shape

Selulit Bikin Gak Pede, Hilangkan dengan Cara Alami ini

17 April 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Selulit Bikin Gak Pede, Hilangkan dengan Cara Alami ini

Memiliki kulit yang sehat dan mulus tentnya menjadi keinginan semua orang terutama bagi Sobat Salam yang perempuan. Untuk mewujudkan hal itu, pastinya berbagai cara kita lakukan untuk mendapatkan perawatan kulit terbaik.

Namun adakalanya permasalahan kulit muncul secara tak terduga. Salah satunya selulit yang sangat mengganggu bagi kaum perempuan. Umumnya selulit ditemui pada mereka yang sudah pernah melahirkan. Tapi kini banyak juga yang mengalai selulit meski belum pernah melahirkan.

Apa sih itu selulit dan bagaimana cara menghilangkannya? Yuk kita mengenali lebih jauh mengenai selulit ini.

Apa itu Selulit?

Selulit adalah guratan yang tampak seperti kulit jeruk yang dapat dialami oleh laki-laki maupun perempuan. Umumnya selulit terlihat pada paha, lengan, perut, dan bokong.

Apa yang menyebabkan selulit muncul?

Mengutip dari laman alodokter, selulit muncul dikarenakan adanya lemak yang menumpuk di antara jaringan ikat kulit dengan lapisan otot di bawahnya. Sehingga tumpukan lemak ini mendonrong kulit ke atas sementara jaringan ikat terus enahannya. Yang pada akhirnya permukaan kulit akkan tampak bergelombang dan tidak rata.

Faktor risiko penyebab selulit

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko munculnya selulit pada permukaan kulit. Di antaranya :

1. Jenis kelamin

Meski selult dapat dialami oleh siapa saja, namun perempuan memiliki faktor risiko leboh tinggi untuk mengalami selulit. Ini karena struktur jaringan ikat pada perempuan lebih udah terisi dan diregangkan oleh lemak daripada laki-laki.

2. Hormon

Hormon juga termasuk ke dalam salah satu faktor yang dapat menyebabkan selulit. Hormon terseut di antaranya seperti, hormon estrogen, insulin, tiroid, prolaktin, dan noradrenalin yang berperan dalam terbentuknya selulit.

3. Genetik

Faktor genetik juga dapat menentukan seseorang bisa berisiko lebih tinggi mengalami selulit. Hal ini karena genetik seseorang menentukan laju metabolisme dan distribusi lemak.

4. Usia

Ternyata seiring bertambahnya usia juga dapat meningkatkan risiko munculnya selulit. Hal ini karena lapisan kulit ikut melemah, menipis, dan mudah meregang yang pada akhirnya rentan terhadap selulit.

5. Pola hidup tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi faktor risiko seseorang dapat mengalami selulit. Seperti merokok, jarang berolahraga, pola makan tidak baik dan perubahan berat badan yang drastis. Secara tidak langsung dapat merusak kesehatan kulit juga.

Cara mengatasi selulit secara alami

Berikut ini beberapa cara menghilangkan selulit secara alami yang dapat Sobat Salam coba di rumah, di antaranya :

  • Menurunkan berat badan dengan berolahraga
  • Menerapkan pola makan sehat
  • Mengenakan Stocking untuk mencegah penumpukan cairan pada selulit
  • Melakukan terapi pijat untuk melancarkan peredaran darah dan penumpukan cairan selulit dapat berkurang
  • Menghentikan kebiasaan merokok

Cara menghilangkan Selulit secara medis

Selain dengan cara alami, Sobat juga dapat melakukan beberapa cara medis berikut ini untuk menghilangkan selulit :

  • Menggunakan krim retinol
  • Melakukan metode crylipolysis untuk emngangkat jaringan lemak di dalam selulit
  • Menjalani terapi laser
  • Terapi ulrasound untuk mengencangkan kulit

Sebelum melakukan cara menghilangkan selulit secara medis ada baiknya dilakukan setelah Sobat melakukan konsultasi dengan dokter.

shape
shape