shape

Mengapa Infus Vitamin Lebih Baik daripada Suplemen Multivitamin?

09 February 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
mengapa infus vitamin lebih baik daripada suplemen multivitamin?

Sobat Salam, menjaga kesehatan tubuh itu penting apalagi bagi Sobat yang sedang aktif-aktifnya nih. Salah satu upaya agar daya tahan tubuh tetap prima, kebanyakan orang pasti akan memilih asupan makanan yang lebih sehat, karena vitamin dan mineralnya yang baik bagi kesehatan.

Vitamin adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar imunitas tetap terjaga. Selain dari makanan, banyak juga orang yang memilih mengonsumsi suplemen multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh.

Belakangan ini, tepatnya selama pandemi Covid 19 muncul metode pemenuhan vitamin yang lebih efektif. Yaitu dengan cara injeksi intravena atau infus vitamin. Tapi beberapa orang masih ragu nih Sob, apakah Infus vitamin ini lebih efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh jika dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen multivitamin?

Nah dari pada galau, lebih baik Sobat Salam mengetahui beberapa hal sebelum memutuskan akan memilih suplemen multivitamin atau infus vitamin yang lebih efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Ketahui manfaat Suplemen multivitamin dan Infus Vitamin

Untuk mempermudah, Sobat Salam bisa membandingkan dulu nih manfaat antara suplemen multivitamin dan infus vitamin. Dari situ, Sobat jadi bisa tahu mana manfaat yang lebih dibutuhkan oleh kondisi tubuh Sobat Salam. Berikut manfaatnya seperti yang dikutip dari laman alodokter , di antaranya :

Manfaat Suplemen Multivitamin

Manfaat utama multivitamin adalah memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang tidak tercukupi dari pola makan sehari-hari, misalnya vitamin A, vitamin C, vitamin D, magnesium, serat, dan kalium.

Selain itu, ada juga beberapa klaim manfaat multivitamin bagi kesehatan tubuh lainnya, yaitu :

  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah kanker
  • Menjaga kesehatan otak
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengurangi gangguan kecemasan

Manfaat Infus Vitamin

Sementara itu, vitamin dari infus langsung mengalir ke dalam aliran darah dan diserap lebih cepat oleh tubuh. Hal ini membuat vitamin dan mineral yang didapatkan menjadi lebih tinggi, bahkan mencapai 90 persen. Beberapa manfaat infus vitamin termasuk:

  • mengatasi dehidrasi setelah berolahraga ekstrem
  • meningkatkan kekebalan tubuh
  • mengurangi stres dan cemas
  • meningkatkan energi
  • membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh
  • membuat tampilan kulit menjadi lebih sehat
  • mengatasi sakit kepala atau kepala tegang
  • membantu mengurangi gejala asma, alergi, sinusitis, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Baca Juga Manfaat Infus Vitamin C Untuk Kesehatan

Kapan Tubuh Membutuhkan Suplemen Multivitamin dan Infus Vitamin?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, baik suplemen multivitamin dan infus vitamin ternyata sama-sama memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sobat Salam bisa mempertimbangkan manfaat mana yang paling dibutuhkan oleh tubuh.

Semua dikembalikan pada kondisi dan kebutuhan tubuh masing-masing orang. Jika Sobat tidak memiliki keluhan kesehatan, Sobat bisa memenuhi kebutuhan vitamin dari bahan makanan alami seperti sayur dan buah.

Namun jika Sobat memiliki aktivitas sehari-hari yang padat dan rentan kelelahan, maka dari itu disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin melalui suplemen multivitamin.

Tapi jika Sobat mengalami kelelahan akut atau kondisi tubuh yang tidak memungkinkan untuk menyerap asupan vitamin dengan maksimal, maka infus vitamin bisa menjadi solusi yang paling efektif. Karena vitamin yang disuntikkan melalui infus akan memberikan hasil maksimal dalam waktu singkat.

shape
shape