shape

Tips Ampuh Tingkatkan Imun Dengan Kunyit

26 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

 Sobat Salam, pasti banyak diantara kita yang tidak mengira bahwa dalam 1 ruas kunyit ternyata memilik segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Rempah berwarna oranye cerah ini memang seringkali kita dapati di dalam racikan bumbu masakan. Banyak orang yang memanfaatkan kunyit ini hanya sekedar sebagai penguat rasa dan warna saja.

Padahal kunyit ternyata bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, karena kandungan antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antioksidan di dalam kunyit. Selain itu kunyit juga dapat membantu mengatur fungsi dari sel kekebalan dalam melawan penyakit kanker.

Mengonsumsi air rebusan kunyit atau menjadikan kunyit sebagai campuran teh, menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan banyak manfaat dari rempah satu ini. Namun Sobat disarankan hanya untuk mengonsumsi setidaknya 400-600 miligram bubuk kunyit murni sebanyak tiga kali dalam sehari, atau 1-3 gram akar kunyit kering atau parut.

Berbagai Khasiat Mengonsumsi Air Rebusan Kunyit

Tips Ampuh Tingkatkan Imun Dengan Kunyit
Source : hellosehat.com

Selain dipakai untuk menguatkan rasa dan pewarna alami pada masakan, kunyit ternyata juga punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa di antaranya :

1. Membantu mengurangi gejala arthritis

Sebagai rempah dengan kandungan antiinflamasi, kunyit bisa membantu meredakan gejala arthritis yang dialami.

2. Membantu meningkatkan imunitas tubuh

Selain itu, kunyit juga menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Ini karena kandungan antioksidan, antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri yang dimilikinya.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kunyit diyakini memiliki khasiat untuk menunjang kesehatan organ jantung karena sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dimilikinya. Mengonsumsi sebanyak 4 gram kunyit setiap hari selama sekitar tiga hari sebelum dan lima hari sesudah menjalani operasi bypass arteri koroner, bisa mengurangi risiko serangan jantung hingga sebesar 17 persen.

4. Mengobati dan mencegah kanker

Salah satu sifat terapeutik dari kunyit adalah manfaatnya sebagai zat antikanker. Sebagai rempah dengan kandungan antiradang dan antioksidan, kunyit dianggap mampu menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya mutasi sel menjadi kanker. Tak hanya itu, rempah ini juga punya manfaat antitumor dengan cara membatasi pertumbuhan tumor dan penyebaran dari sel kanker.

5. Membantu mengendalikan sindrom iritasi pada usus besar

Kunyit sudah lama dipakai sebagai salah satu obat herbal dan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada sistem dan saluran pencernaan. Salah satunya adalah manfaatnya dalam membantu mengelola rasa nyeri yang muncul saat mengalami sindrom iritasi usus besar.

6. Mengobati dan mencegah Alzheimer

Manfaat kunyit lainnya yaitu mengurangi kemungkinan munculnya masalah neurodegeneratif. Manfaat antiperadangan dan antioksidannya dianggap mampu mengurangi terjadinya peradangan, kerusakan sel, dan endapan atau plak amiloid yang umum terjadi pada pengidap Alzheimer. Selain itu, mengonsumsi kunyit juga membantu memperlambat bahkan mencegah terjadinya perubahan protein yang berhubungan dengan masalah neurodegeneratif.

7. Melindungi organ hati

Kunyit juga membantu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati. Potensi khasiat kunyit pada organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan, sekaligus membantu melindungi sel pada organ hati dari risiko kerusakan akibat paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu.

8. Mengelola dan mencegah diabetes

Pengobatan tradisional sudah lama memakai kunyit sebagai salah satu bahan alami untuk membantu mengelola dan mencegah terjadinya penyakit diabetes. Suplementasi yang mengandung kunyit diyakini memiliki kandungan antidiabetes.

9. Merawat dan menjaga kesehatan paru

Sifat antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit juga diyakini dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan masalah kesehatan paru kronis atau jangka panjang. Meski masih terbatas, bukti klinis telah menunjukkan bahwa kunyit efektif sebagai obat penyakit asma, kanker atau cedera pada paru, dan fibrosis paru.

Tips Membuat Air Rebusan Kunyit

Tips Ampuh Tingkatkan Imun Dengan Kunyit
Source : lifestyle.kompas.com

Membuat air rebusan kunyit atau teh kunyit sebenarnya tidak sulit kok. Berikut langkah-langkah yang bisa Sobat coba ikuti :

  1. Rebus air matang sebanyak empat gelas.
  2. Tambahkan satu atau dua sendok teh kunyit yang sudah berbentuk bubuk atau parut.
  3. Biarkan campuran mendidih selama sekitar 10 menit.
  4. Saring teh dalam gelas dan biarkan hangat sebelum kamu konsumsi.

Sobat  juga bisa menambah beberapa bahan untuk membantu meningkatkan rasa, atau membantu agar manfaat kunyit terserap secara efektif pada tubuh. Bahan yang direkomendasikan antara lain :

  • Madu. Bahan ini bisa membantu membuat rasa teh kunyit menjadi sedikit manis dan memberi tambahan sifat antibakteri dan antimikroba.
  • Susu, santan, dan minyak kelapa. Sobat bisa menambahkan susu almond, susu murni, susu krim, dan satu sendok makan minyak kelapa untuk membantu menyempurnakan penyerapan ke dalam tubuh. Ini karena kunyit membutuhkan lemak sehat supaya bisa larut dengan baik.
  • Lada hitam. Pilih yang memiliki kandungan piperin, bahan kimia yang dikenal mampu membantu meningkatkan penyerapan kunyit sekaligus menguatkan rasa pada campuran rebusan kunyit.
  • Lemon, jeruk nipis, atau jahe yang membantu menambah sifat antimikroba dan antioksidan sekaligus meningkatkan citarasa teh kunyit.

Namun, jika gejala masalah kesehatan yang dialami tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapat penanganan yang tepat ya.

Tapi jika Sobat ingin mendapat imun booster secara instant, Layanan Infus dan Suntik Vitamin C Booster Salam Homecare adalah solusiny! Kami siap 24 jam ke rumah Sobat, dengan harga yang terjangkau. Khusus bulan ini juga ada promo menarik loh, yuk buruan cek dibawah ini!

shape
shape