shape

Ketiak Sering Gatal dan Bruntusan? Bisa jadi ini Penyebabnya

02 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Ketiak Sering Gatal dan Bruntusan? Bisa jadi ini Penyebabnya

Sobat Salam, meskipun berada di tempat yang tertutup, kesehatan kulit ketiak tetap harus terjaga. Ketiak merupakan salah satu area tubuh yang paling hangat dan lembap. Maka tak jarang, permasalahan kulit pada ketiak yang sering dijumpai adalah ketiak gatal.

Ketiak gatal tentu bisa menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman, bahkan hingga menganggu konsentrasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ketiak gatal umumnya disebabkan oleh kurang bersihnya ketiak dan biasanya dapat mereda dengan sendirinya.

Penyebab Ketiak Gatal

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa jadi kemungkinan penyebab ketiak gatal, di antaranya :

1. Eksim

Area lipatan kulit, seperti ketiak merupakan bagian tubuh yang paling rentan terkena eksim. Eksim pada ketiak ditandai dengan munculnya rasa gatal, kemerahan, dan kulit ketiak yang kering atau berkerak.

2. Dermatitis seboroik

Ketiak gatal juga bisa disebabkan oleh dermatitis seboroik. Kondisi ini biasanya dipicu oleh produksi minyak kulit yang berlebih. Selain itu, dermatitis seboroik juga dapat diakibatkan oleh kombinasi berbagai faktor, seperti udara kering dan dingin, gangguan kesehatan dan penggunaan obat tertentu, serta stres.

Dematitis seboroik pada ketiak tidak hanya ditandai dengan munculnya rasa gatal, tapi juga menyebabkan kulit ketiak bersisik, munculnya serpihan berwarna putih atau kuning seperti ketombe, hingga kemerahan pada kulit.

3. Dermatitis kontak

Kondisi ini biasanya dipicu kontak kulit ketiak langsung dengan bahan tertentu, sehingga menyebabkan kulit gatal, kemerahan, melepuh, kering, dan pecah-pecah.

Dermatitis kontak di ketiak dapat disebabkan oleh penggunaan losion, deodoran, minyak wangi, bahan tertentu dari pakaian yang dikenakan, hingga penggunaan deterjen yang dipakai untuk mencuci baju.

4. Infeksi Jamur

Ketiak gatal dapat disebabkan oleh adanya infeksi jamur. Selain memicu rasa gatal, kondisi ini juga dapat menyebabkan munculnya ruam kemerahan dan pembengkakan.

Risiko seseorang mengalami ketiak gatal karena infeksi jamur dapat meningkat jika orang tersebut kurang menjaga kebersihan, sering mengenakan pakaian ketat, atau beraktivitas dalam cuaca panas.

5. Psoriasis

Ketiak gatal bisa juga disebabkan oleh psoriasis. Psoriasis adalah salah satu penyakit autoimun yang bisa menyebabkan keluhan pada kulit. Penyakit autoimun ini ditandai dengan penebalan kulit berwarna kemerahan dengan sisik berwarna putih bersih yang mudah mengelupas.

6. Intertrigo

Intertrigo ditandai dengan adanya ruam pada lipatan tubuh yang disebabkan oleh peradangan, baik karena infeksi maupun iritasi. Intertrigo pada ketiak dapat menyebabkan ketiak gatal, kemerahan, dan perih.

Orang yang obesitas, menderita diabetes, dan merokok, lebih berisiko untuk terkena intertrigo, tak terkecuali intertrigo pada ketiak.

7. Hidradenitis supppurativa

Hidradenitis suppurativa bisa menjadi penyebab dari ketiak gatal. Selain memicu munculnya rasa gatal, kondisi ini juga menyebabkan munculnya benjolan di tempat tumbuhnya rambut ketiak. Benjolan yang mirip seperti bisul dan komedo ini dapat menghilang, pecah atau mengeluarkan nanah.

Cara Meredakan Ketiak Gatal

Saat ketiak gatas, memang paling enak digaruk ya, Sob. Tapi harus ditahan dulu, agar terhindar dari infeksi. Daripada menggaruknya, lebih baik lakukan tindakan berikut ini :

  • Tepuk atau cubit area yang gatal secara lembut dan perlahan saja ya Sob, untuk mengurangi rasa gatal yang tak terhankan.
  • Kompres ketiak yang gatal dengan kompres dingin, sekitar 5–10 menit atau hingga rasa gatal mereda.
  • Mandi menggunakan air hangat.
  • Oleskan pelembap yang tidak mengandung pewangi atau krim antigatal yang dijual bebas.
  • Hindari mencukur area ketiak selama ada keluhan ketiak gatal.
  • Hentikan pemakaian deodorant yang dapat memicu gatal pada ketiak.

Jika Sobat sudah melakukan cara di atas namun kondisi gatal pada ketiak tidak mereda dan malah semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ya.

Baca Juga Tidak hanya Orang Dewasa, Eksim juga Rentan Dialami Bayi

shape
shape