shape

Komplikasi Legionellosis Dapat Sebabkan Kematian

29 September 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Komplikasi Legionellosis Dapat Sebabkan Kematian

Sobat Salam, Kemenkes telah memperingatkan risiko penyakit legionellosis di Indonesia. Apalagi di tengah pandemi covid yang masih terjadi.

Mengutip laman Kemenkes, legionellosis adalah istilah umum untuk penyakit Legionnaires dan Pontiac Fever. Legionnaires ditandai dengan pneumonia dan dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ini timbul akibat pemakaian sistem pendingin sentral, alat pelembab ruangan, sistem air panas dan shower, kolam spa, whirlpool, alat bantu pernafasan, pekerja pembersih cooling tower yang terkontaminasi dengan legionella spp, terutama pada alat yang telah lama tidak terpakai.

Penyakit ini disebabkan paparan spesies bakteri Legionella yang ditemukan dalam air yang terkontaminasi.
Legionella pneumophila yang ditularkan melalui air dan kasus ini sudah dikategorikan wabah.

Legionella pneumophila dan spesies terkait biasanya ditemukan di danau, sungai, anak sungai, mata air panas, dan badan air lainnya.

Gejala Legionnaires

Penyakit Legionnaires yang sebabkan pneumonia, memiliki masa inkubasi 2 – 10 hari (tetapi sampai 16 hari telah dicatat dalam beberapa wabah). Bakteri ini bisa hidup pada suhu antara 5,7 – 63 derajat celcius dan tumbuh subur pada suhu antara 30-45 derajat celcius, dan mampu hidup pada pH 2,7 – 8,3 serta mati pada kondisi tubuh suhu diatas 60 derajat celcius

Awalnya, gejalanya adalah demam, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, malaise dan lesu. Beberapa pasien mungkin juga mengalami nyeri otot, diare, dan kebingungan.

Biasanya juga ada batuk ringan awal, tetapi sebanyak 50% pasien dapat berdahak. Dahak berlumuran darah atau hemoptisis terjadi pada sekitar sepertiga pasien.

Tingkat keparahan penyakit berkisar dari batuk ringan hingga pneumonia yang cepat fatal. Kematian terjadi melalui pneumonia progresif dengan gagal napas dan/atau syok dan kegagalan multi-organ.

Komplikasi Penyakit Legionnaires

Legionnaires merupakan penyakit radang paru-paru parah yang memerlukan penanganan medis. Bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, mungkin saja akan berpotensi mengalami sejumlah komplikasi berikut :

1. Gangguan Sistem Pernapasan
Ketika paru-paru tidak mendapat cukup asupan oksigen dari darah, sistem pernapasan akan terganggu. Untuk membantu bernapas, beberapa pengidapnya mungkin memerlukan ventilator.

2. Gagal Ginjal Akut
Penyakit ini dapat menyebabkan gagal ginjal akut. Ketika ginjal berhenti bekerja, tubuh tidak bisa menyaring darah dari kotoran-kotoran yang ada di dalamnya.

3. Ensefalopati
Penyakit ini merupakan kondisi ketika otak dan sistem saraf tidak bekerja dengan baik. Kondisi ini dapat membuat kehilangan keseimbangan, sulit berbicara, dan merasa kebingungan.

4. Empiema
Ketika infeksi bakteri pada paru-paru tidak segera diobati, kondisi tersebut dapat menyebabkan empiema. Empiema mengakibatkan munculnya nanah di dalam rongga sekitar paru-paru.

5. Peradangan Pada Jantung
Infeksi bakteri akibat penyakit Legionnaires dapat menyebar ke organ lain, termasuk jantung. Apabila dibiarkan begitu saja, kondisi tersebut berpotensi mengakibatkan peradangan pada jantung.

6. Rhabdomyolysis
Rhabdomyolysis terjadi ketika otot mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, semua racun yang ada dalam tubuh perlu dikeluarkan.

Dalam beberapa kasus, penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Cara Mencegah Penyakit Legionnaires

Cara mencegah penyakit ini bisa dengan menerapkan pola hidup sehat. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok dapat meningkatkan risiko infeksi.

Selain itu, upaya pencegahan juga bisa dilakukan dengan membersihkan saluran air dan udara dengan desinfektan. Bersihkan juga tempat-tempat bakteri legionella hidup secara berkala.

Jika Sobat merasakan gejala seperti diatas, dan ingin mendapatkan penanganan medis/konsultasi dokter secepatnya, Layanan Dokter Ke Rumah Salam Homecare siap ke rumah Sobat! Dokter dan perawat kami siap 24/7 untuk Sobat, baik secara telemedis maupun langsung datang ke rumah! Meskipun homeservice, harganya tetap terjangkau loh. Apalagi khusus bulan ini juga ada promo menarik, yuk cek promonya dibawah ini sekarang!

shape
shape