shape

Tahi Lalat: Definsi, Penyebab, Gejala, dan Biaya Operasinya

24 May 2024

Posted by : Fathan

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Tahi Lalat: Definsi, Penyebab, Gejala, dan Biaya Operasinya

Apakah Anda mengetahui apa itu tahi lalat dan penyebab kemunculannya? Lantas apakah tahi lalat bisa dihilangkan dan berapa biayanya? Simak info selengkapnya dalam artikel Salam-Homecare berikut!

Apa Itu Tahi Lalat

Banyak sekali orang yang memiliki tahi lalat di bagian tubuh tertentu. Terkadang kemunculan tahi lalat tersebut cukup menganggu terutama dalam aspek penampilan. Oleh karenanya, tindakan operasi pengangkatan bisa menjadi solusi.

Akan tetapi sebelum itu, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu tahi lalat. 

Tahi lalat adalah benjolan kecil atau bercak berwarna cokelat atau hitam pada kulit, dapat muncul di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Ini bisa menjadi tumor jinak yang disebut nevus pigmentosus dalam istilah kedokteran. 

Tahi lalat biasanya tidak berbahaya, tetapi perubahan ukuran, bentuk, atau warna dapat menandakan risiko kanker kulit, terutama jika tahi lalat baru muncul.

Akan tetapi jika Anda menemukan beberapa kondisi pada tahi lalat seperti berikut ini, maka segera untuk melakukan pengecekan ke fasilitas kesehatan. Antara lain sebagai berikut:

  • Perubahan warna, ukuran, dan bentuk.
  • Bagian tepi tidak rata.
  • Terasa gatal.
  • Berdarah atau terasa nyeri.
  • Ukuran diameter lebih dari 6mm.
  • Muncul rambut.

Pemeriksaan ditujukan untuk mencegah potensi penyakit yang lebih serius, salah satunya adalah kanker kulit.

Penyebab Tahi Lalat

Lantas apa sajakah faktor yang menyebabkan munculnya tahi lalat di beberapa bagian tubuh? Salah satu faktor utama Tahi lalat muncul karena adanya pengelompokkan sel-sel penghasil zat warna kulit yang disebut melanosit. 

Melanosit adalah sel yang bertanggung jawab untuk membentuk pigmen kulit. Ketika melanosit berkumpul atau tumbuh berkelompok pada suatu area di permukaan kulit, mereka membentuk tahi lalat.

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang juga turut menyebabkan pembentukan tahi lalat, antara lain:

  • Genetika, beberapa ahli menyatakan faktor genetika dapat memainkan peran dalam kemunculan tahi lalat pada seseorang.
  • Paparan sinar matahari, Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko munculnya tahi lalat, terutama pada kulit yang sensitif.
  • Perubahan Hormon, Perubahan hormon, seperti yang terjadi selama kehamilan, dapat memicu pertumbuhan tahi lalat. 
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, beberapa obat-obatan dapat menurunkan sistem kekebalan pada tubuh sehingga membuat kulit jauh lebih sensitif.

Karakteristik Tahi Lalat

Selain itu ada beberapa karakteristik dari tahi lalat yang bisa dilihat dari segi warna dan beberapa aspek lainnya. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Warna

Kebanyakan tahi lalat berwarna cokelat atau hitam, tetapi ada juga yang berwarna merah, merah muda, atau biru.

  • Bentuk

Tahi lalat umumnya berbentuk bulat atau oval.

  • Tekstur

Jika diraba, tekstur tahi lalat dapat halus, rata, kasar, atau menonjol.

  • Ukuran

Diameter normal tahi lalat tidak lebih dari 6 mm.

  • Lokasi

Tahi lalat bisa terjadi di bagian mana pun di tubuh, termasuk ketiak, kulit kepala, kelopak mata, kulit di bawah kuku, hingga di sela-sela jari tangan atau kaki.

Biaya Operasi Pengangkatan Tahi Lalat

Jika Anda merasa bahwa keberadaan tahi lalat cukup mengganggu, maka operasi pengangkatan tahi lalat bisa menjadi solusi. Lantas berapakah estimasi biaya operasi tahi lalat? 

Biayanya sendiri cukup beragam tergantung pada rumah sakitnya. Melansir dari situs Finansialku.com, berikut ini adalah beberapa list harga operasi tahi lalat.

Sumber: Finansialku.com

Biaya Operasi Tahi Lalat ditanggung BPJS?

Lalu apakah operasi tahi lalat dapat ditanggung BPJS Kesehatan. Mengutip dari sumber yang sama, tahi lalat merupakan kondisi yang secara umum tidak berbahaya. Maka, operasi tahi lalat juga termasuk kategorikan sebagai operasi estetika.  

Dengan begitu, biaya operasi tahi lalat tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Prosedur Operasi Tahi Lalat

Perlu Anda ketahui terdapat 2 prosedur yang umumnya digunakan dalam operasi pengangkatan tahi lalat. Lantas seperti apakah dua prosedur tersebut?

1. Eksisi Bedah

Prosedur yang pertama adalah Eksisi bedah. Prosedur ini melibatkan pemotongan tahi lalat dengan pisau bedah dan kemudian menjahit sayatan untuk menutupnya.

2. Bedah Cukur

Kemudian prosedur yang kedua ialah Bedah cukur. Prosedur ini melibatkan penggunaan pisau cukur atau alat cukur listrik untuk mengangkat tahi lalat.

Selain dua prosedur di atas, terdapat beberap prosedur lain yang juga dapat digunakan dalam operasi tahi lalat, di antaranya:

  • Pembekuan
  • Krim khusus
  • Metode laser
  • Pembakaran

Itulah informasi lengkap seputar apa itu tahi lalat hingga biaya operasinya. Nantikan informasi lainnya seputar kesehatan dari Salam-Homecare.

shape
shape