shape

Manfaat Terapi Uap untuk Dewasa dan Anak

06 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Manfaat Terapi Uap untuk Dewasa dan Anak

Gangguan pernapasan seperti, batuk dan pilek merupakan penyakit yang seringkali dirasakan oleh setiap orang. Virus yang satu ini memang sangat mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya.

Tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi gangguan pernapasan ini juga sangat rentan menyerang anak-anak.

Meskipun terkesan sepele, namun akan sangat menggangu aktifitas sehari-hari ketika mengalami batuk dan pilek, apalagi dalam waktu yang lama. Selain dibawa ke dokter, cara pengobatan lain yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan batuk, pilek dan gangguan pernapasan lainnya tanpa konsumsi obat adalah dengan terapi uap.

Terapi uap merupakan salah satu metode pengobatan untuk gangguan pernapasan seperti batuk pilek. Tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak, namun orang dewasa juga dapat melakukan pengobatan ini juga Sob.

Apa Itu Terapi Uap?

Terapi uap atau inhalasi uap (steam inhalation) adalah metode yang memanfaatkan medium uap panas dalam penerapannya. Terapi ini pada umumnya bertujuan untuk membantu mengatasi penyempitan saluran pernapasan. Seperti gejala-gejala yang berkaitan dengan batuk dan hidung tersumbat (biasanya karena kondisi medis tertentu seperti bronkiolitis dan asma).

Inhalasi uap bisa dilakukan di rumah sakit dengan menggunakan alat khusus. Tapi, Sobat Salam sebenarnya juga dapat melakukan terapi ini di rumah. Nah, sebelum mencoba terapi ini yuk kita intip manfaat apa saja sih yang akan Sobat Salam dapatkan dari terapi uap ini.

Manfaat Terapi Uap bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Terapi Uap untuk Dewasa dan Anak
Source : sehatq.com

Terapi uap memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh kita, di antaranya adalah :

1. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Menghirup uap panas dapat membantu untuk melegakan pernapasan, hingga mengatasi permasalahan terkait dengan pernapasan. Manfaat dari melakukan inhalasi uap berkaitan dengan pernapasan adalah sebagai berikut :

  • Membantu mengeluarkan dahak.
  • Melembapkan saluran pernapasan.
  • Pada saat masuk angin dan sakit tenggorokan, menghirup uap akan membantu mengatasi hidung tersumbat.
  • Meringankan gejala asma, sinusitis, bronkitis, dan rhinitis alergi.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Terapi uap juga merupakan cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho, Sob. Suhu tinggi yang mengalir di tubuh manusia ini ternyata dapat melumpuhkan berbagai jenis bakteri dan virus.

Selama proses penguapan, virus dan bakteri ini akan mati. Selain itu, terapi ini juga kabarnya dapat membantu produksi sel darah putih. Sebagaimana yang kita ketahui, sel darah putih merupakan elemen tubuh yang penting untuk memerangi infeksi.

3. Menyegarkan Kulit

Ketika tubuh terkena uap air panas, pori-pori tubuh mengembang dan produksi keringat mengalami peningkatan. Dalam proses berkeringat ini, ada banyak racun yang dikeluarkan dari tubuh. Hal tersebut berdampak positif terhadap kulit, yakni kulit jadi terlihat segar.

4. Membuat Kulit Bersinar

Masih berkaitan dengan kulit, manfaat terapi uap selanjutnya adalah dapat membuat kulit wajah tampak cerah bersinar. Ini karena paparan uap panas akan meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatnya aliran darah ke kulit wajah tentu akan menambah pasokan nutrisi dan oksigen. Inilah yang kemudian membuat wajah jadi tampak cerah, juga terhindar dari penuaan dini.

5. Mengatasi Jerawat pada Kulit

Manfaat inhalasi uap lainnya adalah untuk membantu menghilangkan sel-sel mati, bakteri, kotoran dan minyak berlebih dari kulit wajah, sehingga kulit terhindar dari masalah jerawat. Seperti yang kita ketahui, jerawat disebabkan oleh kotoran dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Saat terkena suhu tinggi metabolisme tubuh meningkat dan ini lantas ditandai oleh meningkatnya produksi keringat yang lantas dikeluarkan oleh tubuh. Nah, air keringat yang keluar tersebut membawa lemak dan racun.

Hal ini membuat terapi juga bisa menjadi alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, belum dapat dipastikan seberapa besar efektivitas terapi untuk membantu menurunkan berat badan ini.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Ketika berada di ruangan yang beruap, beberapa orang menurut penelitian akan melepaskan hormon. Salah satu hormon ini, yang disebut aldosteron, berfungsi mengatur tekanan darah. Aldosteron yang dilepaskan tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Menghilangkan Stres

Karena pembukaan pori-pori menyebabkan peningkatan keringat dan pembuangan racun, tubuh menjadi segar dan rileks. Perasaan rileks ini tidak hanya dialami secara fisik tetapi juga mental loh.

9. Meredakan Nyeri Sendi

Berbagai macam nyeri sendi akibat arthritis, reumatik, kejang otot, dan lain-lain juga dapat diredakan dengan terapi uap. Memberikan uap ke tubuh membantu melebarkan otot, meningkatkan sirkulasi darah, memasok darah kaya oksigen ke otot yang sakit, sehingga membantunya pulih lebih cepat.

Efek Samping Terapi Uap

Menghirup uap dianggap sebagai pengobatan rumahan yang aman jika dilakukan dengan benar, tetapi juga sangat mungkin melukai diri sendiri secara tidak sengaja jika tidak berhati-hati.

Kulit pun bisa berisiko terhadap lepuhan yang disebabkan oleh air yang panas, jika tidak berhati-hati. Hal ini mungkin saja dapat menyebabkan luka bakar parah.

Maka dari itu sebaiknya lakukan terapi uap ini dengan bantuan ahli ya Sob, agar aman dan nyaman.

Sehingga manfaat dari terapi uap ini dapat diterima dengan maksimal oleh tubuh kita. Dan gangguan kesehatan yang dialami dapat teratasi.

Nah itulah manfaat terapi uap yang harus Sobat tahu. Gimana? Banyak sekali kan manfaat yang didapatkan? Mulai dari pengobatan penyakit, menjaga kesehatan kulit, hingga permasalahan mental dapat diatasi dengan terapi uap ini.

Jika Sobat mencari layanan terapi uap, tapi tidak mau keluar rumah, apalagi dengan harga yang terjangkau? ya Layanan Terapi Uap Salam Homecare solusinya! Apalagi khusus bulan ini ada promo potongan harga loh untuk layanan terapi uap, yuk cek promonya sebelum kehabisan!

shape
shape