shape

Keutamaan Cuci Muka Pakai Air Dingin

01 May 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Keutamaan Cuci Muka Pakai Air Dingin

Sobat Salam, mencuci wajah merupakan rutinitas harian yang waji dilakukan dalam perawatan kulit wajah agar tetap sehat. Air menjadi komponen utama yang bisa menjadi salah satu faktor kulit wajah tetap terjaga kesehatannya.

Mencuci wajah menggunakan air dingin tidak hanya memberikan sesasi rasa segar saja. Ternyata mencuci wajah dengan air dingin memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Apa manfaat air dingin untuk wajah?

Adapun berbagai manfaat air dingin untuk wajah yang bisa diperoleh saat mencuci muka, yaitu :

1. Menyegarkan wajah

Salah satu manfaat air dingin untuk wajah adalah menyegarkan wajah. Sensasi segar ini bisa dirasakan saat mencuci muka di pagi hari atau setelah beraktivitas seharian.

2. Meredakan wajah membengkak

Manfaat air dingin untuk wajah ternyata dapat meredakan wajah membengkak yang kerap kali dialami setelah bangun tidur. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat tekanan dan proses regenerasi kulit yang dialami selama tidur sepanjang malam. Mencuci muka dengan air dingin dapat meredakan wajah membengkak dengan cepat.

3. Mengecilkan pori-pori kulit

Sensasi segar dari air dingin juga dapat memberika efek tampilan pori-pori yang lebih mengecil. Meskipun untuk mengecilkan pori-pori memerlukan seragkaian perawatan khusus. Namun dengan rutin mencuci muka memakai air dingin setidaknya dapat membantu menyamarkan tampilan pori-pori di kulit wajah.

4. Mengurangi minyak di wajah

Manfaat mencuci muka dengan air dingin juga dapat mengurangi produksi minyak alami atau sebum di wajah. Dengan demikian, wajah tidak semakin berminyak dan pori-pori bisa lebih kecil.

5. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Manfaat air dingin untuk wajah berikutnya adalah memperlambat tanda-tanda penuaan, terutama munculnya keriput.

6. Membuat make up lebih tahan lama

Manfaat air dingin untuk wajah saat mencuci muka bisa dilakukan untuk menjaga riasan wajah atau make up agar lebih tahan lama. Sobat bisa melakukannya saat merias wajah sebelum pergi beraktivitas.

7. Meredakan rasa gatal pada wajah

Seorang ahli kulit mengungkapkan bahwa manfaat air dingin untuk wajah dapat meredakan rasa gatal pada wajah. Langkah ini juga berlaku bila sedang mengalami gatal-gatal pada kulit tubuh lainnya. Sobat bisa mandi air dingin untuk mencegah keinginan untuk menggaruk area kulit yang gatal.

8. Membuat wajah lebih glowing

Air dingin diketahui dapat mengencangkan dan membatasi aliran darah yang akhirnya membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan sehat. Tidak seperti air panas, manfaat air dingin untuk wajah tidak dapat mengeringkan sebum pada kulit yang bekerja sebagai pelumas alami pada kulit. Hal inilah yang mampu membuatnya menjadikan wajah glowing.

Nah iu dia beberapa manfaat dan kelebihan dari memcuci wajah menggunakan air dingin. untuk tampilan kulit yang lebih sehat maksimal, Sobat juga perlu mendukungnya dari dalam dengan pola makan serta pola hidup sehat. Sedangkan perawatan dari luar untuk selalu menggunakan rangkaian produk perawatan sesuai jenis kulit.

shape
shape