shape

Mengenal Profesi Caregiver Lansia

15 February 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Mengenal Profesi Caregiver Lansia

Sobat Salam, memiliki orang tua yang sudah lanjut usia memang tidak mudah untuk menrawatnya. Terlebih, lansia memiliki kondisi yang memerlukan perawatan dengan teknik khusus. Dan tidak jarang kalau memilih untuk merawatnya sendiri, kita seringkali dibuat kebingungan. Apalagi jika Sobat memiliki kesibukan yang lumayan padat, agak sulit ya untuk membagi waktu.

Namun sekarang Sobat tidak perlu khawatir, karena ada profesi Caregiver yang siap membantu Sobat Salam dalam merawat orang tua yang lanjut usia. Nah, sebelum Sobat memutuskan untuk menggunakan jasanya, lebih baik Sobat Salam mengetahui beberapa hal berikut ini dulu ya.

Apa itu Caregiver?

Caregiver adalah profesi bagi orang yang memberikan jasa perawatan atau pengasuhan bagi orang lain. Umumnya, Caregiver ini berasal dari tenaga profesional yang berdedikasi penuh waktu untuk merawat lansia yang membutuhkan bantuan dan perhatian khusus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kemampuan fisik lansia yang menurun menjadi penyebab utama lansia kesulitan dalam mengerjakan aktivitas hariannya. Selain kemampuan fisik yang menurun, umumnya kemampuan secara mentalnya pun ikut menurun.

Maka dari itulah lansia sangat membutuhkan peranan orang yang memilih keahlian khusus dan waktu penuh untuk membantunya merawat dan mengerjakan aktivitas sehari-hari. Dengan mempekerjakan Caregiver ini bisa menjadi solusi tepat untuk Sobat Salam yang tidak memiliki penuh waktu untuk merawat lansia.

Apa fungsi dan tugas Caregiver?

Fungsi dan tugas caregiver adalah untuk meringankan beban pasien atau keluarga pasien supaya dapat menjalani aktivitas sehari-hari secara normal. Caregiver membantu mengatasi kesulitan-kesulitan seseorang yang memiliki keterbatasan kemampuan, baik karena kondisi kesehatan tertentu ataupun usia.

Hal-hal yang diurus oleh caregiver tidak hanya berkaitan dengan kondisi kesehatan pasiennya saja, tapi juga kebutuhan sehari-harinya, baik secara fisik ataupun mental.

Dengan adanya caregiver, Sobat tetap memantau secara langsung perkembangan kesehatan orang tua.

Kriteria caregiver yang ideal

Kualifikasi untuk menjadi seorang caregiver tidak seketat perawat medis. Seorang caregiver bisa merupakan seorang lulusan pendidikan keperawatan, pendidikan kesehatan masyarakat, atau telah menjalankan pelatihan

Namun, yang terpenting adalah seorang caregiver harus memiliki kepedulian dan kepribadian yang tepat dengan lansia yang akan dirawatnya. Berikut ini beberapa kriteria caregiver yang ideal :

1. Berpengalaman

2. Sabar

3. Fleksibel

4. Kreatif

5. Peduli

Itu dia Sob, penjelasan dan kriteria mengenai Caregiver yang ideal. Caregiver bisa dijadikan solusi tepat bagi Sobat Salam yang memiliki orang tua lanjut usia namun tidak punya waktu penuh untuk merawatnya.

shape
shape