shape

Ternyata Ini Yang Menyebabkan Luka Sulit Sembuh

11 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Ternyata Ini Yang Menyebabkan Luka Sulit Sembuh

Sobat Salam, hampir setiap orang pernah mengalami luka, entah luka ringan maupun luka yang berat. Lecet, tergores, terpapar radiasi adalah hal yang umum dialami.

Perawatannya pun terbilang sangat sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Ada yang bisa diobati hanya dengan salep antiseptik, obat merah dan ditutup plester saja.

Beda halnya perawatan pada luka yang cukup besar dan dalam, seperti robek, tersayat, terbakar, maupun luka yang diakibatkan oleh operasi. Perawatannya pun memerlukan perhatian khusus. Bahkan pada beberapa kasus harus dibantu oleh tenaga medis atau dengan jasa pelayanan kesehatan di rumah.

Lamanya proses penyembuhan pada setiap luka berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahan luka tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan anjuran dokter, biasanya luka ringan akan sembuh dengan sendirinya. Sedangkan pada luka yang lumayan berat berkisar 7-10 hari.

Namun ada beberapa kondisi tertentu yang ternyata menjadi faktor penyebab sulitnya penyembuhan luka. Meskipun telah mengikuti serangkaian perawatan luka yang sesuai, tapi proses penyembuhan luka pada beberapa kondisi ini justru jadi sulit.

Apa saja faktor yang dapat mempersulit proses penyembuhan luka? Berikut ini uraian penjelasan mengenai beberapa kondisi tersebut.

Faktor yang Mempersulit Penyembuhan Luka

Source : yesdok.com

Luka yang sulit sembuh ini biasanya disebabkan oleh penyakit bawaan yang di derita oleh pasien penderita luka tersebut. Misalnya pada pasien diabetes, kadar gula darah yang tinggi menjadi faktor utama yang mempersulit penyembuhan luka.

Selain kadar gula yang tinggi, beberapa kondisi berikut ini juga dinilai bisa menjadi faktor utama penghambat penyembuhan luka. Di antaranya adalah :

1. Infeksi

Ketika lapisan epidermis kulit rusak, maka bakteri dari luar dapat masuk ke dalam tubuh lalu menyebabkan infeksi sehingga menghambat penyembuhan.

Infeksi pada luka biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit, bengkak, nyeri, dan muncul nanah dengan berbau busuk.

2. Kekurang Nutrisi

Asupan vitamin seperti vitamin A dan C memang baik untuk tubuh, sehingga dapat membantu tubuh untuk memperbaiki luka lebih cepat. Selain vitamin, asupan protein dan asam amino pun baik sebagai bahan baku untuk memperbaiki luka. Karena dinilai efektif meregenerasi sel-sel yang rusak.

3. Diabetes

Kadar gula yang tinggi mempunyai dampak yang negatif terhadap sirkulasi darah dan menurunkan kinerja sistem imun. Hal inilah yang menyebabkan luka pada pasien diabetes sulit sembuh. Diabetes juga bisa membuat penderitanya mengalami kerusakan saraf yang membuat pasien sulit untuk merasakan sakit. Sehingga seringkali tidak sadar saat mengalami luka pada tubuhnya, hingga berujung pada lebih banyak luka.

4. Pengaruh Obat

Beberapa obat-obatan tertentu terkadang memiliki efek samping yang mempengaruhi tubuh sulit untuk menyembuhkan luka. Contonya seperti obat antibiotik yang dapat membunuh bakteri baik sehingga berisiko infeksi pada luka dapat meningkat. Selain itu ada obat kemoterapi yang dapat mengganggu imunitas tubuh. Juga obat anti radang yang bisa mengganggu peradangan yang justru diperlukan dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Sirkulasi Darah Buruk

Sel darah merah sangat berperan penting dalam penyembuhan luka. Karena sel darah merah bertugas untuk membawa nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel baru. Oleh sebab itu jika sirkulasi darah kurang baik di area luka maka proses penyembuhan juga jadi akan lebih lama.

6. Ulkus Kulit

Biasanya orang awam mengetahui ulkus kulit ini dengan nama eksim basah. Eksim basah ini merupakan luka yang disebabkan oleh tekanan berlebih. Tekanan tersebut dapat menyebabkan munculnya luka dengan tingkat keparahan tertentu.

7. Minum Alkohol

Menurut sebuah studi, konsumsi alkohol juga bisa memperlambat penyembuhan luka. Karena mengonsumsi alkohol dapat menurunkan produktivitas sel darah putih. Sel darah putih ini sangat berperan penting dalam melawan infeksi.

Selain perawatan luka yang dilakukan dari luar, kita pun harus membantu penyembuhan luka dari dalam tubuh. Dengan mencegah kekurangan vitamin dan nutrisi, serta menjaga gula darah tetap normal serta menjaga imunitas tubuh.

Sobat Salam butuh pertolongan perawatan luka yang bisa dipesan ke rumah 24/7, dengan tetap dengan harga yang terjangkau? Layanan Perawatan Luka Salam Homecare Solusinya! Khusus bulan ini ada promo menarik loh, yuk cek promonya dibawah ini Sob!

shape
shape