shape

Marshanda Mengidap Tumor Payudara, Apakah Bisa Disembuhkan?

09 June 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Marshanda Mengidap Tumor Payudara, Apakah Bisa Disembuhkan?

Sobat Salam, beberapa waktu lalu muncul kabar yang kurang menyenangkan dunia hiburan tanah air yang datang dari seorang aktris multitalenta, yaitu Marshanda. Dikutip dari Instagram pribadi dan channel YouTube miliknya, dia menyatakan bahwa dirinya kini mengidap tumor payudara.

Pasalnya dalam video berdurasi 1 jam tersebut, ia menceritakan bahwa dirinya sedang berada di Singapura untuk memeriksakan penyakitnya dan mengetahui kondisinya.

Meski begitu, marshanda mengaku pasrah jika pengobatannya tidak berhasil seperti yang diharapkan. Tapi ia akan terus berjuang demi kesembuhannya.

Tumor payudara ini memang sering menghantui banyak perempuan, karena kondisi ini dapat terjadi pada semua perempuan. Lalu apa saja fakta mengenai penyakit tumor payudara ini?

Jenis Tumor Payudara

Marshanda Mengidap Tumor Payudara, Apakah Bisa Disembuhkan?
Source : Hot.liputan6.com

Dikutip dari laman hallodoc, tumor payudara ini terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang bersifat jinak atau yang disebut fibroadenoma dan ada yang bersifat ganas atau kanker. Fibroadenoma adalah benjolan payudara non kanker yang paling sering terjadi pada wanita usia antara 15-35 tahun. Sedangkan tumor payudara yang bersifat kanker ini terjadi ketika sel-sel payudara tumbuh bermutasi dan tumbuh di luar kendali, sehingga membentuk tumor.

Penyebab Tumor Payudara

Marshanda Mengidap Tumor Payudara, Apakah Bisa Disembuhkan?
Source : alodokter.com

Penyebab tumor payudara dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu yang bersifat non kanker, dan yang berisiko menyebabkan kanker

A. Penyebab Tumor Payudara Non Kanker

Ketika tumor yang didiagnosis bersifat jinak, dokter biasanya akan membiarkannya sendiri daripada mengangkatnya. Meskipun tumor ini umumnya tidak agresif terhadap jaringan-jaringan disekitarnya, kadang-kadang mereka dapat terus tumbuh, menekan jaringan lain dan menyebabkan rasa sakit atau masalah lain.

Penyebab dari tumor payudara jenis ini tidak diketahui secara pasti, namun diduga ada kaitannya dengan hormon reproduksi wanita. Sebab tumor ini lebih sering terjadi pada wanita usia produktif. Tumor juga dapat menjadi lebih besar selama kehamilan atau saat menjalani terapi hormon, dan mungkin menyusut setelah menopause, ketika kadar hormone reproduksi menurun.

Fibroadenoma ini juga ditandai dengan munculnya benjolan payudara yang biasanya terasa kencang, halus, kenyal dan padat. Namun meski begitu benjolan ini biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri dan bisa bergerak dengan mudah saat diraba.

B. Penyebab Tumor Payudara Kanker

Tumor jenis ini bersifat kanker, dan tentunya lebih ganas dibandingkan Fibroadenoma non kanker. Tumor ini lebih agresif karena menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya. Ketika tumor dicurigai ganas, dokter akan melakukan biopsi untuk menentukan tingkat keparahan atau agresivitas tumor.

Sayangnya penyebab tumor payudara kanker ini tidak diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalaminya, yaitu :

  • Usia. Meski bisa terjadi pada siapapun, orang berusia 55 tahun mempunyai risiko terkena yang lebih tinggi.
  • Riwayat keluarga dan genetik. Jika Sobat memiliki orang tua, saudara kandung atau kerabat dekat lainnya yang telah didiagnosis mengidap kanker payudara, peluang untuk mengidap kondisi yang sama bisa meningkat. Pada beberapa kasus, hal ini disebabkan oleh gen abnormal tunggal yang diturunkan dari orang tua ke anak-anak.
  • Merokok. Penggunaan tembakau memang telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara.
  • Penggunaan alkohol. Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker payudara.
  • Obesitas. Memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
  • Paparan radiasi. Jika Sobat pernah menjalani terapi radiasi sebelumnya, terutama pada kepala, leher atau dada, maka Sobat lebih mungkin terkena kanker payudara.
  • Terapi penggantian hormon. Orang yang menggunakan terapi penggantian hormone memiliki resiko lebih tinggi untuk didiagnosis tumor payudara ganas.

Itulah Sobat, pembahasan mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan tumor payudara, baik yang bersifat ganas maupun jinak. Gaya hidup uang kurang sehat ternyata menjadi salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan peluang untuk terkena kondisi ini. Tidak ada salahnya untuk konsisten menerapkan gaya hidup sehat untuk meminimalisir peluang terkena tumor payudara ini ya Sob!

Sobat Salam merasa mengalami gejala diatas? atau ingin konsultasikan terlebih dahulu secara lebih dalam mengenai gejala tumor payudara ini? Dokter Salam Homecare solusinya! Layanan Dokter Ke Rumah kami siap melayani Sobat 24 jam, baik secara telemedis menggunakan video call, atau datang langsung ke rumah. Khusus bulan ini juga ada promo menarik loh yuk cek promonya dibawah!

shape
shape