Jenis-jenis Luka Terbuka

  • Lecet (abrasi). Luka lecet biasanya terjadi karena adanya antara kulit dengan permukaan yang kasar atau keras.
  • Robek (laserasi). Luka robek disebabkan oleh kecelakaan ketika menggunakan peralatan tajam.
  • Tertusuk (puncture wound). Jenis luka ini biasanya disebabkan oleh benda tajam yang runcing.
  • Luka Terbakar. Luka bakar bisa diakibatkan karena paparan dari benda dengan suhu panas yang tinggi, terjadi kontak dengan api, dan paparan sinar matahari.
  • Inisisi atau luka operasi. Jenis luka ini muncul akibat proses pembedahan atau operasi. Luka sayatan saat operasi bisa bervariasi ukurannya tergantung pada jenis operasi yang dijalani.

2. Jenis-jenis Luka Tertutup

  • Konstusio. Jenis luka ini adalah lika yang disebabkan adanya benturan dari benda tumpul yang merusak pembuluh darah kecil, kapiler, otot, dan jaringan di bawahnya. Kemunculannya ditandai dengan memar berwarna kemerahan hingga biru keunguan di area yang terdampak.
  • Hematoma. Penyebab luka ini sama halnya dengan yang terjadi pada luka konstusio yang disebabkan oleh benturan hingga mengakibatkan gangguan pada pembuluh darah kecil. Namun bedanya pada luka hematoma ini terdapat benjolan kenyal.
  • Crush Injury. Merupakan luka tertutup yang terjadi ketika bagian tubuh terhimpit di antara dua benda yang berat. Bentuk luka yang muncul berupa memar kecil, hingga yang paling berat dapat mengakibatkan kerusakan bagian tubuh.

Macam-macam Luka (berdasarkan tingkat keparahannya)

Kenapa Luka Harus Dirawat?
Source : sehatq.com
  • Superficial. Yaitu luka yang hanya mengenai epidermis dan cenderung ringan
  • Partial Thickness. Yaitu luka yang mengakibatkan hilangnya lapisan epidermis berikut juga jaringan lapisan kulit di bawahnya.
  • Full Thickness. Yaitu luka yang sudah meliputi hypodermis pada struktur kulit yang meliputi, kulit lemak, kelenjar keringat, dan sel kolagen.
  • Deep and Complicated. Yaitu luka yang sudah lebih dalam sehingga mencapai lapisan otot, tulang, bahkan organ tubuh.

Cara Perawatan Luka

Kenapa Luka Harus Dirawat?
Source : hellosehat.com

Perawatan pada jenis luka terbuka pada dasarnya sama, sebelum menyentuh luka ada baiknya memastikan kehigienisan peralatan dan pastikan luka bersih dari kotoran apapun. Namun pada beberapa luka ada yang sebaiknya tidak diperban, dan ada pula yang harus segera diperban untuk menghindari infeksi.

Sedangkan pada jenis luka tertutup, bisa juga terjadi risiko di dalam tubuh yang seringkali tidak disadari gejalanya. Biasanya baru terasa ketika keadaannya sudah semakin parah. Bahayanya, luka tertutup yang terjadi dapat merusak pembuluh darah yang jika tidak di rawat dengan tepat justru akan membawa risiko penyakit lainnya.

Meski luka yang dialami cenderung ringan, Sobat harus tetap berhati-hati akan risiko infeksi jika tidak dirawat dengan benar. Infeksi akan menimbulkan masalah berbahaya seperti penyakit tetanus, selulitis, atau sepsis.

Sebaiknya meminta bantuan tenaga ahli untuk merawat luka agar mendapatkan penanganan yang tepat. Mau dapat pertolongan perawatan luka yang efektif, pemesanan cepat, bisa dipanggil ke rumah dengan harga yang terjangkau? Ya Layanan Perawatan Luka Salam Homecare Solusinya! Khusus bulan ini juga ada promo menarik loh, yuk cek promonya dibawah ini Sob!

shape
shape