shape

Tips Memilih Vitamin C Yang Aman Untuk Tubuh

25 October 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Tips Memilih Vitamin C Yang Aman Untuk Tubuh

Tahukah Sobat Salam, kenapa vitamin C adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh? Hal ini karena fungsinya yang vital dalam memelihara sel-sel tubuh. Vitamin C sendiri dibutuhkan oleh semua kelompok usia dan jenis kelamin supaya terhindar dari beberapa gangguan kesehatan seperti imunitas yang menurun, sariawan, arthritis hingga penuaan dini.

Namun, ternyata tubuh kita ini tidak bisa memproduksi sendiri vitamin C. Maka dari itu perlu adanya support dari luar untuk pemenuhan kebutuhan vitamin harian. Dosis yang dibutuhkan oleh setiap golongan usia pun berbeda-beda lho Sob. Untuk itu yuk kita simak cara memilih vitamin C yang tepat untuk perawatan tubuh.

Manfaat Vitamin C Yang Jarang Diketahui

Tips Memilih Vitamin C Yang Aman Untuk Tubuh
Source : alodokter.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Vitamin C adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki beragam manfaat yang menunjang kesehatan.

Mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh stres. Misalnya saja sakit kepala berkepanjangan, tubuh lesu dan lemah hingga rasa mual.

Disebutkan juga bahwa vitamin C memiliki kepekaan terhadap hormon stres yang diproduksi oleh tubuh sehingga menjaga asupannya setiap hari dapat menangkal berbagai penyakit ini.

Vitamin C tidak bisa secara aktif dan efektif meredakan sakit flu. Akan tetapi, zat ini bisa mencegah flu semakin parah dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh sehingga komplikasi seperti pneumonia dan sakit paru-paru tidak terjadi.

Bukan vitamin A saja yang berperan dalam kesehatan penglihatan. Faktanya, vitamin C juga memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit serius pada mata seperti katarak dan degenerasi makular. Mendapatkan asupan vitamin C yang cukup melalui makanan atau suplemen setiap hari dapat menurunkan resiko mata terjangkit kondisi tersebut.

Manfaat vitamin C untuk kulit sudah dikenal sejak dulu yaitu sebagai anti-aging yang mencegah kulit cepat keriput serta melindunginya dari kekusaman. Hal ini karena vitamin C dapat menangkal radikal bebas dan efek buruk lingkungan. Sehingga keremajaan sel-sel kulit akan lebih terpelihara dengan mendapatkan asupan nutrisi ini secara tepat setiap harinya.

Tips Memilih Vitamin C yang Tepat

Tips Memilih Vitamin C Yang Aman Untuk Tubuh
Source : tribunnews.com

Untuk mempertahankan sistem imun tubuh tetap kuat memang memiliki berbagai macam cara. Bisa melalui makanan, suplemen atau infus vitamin.

Tubuh tidak mampu memproduksi vitamin sendiri, sehingga untuk memenuhi kebutuhan vitamin (vitamin C) harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C. Tidak sedikit orang yang memilih untuk mengonsumsi suplemen agar kebutuhan vitamin C tubuh terpenuhi serta untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak memilih suplemen vitamin C, yaitu:

1. Aman untuk ginjal

Pilihlah suplemen vitamin C yang rendah kadar oksalat (oxalate) agar aman untuk ginjal. Karena kadar oksalat yang terlalu tinggi bisa membentuk kristal atau batu di dalam ginjal.

2. Nyaman di lambung

Selain aman untuk ginjal, pilih suplemen vitamin C yang nyaman di lambung, terutama bagi penderita asam lambung. Pilih vitamin C yang tidak mengandung asam atau bersifat non-acidic.

3. Dosis vitamin C

Perhatikan dosis vitamin C yang akan diterima tubuh setiap harinya. Karena mengonsumsi suplemen vitamin C melebihi dosis, beresiko mengalami beberapa efek samping seperti diare, mual dan sakit kepala.

Batas maksimal dosis vitamin C pada orang dewasa adalah 2.000 mg perhari. Bila beranggapan bahwa semakin banyak menerima asupan vitamin C, maka semakin baik dan semakin meningkatkan imun tubuh adalah hal yang tidak tepat. Tidak ada manfaat yang akan diperoleh bila mengonsumsi vitamin C melebihi dosis yang disarankan, kelebihan asupan vitamin C justru akan dibuang oleh tubuh.

4. Perhatikan bahan tambahan

Hal terakhir yang harus diperhatikan ketika memilih vitamin C adalah bahan tambahan yang terdapat di dalamnya. Contohnya, ketika sedang mengurangi konsumsi gula, pilih suplemen vitamin C yang tidak mengandung gula.

Mengonsumsi suplemen vitamin C dinilai cukup bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Jangan sampai niat ingin menambah imunitas tubuh dengan suplemen vitamin C, malah berakibat datangnya penyakit lain karena bahan tambahan/kesalahan penggunaan suplemen tersebut. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat, mengandung gizi yang seimbang dan mencukupi waktu istirahat.

Namun jika Sobat Salam memiliki defisiensi vitamin C atau kekurangan vitamin C, konsumsi suplemen saja tidak cukup loh. Sobat bisa mendapatkan infus vitamin C untuk mengembalikan kadar vitamin C yang tepat. Layanan Suntik/Infus Vitamin C Salam Homecare siap 24/7 melayani loh, apalagi harganya sangat terjangkau dan dapat dilakukan dirumah. Khusus bulan ini juga ada promo gede-gedean loh, yuk cek promonya dibawah ini sekarang!

shape
shape