shape

Ternyata Wajah Bisa Bisulan Juga Lho!

20 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Ternyata Wajah Bisa Bisulan Juga Lho!

Tahu gak Sob, kalau bisul bisa juga tumbuh di kulit wajah lho? Bukan hanya bikin gak percaya diri ya, tapi benjolan bisul juga muncul dengan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman.

Jika selama ini kita menganggap bisul hanya akan tumbuh di bagian tubuh yang tertutup, ternyata itu salah. Karena kulit wajah kita pun tidak luput dari risiko pertumbuhan bisul yang menyakitkan ini. Maka dari itu Sob, harus rajin membersihkan wajah agar terhindar dari infeksi bakteri yang menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya bisul ini.

Apa Penyebab Bisul di Wajah?

Bisul adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Infeksi bakteri tersebut akan masuk ke dalam folikel rambut atau kelenjar minyak di wajah sehingga timbul bisul di wajah. Beberapa penyebab bisul di wajah bisa muncul adalah :

  • Kurangnya menjaga kebersihan area wajah dengan baik sehingga membuat bakteri Staphylococcus aureus dapat berkembang biak.
  • Tidak mencukupi asupan nutrisi tubuh
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh rendah
  • Terpapar zat iritan yang keras
  • Memiliki penyakit kulit
  • Kontak langsung dengan orang yang mengalami bisul.
  • Infeksi dari rambut yang tumbuh ke dalam. Seperti setelah bercukur. Infeksi folikel rambut ini dikenal pula dengan folikulitis.

Apa Ciri-ciri Bisul di Wajah?

Selain di wajah, bisul juga dapat muncul di leher, bahu, bokong, dan ketiak. Sama seperti kemunculan bisul di area kulit lainnya, tanda bisul di wajah adalah kulit yang terinfeksi menjadi merah. Kemudian, muncul benjolan merah di area kulit tersebut. Kemunculan benjolan merah pada kulit ini juga keras dan terasa sakit.

Setelah 4-7 hari benjolan menjadi lunak, lebih besar, lebih menyakitkan, dan membentuk bintik putih berisi nanah di permukaan atas bisul.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bisul di Wajah?

Tak hanya terasa sakit, bisul di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Tidak heran bila kita ingin segera melakukan berbagai cara menghilangkan bisul di wajah. Nah, tak perlu khawatir, Sobat Salam bisa menerapkan cara menghilangkan bisul di wajah di bawah ini :

1. Kompres Air Hangat

Salah satu cara menghilangkan bisul di wajah yang sangat mudah adalah dengan kompres air hangat. Langkah ini tergolong aman dan mudah dilakukan di rumah. Cara tinggal rendam kain waslap atau handuk ke dalam air hangat. Kemudian, angkat kain atau handuk, peras airnya hingga terasa cukup lembap. Setelah itu, tempatkan kain pada area kulit wajah yang terdapat bisul selama 10-15 menit.

Kompres air hangat ini dapat mengurangi rasa sakit dari bisul sekaligus meningkatkan tekanan pada pori-pori yang terinfeksi. Sobat bisa melakukan cara menghilangkan bisul di wajah ini secara rutin, 3-4 kali sehari. Nantinya, bisul akan pecah sendiri dan mengeluarkan nanah dalam kurun waktu 10 hari.

2. Gunakan Bahan Alami

Cara menghilangkan bisul di wajah berikutnya adalah menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa obat bisul wajah alami yang bisa digunakan untuk mengobatinya. Misalnya:

  • Bawang Putih

Gunakan bawang putih yang sudah dihaluskan pada bisul atau luka bisul selama 10-30 menit sebanyak 1-2 kali sehari.

  • Bawang Bombay

Bungkus bawang bombay yang sudah diiris menggunakan kain kasa. Kemudian, letakkan pada permukaan bisul selama 1 jam, sebanyak 1-2 kali sehari.

  • Tea Tree Oil.

Oleskan tea tree oil pada area kulit wajah yang terdapat bisul, saat sedang mengganti perban.

  • Kunyit dan Jahe.

Haluskan kunyit dan jahe menjadi pasta masker lalu oleskan pada area kulit wajah yang terdapat bisul.

3. Bersihkan Bisul Dengan Sabun Antibakteri

Jika bisul di wajah pecah mengeluarkan nanah serta berangsur kering, segera bersihkan dengan sabun antibakteri. Lalu, oleskan salep antibiotik topikal dan tutup luka bisul dengan kain kasa steril atau perban. Pastikan untuk selalu mengganti perban bisul secara rutin, sebanyak 2-3 kali sehari sampai luka bisul sembuh sepenuhnya.

4. Jangan Memencet atau Memecahkan Bisul

Ketika ada bisul di wajah, mungkin rasanya ingin memencet bisul secara sengaja agar segera kempis dan hilang kan?. Alih-alih menghilangkan bisul, langkah ini justru dapat membuat kondisinya semakin memburuk. Bisul tersebut bisa mengalami iritasi, bahkan meradang hingga menimbulkan jaringan parut yang sulit dihilangkan.

5. Oleskan Salep Bisul

Cara menghilangkan bisul di wajah lainnya adalah mengoleskan salep antibiotik. Langkah ini bertujuan untuk membuat bisul lebih cepat kering serta memberi efek sejuk atau dingin pada bisul yang sedang meradang. Selain itu, salep bisul juga dapat membantu mencegah munculnya infeksi bakteri sehingga tidak menyebar ke area kulit lainnya.

Bagaimana Cara Mencegah Bisul di Wajah Muncul Kembali?

Berikut beberapa cara mencegah bisul di wajah muncul kembali adalah sebagai berikut :

  • Cuci muka secara rutin dengan sabun antibakteri yang kandungannya ringan.
  • Lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk mengeksfoliasi kulit wajah.
  • Cukupi asupan kebutuhan cairan tubuh.
  • Konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Olahraga secara teratur.
  • Selalu bersihkan dan ganti perban atau kain kasa bisul secara rutin
  • Jika melihat orang terdekat sedang berjerawat/bisul juga, harap hindari kontak fisik dengan wajahnya, apalagi jika Sobat akan memegang bagian tubuh yang sensitif seperti mata.

Nah jika kondisi bisul yang dialami sudah masuk kategori yang parah, ada baiknya untuk segera mendapatkan penanganan dokter. Biasanya dokter akan meresepkan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri atau antibiotik yang sesuai dengan tingkat keparahan.

Butuh konsultasi langsung dengan dokter terkait luka Sobat? Layanan Perawatan Luka Salam Homecare siap 24 jam/7 hari ke rumah Sobat loh! Apalagi khusus bulan ini ada promo potongan harga loh, yuk cek promonya sebelum kehabisan Sob!

shape
shape