shape

Kulit Tangan Alergi Detergen? Jangan Panik dulu ya

16 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Kulit Tangan Alergi Detergen? Jangan Panik dulu ya

Pernahkah Sobat Salam mengalami kulit tangan gatal setelah mencuci pakaian? Bisa jadi kamu mengalami alergi pada detergen yang digunakan untuk mencuci pakaian. Jika mencuci pakai tangan dengan detergen memang tidak semua orang cocok dengan bahan yang terkandung dalam detergen.

Pada beberapa kasus ada yang tidak tahan dengan detergen. Sehingga tangannya memerah, khusunya di bagian sela-sela jari. Dikutip dari Healthline, alergi detergen dapat berkembang saat pertama kali terpapar detergen atau paparan berulang kali.

Penyebab alergi detergen

Beberapa penyebab alergi detergen cuci pakaian yang mungkin terjadi, antara lain :

1. Kandungan zat dalam detergen

Salah satu penyebab alergi detergen pada tangan adalah kandungan zat di dalamnya. Alergi detergen untuk mencuci kain pakaian mengandung berbagai bahan yang berpotensi dapat menyebabkan iritasi kulit. Umumnya, detergen mengandung beberapa jenis surfaktan atau zat penggerak permukaan.

Kandungan surfaktan yang keras sering kali menyebabkan iritasi, terutama pada orang dengan kulit sensitif. Selain surfaktan, zat detergen yang dapat memicu ruam dan iritasi pada kulit adalah parfum atau zat wewangian.

2. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah kondisi kulit iritasi yang menyebabkan ruam dan peradangan pada kulit. Penyakit ini biasanya terjadi saat tangan menyentuh benda yang menyebabkan iritasi, seperti sabun detergen, tanaman, atau logam.

Ciri-ciri alergi detergen

Ciri alergi sabun cuci baju mungkin muncul secara langsung atau beberapa jam kemudian setelah menyentuh pakaian yang dicuci dengan detergen. Berbagai ciri-ciri alergi detergen pada tangan adalah sebagai berikut :

  • Ruam merah
  • Bercak kulit bersisik
  • Kulit kering atau pecah-pecah
  • Rasa gatal ringan hingga berat
  • Kulit terasa lembut
  • Sensasi kulit terasa terbakar
  • Kulit membengkak
  • Muncul lepuhan kulit yang merembes atau mengeras

Cara mengatasi alergi detergen

Setelah menemukan penyebab alergi, hindari menggunakan produk detergen tersebut. Selain itu, Sobat juga bisa melakukan beberapa cara mengatasi alergi detergen berikut ini :

1. Gunakan kompres air dingin

Langkah ini bertujuan untuk menenangkan kulit yang mengalami peradangan. Caranya, basahi handuk atau kain bersih dengan air dingin, peras airnya, lalu tempelkan pada area kulit yang meradang.

2. Mandi oatmeal

Mandi oatmeal bertujuan untuk mengurangi rasa gatal dan menenangkan kulit yang meradang. Caranya, gunakan bubuk oatmeal yang sudah dihaluskan dengan blender.

Lalu, taburkan ke dalam bak mandi berisi air. Sobat dapat menggunakannya untuk berendam dalam bak tersebut selama 15 menit.

3. Minum obat antihistamin

Cara mengatasi alergi sabun cuci baju yang ampuh berikutnya adalah minum obat antihistamin. Sobat bisa mendapatkan obat antihistamin yang dijual bebas di apotek untuk menghentikan reaksi alergi yang muncul.

4. Gunakan krim antigatal

Salep untuk alergi detergen ini berfungsi menenangkan kulit yang gatal sehingga mencegah untuk tidak menggaruk kulit lebih lanjut yang berpotensi menimbulkan rasa gatal semakin parah.

5. Pakai krim steroid

Selain minum obat antihistamin, mengoleskan krim steroid dengan kandungan hidrokortison minimal 1 persen juga menjadi salep untuk alergi detergen lainnya. Krim steroid dapat membantu meringankan rasa gatal dan peradangan yang muncul sebagai alergi detergen.

Semoga beberapa cara di atas dapat bermanfaat untuk mengatasi kulit yang alergi terhadap detergen. Namun apabila gejalanya tidak mereda, sebaiknya segera hubungi dokter ya.

shape
shape