shape

Manfaat dan Risiko Metode Sunat Laser

02 September 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Manfaat dan Risiko Metode Sunat Laser

Sobat Salam, seperti yang kita ketahui sunat adalah tindakan medis untuk membuang kulit yang berada pada ujung penis. Selain karena alasan keagamaan maupun tradisi, sunat memiliki manfaat bagi kesehatan.

Sunat laser sering menjadi pilihan orang tua untuk si Kecil, dengan alasan bahwa metode ini tidak sakit dan lebih cepat sembuh dibanding metode tradisional. Sebelum memutuskan untuk melakukan metode sunat laser, ada baiknya kita mengetahui apa saja manfaat dan risikonya bagi si Kecil.

Apa Itu Sunat Laser?

Manfaat dan Risiko Metode Sunat Laser
Source : shopee.com

Sunat laser pada metode khitan merupakan salah satu metode sunat modern. Prosedur sunat laser ini umumnya menggunakan alat bernama electro cauter.

Electro cauter adalah alat berbentuk seperti pulpen dengan dua buah lempeng kawat di ujungnya yang saling berhubungan. Penggunaan electro cauter dalam sunat laser dilakukan dengan cara mengaliri alat tersebut dengan listrik.

Kedua ujungnya kemudian akan menjadi panas dan memerah, sehingga bisa digunakan untuk memotong kulit kulup dalam prosedur sirkumsisi.

Penggunaan panas inilah yang kemudian menyebabkan kulup dapat terpotong tanpa atau minim perdarahan pada penis.

Pasalnya setelah kulit dipotong, luka pada area yang disunat akan langsung menutup dan darah yang berada di sekitarnya membeku.

Selain itu, proses sunat laser juga tidak akan menimbulkan sakit karena pengaruh anestesi yang diberikan sebelumnya pada pasien.

Meskipun demikian, bukan berarti sunat yang dilakukan dengan cara ini tidak perlu dijahit. Jahitan tetap perlu dilakukan untuk merapikan hasil sunat laser dan mempercepat proses penyembuhan lukanya. Bukan hanya anak-anak, khitan laser juga bisa dilakukan untuk dewasa.

Apa Keunggulan Sunat Laser?

Manfaat dan Risiko Metode Sunat Laser
Source : wartakota.tribunnews.com

1. Waktu pengerjaan relatif cepat

Dibanding sunat tradisional ataupun konvensional, metode laser memang memiliki keunggulan. Berikut adalah keunggulan dari metode sunat yang satu ini :

  • Cocok digunakan sebagai metode sunat untuk anak-anak, termasuk yang berusia di bawah 3 tahun karena pembuluh darah mereka masih sangat kecil.
  • Metode sunat yang tidak sakit (di bawah pengaruh anestesi)
  • Minim pembengkakan setelah kulup dihilangkan
  • Risiko terjadinya perdarahan kecil karena menggunakan alat pemanas (bukan benda tajam).
  • Waktu pengerjaan relatif lebih cepat sekitar 20-30 menit
  • Waktu penyembuhan juga relatif lebih cepat.

Apa Risiko Sunat Laser?

Manfaat dan Risiko Metode Sunat Laser
Source : gaya.tempo.co

Meskipun demikian, metode laser juga memiliki risiko efek samping. Berikut adalah efek samping sunat laser yang dapat terjadi :

  • Kulup dapat menutup kembali bila dipotong terlalu pendek.
  • Iritasi pada kelenjar penis
  • Keluarnya cairan tidak biasa dari penis
  • Infeksi
  • Penghapusan jaringan yang berlebih pada penis
  • Terjadinya luka bakar pada penis apabila tindakan operasi tidak dilakukan oleh ahli

Untuk meminimalisir kemungkinan efek samping di atas, Kemenkes mengimbau orang tua agar melakukan khitan laser hanya di fasilitas kesehatan atau dokter yang kompeten.

Selain dari segi kesehatan, kekurangan lainnya bisa dilihat dari biaya sunat laser yang umumnya lebih mahal dibandingkan sunat tradisional maupun konvensional. Namun tetap lebih terjangkau dibanding metode sunat modern lainnya.

Berapa Hari Sunat Laser Sembuh?

Manfaat dan Risiko Metode Sunat Laser
Source : hipwee.com

Pada metode laser, luka biasanya sembuh dalam waktu 7 hari. Dengan metode ini, orang tua biasanya lebih puas dengan hasilnya, baik dari segi kesehatan maupun estetika.

Pasalnya, kulup yang dibuang lewat khitan laser cenderung jarang mengalami perdarahan atau infeksi pada penis. Hasil sunatannya juga lebih rapi dibanding metode sunat lainnya. Selama penyembuhan setelah sunat laser, luka sebaiknya tidak terkena air.

Dokter juga mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi dan obat pereda nyeri untuk meredakan rasa tidak nyaman. Pastikan obat diminum sesuai resep dari dokter agar pemulihan berjalan lancar.

Namun, jika gejala pascasunat tidak kunjung membaik atau semakin parah, segera hubungi dokter karena dikhawatirkan terdapat masalah lain.

Oleh sebab itu, sebelum memilih khitan laser untuk menyunatkan anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu pilih tempat untuk melakukan sunat laser ini dengan tenaga ahli yang bersertifikat ya. Seperti Layanan Khitan / Sunat di Salam Homecare yang sudah sudah berizin resmi, dokter sunat yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya, dan sedia 24/7 untuk konsultasi sebelum dan setelah tindakan. Meskipun home service, namun harganya sangat terjangkau Sob! Yuk konsultasi sekarang juga!

shape
shape