shape

Kulit Kaki Pecah-pecah Bikin gak nyaman? Begini Cara Mengatasinya

04 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Kulit Kaki Pecah-pecah Bikin gak nyaman? Begini Cara Mengatasinya

Sobat Salam, permasalahan kulit kaki pecah-pecah, terkadang membuat kebanyakan orang menjadi kurang percaya diri ketika harus bertelanjang kaki. Selain itu, permukaan kulit yang kasar seringkali membuat tidak nyaman ketika bergesekan dengan kulit lainnya.

Masalah kulit kaki pecah-pecah memang bukan permasalahan kulit yang berbahaya. Namun dalam beberapa kasus, kulit kaki pecah-pecah dapat menjadi sangat dalam dan menyebabkan rasa sakit.

Penyebab Kulit Kaki Pecah-pecah

Selain menyebabkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit jika tidak segera diatasi, kaki pecah-pecah juga mengganggu penampilan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Sobat Salam lakukan untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah, di antaranya :

1. Kondisi Medis

Diabetes, hipotiroidisme, dan malnutrisi adalah beberapa kondisi medis yang umumnya membuat kulit kering, termasuk menjadi penyebab kaki pecah-pecah.

Selain itu, kondisi yang menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan dalam menyerap nutrisi dan cairan, seperti penyakit crohn atau penyakit seliaka, juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan asam lemak esensial.

2. Sepatu Hak Tinggi

Pemakaian sepatu hak tinggi jug bisa memicu kulit kaki pecah-pecah. Hal ini karena sepatu hak tinggi mempunyai tekanan yang berat menekan tumit.

3. Variasi Suhu

Ternyata paparan suhu juga dapat mempengaruhi kondisi kulit kaki. Suhu yang terlalu dingin membuat kulit kaki pecah-pecah dikarenakan suhu dan kelembapan udara yang rendah. Juga perubahan panas dan kelembapan kulit dapat menyebabkan penebalan pada lapisan kulit.

4. Alas Kaki yang Salah

Sepatu tanpa punggung kaki yang tepat, sandal terbuka, serta jenis alas kaki yang serupa, dapat menyebabkan atau memperburuk retakan atau kaki yang pecah-pecah. Hal ini dikarenakan hanya sedikit yang bisa menahan bantalan lemak di tumit kaki, tempat ketika tekanan diberikan padanya.

Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan peningkatan tonjolan lateral pada jaringan lemak dan meningkatkan tekanan pada kulit kering yang menebal di sisi tumit.

5. Berdiri dalam Waktu Lama

Ketika sering berdiri untuk waktu yang sangat lama di lantai yang keras, hal tersebut dapat menjadi sumber penyebab pecah-pecah. Risiko ini dapat diminimalkan dengan menggunakan alas kaki yang empuk di tumit dan area sol untuk memberikan dukungan tambahan.

6. Usia

Pada orang lanjut usia, perubahan hormon dan metabolisme dari waktu ke waktu menurunkan pergantian sel kulit. Penuaan juga bisa menghasilkan penebalan lapisan terluar kulit yang dikenal sebagai stratum corneum.

Seiring bertambahnya usia, bantalan lemak pelindung di telapak kaki semakin menipis. Hilangnya bantalan ini di tumit dan bola kaki dapat meningkatkan stres kulit, yang menyebabkan kaki pecah dan kapalan.

Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah dan Kering

Ada beberapa cara untuk kaki pecah-pecah dan kering yang bisa diakukan. Berikut di antaranya :

1. Krim Kaki

Cara mengatasi kaki pecah-pecah dan kering yang pertama adalah dengan krim kaki. Krim kaki dapat membantu memberikan kelembapan untuk mencegah rasa sakit, perdarahan, hingga infeksi.

Carilah krim kaki yang kaya pelembap atau bahkan terasa berminyak untuk dioleskan pada kaki pecah-pecah dan kering. Sobat dapat melakukannya segera setelah mandi untuk penyerapan terbaik.

2. Petroleum Jelly

Petroleum jelly menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kelembapan pada kulit kaki yang pecah-pecah. Cobalah untuk melapisi kaki dengan petroleum jelly di malam hari sebelum tidur, dan biarkan meresap semalaman saat tidur.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sering direkomendasikan untuk mengobati kulit kering, eksim, dan psoriasis. Hal ini karena minyak kelapa dapat membantu kulit dalam mempertahankan kelembabannya. Menggunakan minyak kelapa setelah kaki direndam dapat menjadi pilihan yang baik.

Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dari minyak kelapa bisa mengatasi kulit kaki pecah-pecah yang rentan terhadap perdarahan atau infeksi.

4. Madu

Cara mengatasi kaki pecah-pecah dan kering yang lainnya adalah dengan madu. Madu dapat bekerja sebagai obat alami untuk kulit kaki pecah-pecah. Madu juga diketahui memiliki sifat antimikroba dan antibakteri.

Hal tersebut membuatnya dapat membantu menyembuhkan dan membersihkan luka, serta melembapkan kulit. Sobat bisa menggunakan madu sebagai scrub kaki setelah berendam atau mengoleskannya sebagai masker kaki semalaman.

5. Shea Butter

Shea butter merupakan bahan alami yang memiliki sifat pelembab dan penyembuhan. Hal ini karena Shea butter kaya akan vitamin A dan E serta lemak yang menjadikannya agen pelembab kulit yang sangat baik.

Minyak yang terkandung dalam shea butter cepat diserap ke dalam kulit kaki. Penelitian pun telah membuktikan bahwa shea butter memiliki sifat antiinflamasi, mengurangi kemerahan pada kaki pecah-pecah dan kering.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi kaki pecah-pecah yang bisa Sobat Salam lakukan di rumah dengan mudah.

shape
shape