shape

Ramuan Herbal Ampuh Obati Luka Bakar Melepuh

19 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Ramuan Herbal Ampuh Obati Luka Bakar Melepuh

Sobat Salam, salah satu jenis luka yang tergolong parah adalah luka bakar. Luka bakar dapat menyebabkan kerusakan pada banyak jaringan kulit. Salah satu kondisi luka bakar yang sering terjadi adalah luka bakar melepuh.

Luka bakar melepuh biasanya berkembang akibat kontak dengan air panas atau percikan minyak goreng. Biasanya, kondisi ini akan menyebabkan kulit melepuh, membengkak, dan langsung terinfeksi jika terkena air.

Saat Sobat mengidap luka bakar melepuh ini, biasanya akan terlihat luka melepuh yang menyerupai kantung cairan di antara lapisan atas kulit. Dalam kondisi melepuh yang tidak serius, Sobat bisa mencoba mengobatinya dengan ramuan herbal.

Ramuan Herbal untuk Luka Bakar Melepuh

Berikut beberapa ramuan herbal untuk obat luka bakar melepuh yang bisa Sobat coba di rumah, di antaranya :

1. Aloe Vera

Lidah buaya sudah terkenal dengan kemampuannya untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Lidah buaya memiliki efek pendinginan dan mati rasa selain mempercepat penyembuhan kulit yang melepuh.

Oleskan gel dari potongan daun lidah buaya ke luka. Oleskan hingga luka sembuh dan mengering. Sifat anti-inflamasi dari tanaman hijau ini, yang dapat membatasi peradangan dan menyembuhkan kulit yang bengkak, kemerahan, nyeri, dan terbakar.

2. Madu

Madu bukan hanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh saja, tetapi juga dapat mengobati luka bakar. Madu dapat membantu mengurangi luka bakar dalam intensitas ringan. Selain itu, bahan alami yang satu ini dapat mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

3. Susu

Susu memiliki kandungan lemak dan protein yang dapat membantu menenangkan luka bakar. Kedua bahan alami tersebut mampu mempercepat penyembuhan luka bakar dan memperbaiki struktur jaringan kulit. Caranya dengan merendam luka bakar di dalam susu selama 15 menit.

4. Cuka Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menghentikan infeksi pada kulit yang melepuh. Cuka sari apel adalah salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka melepuh karena panas.

Efek yang pertama kali muncul saat menggunakan cuka apel pastinya perih, tetapi ini hanya berlangsung hingga luka dapat menyesuaikan. Luka melepuh akan mengecil seiring dengan berlalunya rasa sakit.

5. Teh Hijau

Teh hijau mengandung sifat anti-inflamasi yang efektif untuk mempercepat penyembuhan luka. Sebelum digunakan, kamu bisa menggunakan kantong teh hijau dengan menyeduhnya terlebih dahulu dalam air panas mendidih. Setelah air teh hijau sudah mulai hangat, rendam atau tempelkan kain yang telah dicelupkan ke dalam teh hijau tepat di kulit yang melepuh. Bila perlu, tambahkan soda kue untuk memperkuat sifat antiseptiknya.

Pilihan untuk merendam atau menempelkan kain bisa disesuaikan dengan letak luka dan tingkat keparahannya. Lakukan hal ini setidaknya sampai luka melepuh di kulit pulih perlahan.

Nah itulah beberapa ramuan herbal alami yang dapat Sobat aplikasikan untuk mengobati luka bakar melepuh. Namun jika luka bakar melepuh yang Sobat alami tergolong pada kondisi yang cukup serius, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sobat bisa mencoba layanan perawatan luka kami dibawah.

shape
shape