shape

Mengatasi Anemia Dengan Infus Vitamin

12 February 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Mengatasi Anemia Dengan Infus Vitamin

Kurang darah atau anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Pengobatan anemia tergantung kepada penyebab yang mendasarinya, mulai dari konsumsi suplemen zat besi, transfusi darah, sampai infus vitamin.

Penyebab Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemoglobin. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan tidak berfungsi secara normal (hipoksemia).

Secara garis besar, anemia terjadi akibat tiga kondisi berikut ini:

  • Produksi sel darah merah yang kurang
  • Kehilangan darah secara berlebihan
  • Hancurnya sel darah merah yang terlalu cepat

Berikut ini adalah jenis-jenis anemia yang umum terjadi berdasarkan penyebabnya :

1. Anemia akibat kekurangan zat besi

2. Anemia pada masa kehamilan

3. Anemia akibat perdarahan

4. Anemia aplastik

5. Anemia hemolitik

6. Anemia akibat penyakit kronis

7. Anemia sel sabit (sickle cell anemia)

8. Thalasemia

Gejala Anemia

Gejala anemia sangat bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Umumnya, penderita anemia bisa mengalami gejala berupa :

  • Lemas dan cepat lelah
  • Sakit kepala dan pusing
  • Sering mengantuk, misalnya mengantuk setelah makan
  • Kulit terlihat pucat atau kekuningan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Napas pendek
  • Nyeri dada
  • Dingin di tangan dan kaki

Gejala di atas awalnya sering tidak disadari oleh penderita, namun akan makin terasa seiring bertambah parahnya kondisi anemia.

Mengatasi Anemia dengan Infus Vitamin

Anemia dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya adalah kurangnya vitamin B12 yang cukup parah, orang tersebut mengalami anemia pernisiosa. Kekurangan vitamin B12 ini diperkirakan karena proses autoimun.

Anemia pernisiosa yang tidak diobati bisa menyebabkan komplikasi yang parah. Namun, kamu tak perlu khawatir, mengutip dari laman healthline, sekarang penyakit ini relatif mudah diobati dengan suntikan vitamin B12 atau infus vitamin B12.

Selain itu, jika seseorang mengalami anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi yang cukup parah, sehingga menyebabkan tubuh tidak mampu mencerna suplemen vitamin maka infus vitamin pun perlu untuk dilakukan.

Baca Juga Manfaat Infus Vitamin C Untuk Kesehatan

Perlu Berapakali Infus Vitamin untuk Atasi Anemia?

Pada pengidap anemia pernisiosa, infus vitamin B12 harus diberikan setiap hari atau setiap minggu sampai kadar B12 kembali normal atau mendekati normal. Setelah kadar vitamin B12 normal, Sobat mungkin hanya perlu disuntik sekali sebulan saja.

Meski begitu, pengobatan vitamin B12 ini bisa berbeda-beda setiap orang, tergantung kondisi yang dialami. Bagi orang yang mengalami penyerapan vitamin yang buruk, mereka mungkin perlu melakukan infus vitamin B12 sebagai satu-satunya pengobatan.

Nah jadi bagi Sobat yang mengalami anemia dan membutuhkan cara efektif untuk memulihkan kondisi, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan tenaga ahli sebelum mencoba infus vitamin untuk mengatasi anemia ini ya Sob.

shape
shape