shape

Manfaat Gliserin Untuk Kesehatan Kulit

03 May 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Manfaat Gliserin Untuk Kesehatan Kulit

Bagi Sobat Salam yang sering menggunakan produk skincare pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu bahan di dalam kandungan skincare tersebut yang bernama gliserin atau gliserol.

Senyawa ini memang banyak ditemukan dan dipakai sebagai produk perawatan kulit dikarenakan manfaatnya yang dapat mengatasi berbagai macam permasalahan kulit.

Apa itu Gliserin?

Gliserin adalah senyawa alami dari minyak nabati dan lemak hewani. Zat yang juga dikenal sebagai gliserol ini memiliki tekstur seperti cairan bening, tidak berwarna ataupun berbau, dan rasanya manis. Senyawa ini tergolong sebagai humektan, yaitu zat pelembap yang menarik air ke lapisan luar kulit dari bagian kulit yang lebih dalam dan udara.

Manfaat gliserin untuk kulit

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Sobat dapatkan dari senyawa Gliserin, yaitu :

1. Melembapkan kulit

Salah satu kegunaan gliserin adalah melembapkan kulit. Ketika digunakan dalam losion atau pelembap wajah, senyawa ini dapat membantu mencegah evaporasi air dari permukaan kulit sehingga membuat kulit lebih lama terhidrasi.

2. Menenangkan kulit kering

Gliserin dapat menciptakan lapisan pelindung ekstra antara kulit dan lingkungan. Lapisan ini bisa melindungi kulit dari iritasi sekaligus mengunci kelembapan kulit. Selain itu, gliserol sering kali dimanfaatkan sebagai pengobatan eksim, psoriasis, dan rasa tidak nyaman pada kulit yang sifatnya sementara.

3. Menjaga kulit dari kerusakan akibat lingkungan

Fungsi gliserin lainnya adalah menjaga kulit dari kerusakan akibat lingkungan, seperti polusi hingga sinar ultraviolet (UV), yang bisa memicu penuaan dini dan merusak sel-sel kulit.

Gliserin bekerja dengan cara menciptakan lapisan pelindung pada permukaan kulit yang bisa menarik kelembapan dan mencegah masuknya racun. Ini tidak hanya membantu meningkatkan hidrasi kulit, melainkan juga mencegah kotoran menyumbat pori-pori.

4. Membantu penyembuhan luka

Gliserol dalam konsentrasi tinggi menciptakan lingkungan bakteriostatik yang menurunkan jumlah mikroba pada luka. Hal ini tentunya sangat menguntungkan pada saat sedang merawat luka sehingga bisa memberikan hasil penyembuhan yang lebih baik.

5. Menghaluskan kerutan dan garis halus

Menghaluskan kerutan dan garis halus termasuk sebagai salah satu manfaat gliserin untuk wajah. Berkat sifat pelembapnya, gliserol diyakini bisa membuat kulit wajah terhidrasi sehingga tanda-tanda penuaan dapat dikurangi.

6. Mengatasi jerawat

Gliserin dipenuhi dengan senyawa antimikroba yang digadang-gadang bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Di sisi lain, gliserol dianggap bisa menyembuhkan dan memudarkan bekas jerawat. Sebab, senyawa ini bisa meningkatkan kadar air di jaringan parut dan membantu mengencangkan serta meratakan warna kulit.

Apakah ada efek samping gliserin pada kulit?

Sebagai humektan, gliserin menarik air dari sumber air terdekat. Dalam kondisi yang tingkat kelembapannya rendah, sumber air terdekat terletak di bagian bawah kulit. Hal ini berpotensi membuat kulit dehidrasi dan bahkan bisa mengakibatkan munculnya lepuhan pada kulit.

Kalau muncul kulit kemerahan, gatal-gatal, atau ruam, segera hentikan penggunaan produk tersebut dan cari produk lain yang tidak mengandung gliserin.

shape
shape