shape

Susah Tidur? Jangan Pake Obat! Cukup Lakukan Tips ini Aja

05 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Susah Tidur? Jangan Pake Obat! Cukup Lakukan Tips ini Aja

Apakah Sobat Salam mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari? Masalah emosional, seperti stress, kecemasan, dan depresi adalah beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan insomnia. Namun ada juga yang disebabkan oleh kebiasaan siang hari, rutinitas tidur, dan kesehatan fisik yang mungkin juga berperan.

Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur, tetapi bisa juga merupakan gejala gangguan tidur lainnya, termasuk sleep apnea, sindrom kaki gelisah, dan gangguan jet lag atau kerja shift larut malam. Akibatnya saat bangun pagi, tubuh akan merasa kelelahan dan mengantuk di siang hari sehingga mengganggu aktivitas karena fokus yang menurun.

Beberapa orang mungkin akhirnya akan memilih mengonsumsi obat-obatan sebagai solusi mengatasi kesulitan tidur ini. Ada banyak jenis obat tidur yang biasa digunakan, dari yang dijual bebas di apotek dan yang harus menggunakan resep dokter.

Memang dengan mengonsumsi obat tidur ini, masalah pada kesulitan tidur dapat diatasi secara instan. Namun kelemahannya, mengonsumsi obat tidur sebagai solusi tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang, karena bisa mengganggu metabolisme tubuh dan sangat berisiko menimbulkan efek samping bagi kesehatan seperti timbul gangguan tidur yang malah akan memperburuk kualitas tidur.

Tips Agar Cepat Tidur

Susah Tidur? Jangan Pake Obat! Cukup Lakukan Tips ini Aja
Source : merdeka.com

Tidak ada salahnya kita mencari tahu cara lain yang lebih aman untuk mengatasi kesulitan tidur. Cara-cara berikut ini bisa Sobat lakukan di rumah ketika megalami kesulitan tidur, di antaranya adalah :

1. Menaati Jadwal Tidur yang Telah dibuat

Cobalah buat jadwal tidur yang jelas, dan Sobat pun harus menaatinya. Jika jadwal tidur jelas maka Sobat akan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Cara ini dibilang cukup ampuh untuk membangun kebiasaan tidur pada waktu yang tepat. Hal ini akan membantu tubuh mengenali kapan waktunya mengantuk dan kapan waktunya bangun.

2. Tingkatkan Rutinitas Berolahraga

Olahraga ringan, sedang, maupun berat, dapat membantu tubuh mudah merasa ngantuk. Bahkan, berolahrga juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi risiko gangguan tidur.

3. Latihan Yoga untuk Relaksasi

Dengan rutin melakukan yoga terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur sehari-hari. Gerakan dan metode dalam yoga ini dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks sehingga membuat Sobat lebih mudah merasa ngantuk.

4. Kurangi Penggunaan Gadget

Kebiasaan menggunakan alat elektrionik pada malam hari ketika sudah memasuki waktu tidur, mengakibatkan semakin sulit untuk terlelap. Hal ini dikarenakan adanya radiasi dari sinar biru dari layer gadget seperti smartphone hingga laptop yang dapat menekan hormone melatonin, yaitu hormone yang bertugas meregulasi tidur. Maka dari itu dengan mengurangi penggunaannya pada saat malam hari, dinilai akam membantu lebih mudah tertidur.

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein yang terdapat pada kopi, teh, dan minuman berenergi dipercaya dapat meningkatkan energi. Jika minuman ini dikonsumsi pada jam-jam tidur malam justru akan membuat kita kesulitan tidur. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengurangi konsumsinya. Upayakan konsumsi minuman ini paling akhir 5-6 jam sebelum tidur agar memberikan waktu untuk memudarkan efek stimulan dari kafein ini.

6. Mengatur Pola Makan

Cobalah konsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi yang dapat membantu tidur lebih cepat. Seperti makanan yang kaya akan triptofan, misalnya kalkun, keju, dan ikan. Adapula kandungan nutrisi melatonin yang terkandung pada buah ceri, tomat, dan kacang kenari yang dapat membantu mengatasi kesulitan tidur. Selain itu, kandungan karbohidrat, serat tinggi, zinc, dan vitamin B diyakini juga dapat membantu Sobat mudah mengantuk.

7. Hindari Stress Saat Sulit Tidur

Ketika mengalami sulit tidur pada malam hari, tetaplah tenang jangan panik. Dengan menenangkan pikiran, dapat membantu tubuh rileks dan cepat mengantuk. Terlalu banyak pikiran apalagi negatif, justru akan membuat tubuh semakin stress dan terjaga sepanjang malam.

Semoga bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah kesulitan tidur ya Sob! Jika langkah-langkah diatas tak kunjung memberikan efek, ada baiknya segera berkonsultasi dengan ahli ya Sob!

Baca Juga :

shape
shape