shape

Selamat Tinggal Komedo! Cukup Dengan Bahan Alami ini

02 May 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Selamat Tinggal Komedo! Cukup Dengan Bahan Alami ini

Sobat Salam, masalah kulit wajah yang tak kalah menjegkelkan selain jerawat adalah komedo. Seringkali komedo tumuh di hidung, dahi, dagu dan pipi. Selain kemunculannya yang sering, komedo juga sangat mengganggu penampilan.

Siapa saja bisa memiliki komedo, tetapi masalah kulit ini rentan dialami oleh pemilik kulit berminyak. Selain itu, orang dalam masa pubertas biasanya memiliki komedo yang lebih banyak.

Komedo terdiri dari 2 jenis, yakni komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead). Komedo disebabkan penyumbatan pori-pori kulit akibat tumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih.

Penyebab munculnya komedo

Ada beberapa hal yang jadi penyebab seseorang memiliki komedo, seperti :

  • Perubahan hormon
  • Stres
  • Penggunaan skincare atau kosmetik yang tidak cocok
  • Memakai produk perawatan rambut yang tidak cocok
  • Polusi udara yang tinggi

Cara menghilangkan komedo secara alami

Ada berbagai bahan alami yang bisa dijadikan pilihan saat Sobat sedang mencari cara menghilangkan komedo. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang bisa dicoba :

1. Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil sudah sejak lama digunakan sebagai cara alami menghilangkan komedo dan jerawat membandel. Hal ini karena tea tree oil mengandung senyawa antimikroba sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes.

Sobat bisa menggunakan minyak tea tree oil yang dilarutkan dengan minyak pelarut, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu, oleskan pada area kulit yang terdapat komedo, seperti pipi dan hidung.

2. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat dan komedo berasal dari kandungan antibakteri dan antiradang yang mampu mencegah atau mengurangi keparahan jerawat. Lidah buaya juga merupakan pelembap alami sehingga mampu mencegah kulit kering.

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya bisa dilakukan dengan mengambil gel melalui tanamannya secara langsung lalu oleskan pada area kulit yang terdapat komedo dan jerawat.

3. Madu

Madu juga bisa menjadi pilihan bahan alami untuk menghilangkan komedo. Madu mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu membersihkan pori-pori tersumbat penyebab komedo. 

Tak hanya itu, manfaat madu juga berasal dari kandungan antibakteri di dalamnya. Sobat bisa mengoleskan sedikit madu pada area kulit sebagai masker untuk menghilangkan komedo menggunakan jari atau kapas bersih.

4. Lemon

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami bisa pula menggunakan lemon. Lemon kaya akan vitamin C atau asam askorbat yang dapat melembapkan kulit. Efek melembapkan inilah yang disinyalir dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori di kulit.

5. Teh hijau

Manfaat teh hijau bagi kesehatan tak diragukan lagi. Namun, bukan cuma kesehatan tubuh, teh hijau juga bagus untuk kulit dan dapat jadi pilihan cara menghilangkan komedo karena tingginya kandungan antioksidan di dalamnya.

Antioksidan polifenol dalam teh hijau disebut dengan katekin. Umumnya, orang mengalami produksi sebum atau minyak alami berlebih pada pori-pori kulit cenderung tidak memiliki cukup antioksidan pada kulitnya.

6. Minyak jojoba

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami lainnya adalah minyak jojoba. Minyak jojoba dapat mengurangi peradangan pada kulit, termasuk pembengkakan dan kemerahan akibat komedo dan jerawat.

Sobat bisa mencampurkan beberapa tetes minyak jojoba dengan gel atau krim pada area kulit yang terdapat komedo, atau langsung mengoleskannya ke kulit menggunakan kapas.

7. Garam laut

Garam laut juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo. Garam dipercaya dapat membantu membersihkan pori-pori secara mendalam dan menyeimbangkan produksi minyak. Tekstur garam yang kasar juga bisa menjadi bahan eksfoliasi kulit alami untuk mencegah penumpukan sel kulit mati penyebab komedo.

8. Kopi

Kopi menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi komedo karena tinggi antioksidan dan bersifat antibakteri serta antijamur. Kandungannya ini bisa membantu mencegah bakteri masuk ke dalam pori kulit yang bisa sebabkan komedo.

Selain itu, tekstur kopi yang sedikit kasar juga dapat menjadi bahan eksfoliasi alami untuk mengangkat sel kulit mati. Manfaatnya, pori-pori kulit wajah menjadi lebih halus dan tersamarkan, sehingga komedo tidak mudah muncul kembali.

9. Oatmeal

Menurut penelitian, oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu menenangkan kulit, mengatasi kemerahan, dan membantu pengelupasan kulit secara alami. Hal ini bisa membantu mengatasi jerawat dan komedo. Namun, tidak ada bukti khusus yang menyebutkan bahwa menggunakan oatmeal secara rutin bisa menghilangkan komedo secara permanen.

10. Putih telur

Putih telur menjadi salah satu bahan alami yang terkenal untuk mengatasi komedo dan jerawat. Ini tidak lepas dari kandungan tinggi protein pada putih telur yang bisa membantu menyerap minyak berlebih dan mengencangkan kulit, sehingga pori-pori wajah dapat tersamarkan. Pori-pori wajah yang mengecil dan berkurangnya minyak berlebih dapat mencegah terbentuknya komedo.

11. Baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Baking soda mampu menetralkan pH kulit dan berfungsi sebagai eksfoliator alami untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati penyebab komedo. Soda kue ini juga baik untuk jerawat karena bersifat anti-bakteri yang bisa mengurangi bakteri penyebab jerawat.

12. Tomat

Penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah menjadi penyebab utama terbentuknya komedo. Hal ini bisa diatasi secara alami dengan rutin memakai masker tomat.

Tomat memiliki kandungan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan kesehatan kulit karena tinggi kandungan vitamin C dan vitamin A. Kandungannya bisa membantu menyerap keringat, mengecilkan pori-pori wajah, dan membantu mencerahkan.

Nah itu dia Sob, beberapa cara alami untuk menghilangkan komedo di wajah. Meski menggunakan ahan alami, namun tidak ada salahnya untuk melakukan uji tes dahulu sebelum menggunakannya agar terhindar dari risiko alergi.

shape
shape