shape

Sebelum Suntik Vitamin C, Cari Tahu Dulu Manfaat dan Efek Sampingnya

09 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Sebelum Suntik Vitamin C, Cari Tahu Dulu Manfaat dan Efek Sampingnya

Sobat Salam, tubuh kita membutuhkan vitamin untuk menjaga badan agar tetap sehat. Salah satu vitamin yang penting bagi tubuh adalah vitamin C. Vitamin C berguna sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

Sumber vitamin C yang baik bisa Sobat dapatkan dalam buah-buahan dan sayuran. Sobat juga bisa mendapatkan asupan vitamin C ini dari suplemen minum, atau jika ingin mendapatkannya secara instant dan cepat terserap tubuh dapat juga menggunakan suntik vitamin C.

Apa itu Suntik Vitamin C?

Sebelum Suntik Vitamin C, Cari Tahu Dulu Yuk Manfaat dan Efek Sampingnya
Source : orami.co.id

Suntik vitamin C adalah metode perawatan kulit dengan menyuntikkan cairan vitamin C ke dalam tubuh. Cairan yang disuntikkan bisa dengan dua acara, yaitu dengan menyuntikan di bawah kulit melalui otot dan menyuntikkan lewat pembuluh darah.

Metode suntik vitamin C ini sedang populer dikalangan wanita. Umumnya mereka menggunakan metode suntik vitamin C ini untuk kecantikan. Hal itu karena kandungan vitamin C ini dipercaya dapat memutihkan dan merawat kesehatan kulit.

Berapa Dosis yang Dibutuhkan untuk Sekali Suntik Vitamin C?

Pada orang dewasa, rata-rata dosis yang dibutuhkan untuk menyuntikkan vitamin C ke dalam tubuh yaitu sekitar 70-150 miligram. Sementara jika Sobat mengalami kekurangan vitamin C, maka kebutuhan dosisnya bisa dinaikkan. Dosis harian pada orang yang kekurangan vitamin C adalah 300 miligram sampai 1 gram.

Apa Manfaat Suntik Vitamin C?

Sebelum Suntik Vitamin C, Cari Tahu Dulu Yuk Manfaat dan Efek Sampingnya
Source : lifepal.co.id

Sebelum Sobat memutuskan untuk suntik vitamin C ada baiknya Sobat mengetahui manfaat serta efek samping dari suntik vitamin C. Berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan dari suntik vitamin C :

1. Menangani Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C tentunya akan mengakibatkan beberapa permasalah kesehatan. Jika Sobat mengalami kekurangan vitamin C, Sobat bisa berpotensi mengalami gusi berdarah, radang gusi, sampai melemahnya kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap vitamin C melalui konsumsi makanan.

Maka dari itu jika mengalami kekurangan vitamin C, Sobat disarankan untuk melakukan suntik vitamin C ini. Jadi kebutuhan harian vitamin C Sobat akan tetap terpenuhi dan kesehatan tetap terjaga.

2. Merawat Kulit

Antioksidan dalam vitamin C ini sangat bagus untuk merawat kesehatan kulit. Selain itu antioksidan juga berperan dalam menangkal radikal bebas yang dapat membuat penuaan dini pada kulit.

Dengan suntik vitamin C ini dipercaya dapat membantu sel-sel dalam tubuh meregenerasi sel-sel kulit. Selain itu suntik vitamin C ini manfaatnya sama dengan penggunaan vitamin C yang dioles ke kulit. Yaitu dapat membantu merawat kulit keriput atau pun kemerahan.

3. Membantu Pembentukan Kolagen

Dalam vitamin C ini terdapat kandungan asam askorbat yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen serta perbaikan jaringan. Kolagen biasanya terdapat pada kulit, otot, tendon, dan tulang.

Kolagen ini berfungsi untuk menguatkan struktur tubuh. Maka dari itu jika seseorang mengalami kekurangan vitamin C, dapat berisiko pada struktur kolagen. Kondisi ini bisa menyebebkan kelainan pada tulang juga pembuluh darah.

4. Mengahambat Sel Kanker

Sel kanker adalah sel tubuh yang berkembang secara abnormal atau mengalami kegagalan perkembangan yang salah satu penyebabnya adalah karena paparan radikal bebas. Suntik vitamin C dalam dosis tinggi dapat mengurangi perkembangan tumor otak, tumor pada indung telur, dan tumor pankreas. Karena antioksidan dalam vitamin C lah yang dapat menangkal radikal bebas.

Efek Samping Suntik Vitamin C

Sebelum Suntik Vitamin C, Cari Tahu Dulu Yuk Manfaat dan Efek Sampingnya
Source : anlene.com

Karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, tak jarang membuat orang melakukan suntik vitamin C ini secara berlebihan dan dengan dosis yang tidak terukur.

Meski vitamin C ini mempunyai manfaat yang baik, namun jika penggunaannya tidak dilakukan oleh tenaga medis justru akan mendatangkan efek samping yang kurang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa efek sampingnya :

  • Diabetes

Dosis vitamin C yang tidak sesuai dengan kebutuhan harian tubuh dapat meningkatkan glukosa darah di dalam tubuh. Suntik vitamin C sangat tidak disarankan bagi seseorang yang mengalami diabetes, karena dapat menaikkan tekanan gula darah.

  • Menoupause dini

Suntikan vitamin C mempunyai tujuan untuk membuat kulit cerah. Tetapi pemakaian yang terus menerus secara berlebihan dapat berdampak buruk kedepannya. Salah satunya adalah menopause dini pada wanita yang mungkin saja terjadi lebih cepat dari seharusnya.

  • Membebani kinerja ginjal

Jika terlalu sering menyuntikan vitamin C secara berlebihan akan membuat kinerja ginjal tidak berfungsi secara optimal. Fungsi ginjal akan menurun dan dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Nah itu dia beberapa manfaat yang bisa Sobat dapatkan jika melakukan suntik vitamin C. Meskipun banyak dilakukan oleh orang kerena manfaatnya yang baik bagi kesehatan, namun jika Sobat ingin mencobanya disarankan untuk dilakukan oleh tenaga ahli ya Sob. Hal ini agar Sobat bisa mendapatkan asupan dosis vitamin C secara tepat dan aman serta terhindar dari bahaya dampak efek sampingnya.

Mau suntik vitamin C yang aman oleh tenaga medis profesional, tapi dengan harga terjangkau? Tapi tidak mau keluar repot antri panas-panasan keluar rumah? Layanan Suntik dan Infus Vitamin C Salam Homecare solusinya! Khusus bulan ini ada promo menarik loh, yuk cek promonya dibawah ya!

shape
shape