shape

Tips Mengobati Gatal Akibat Gigitan Kutu

08 January 2023

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, luka pada kulit tidak hanya disebabkan oleh benda saja namun luka pun bisa terjadi disebabkan oleh hewan kecil. Salah satu contohnya adalah kutu. Hewan kecil ini memang sering tidak disadari keberadaanya karena ukurannya yang kecil.

Biasanya kita baru akan menyadari ketika kutu tersebut mengigit kulit dan menimbulkan bekas gigitan yang sangat mengganggu. Biasanya kutu berkembang biak dengan baik di sela-sela bulu-bulu halus hewan peliharaan, gorden, karpet, sofa, dan juga kasur.

Gejala Gigitan Kutu

Meski berukuran kecil, luka bekas gigitan kutu ini umumnya akan menimbulkan ruam, bentol, dan rasa gatal. Umunya gejala gigitan kutu akan muncul dalam beberapa jam atau beberapa hari setelah gigitan.

Rasa gatal yang ditimbulkan juga disertai rasa panas pada kulit, sehingga membuat kita tak sadar menggaruknya dengan keras. Jika terus menerus digaruk, maka akan menimbulkan luka kerusakan lainnya pada kulit. Seperti kulit akan lecet dan infeksi bakteri bisa terjadi.

Selain menimbulkan ruam pada kulit, gigitan hewan berukuran 0.5 cm ini juga bisa menimbulkan gejala lainnya. Berikut ini infeksi dari gigitan kutu akan menimbulkan beberapa gejala lainnya, di antaranya :

  • Ruam menjadi semakin besar dan terasa sakit
  • Demam dan kelenjar getah bening membengkak

Tips Mengatasi Gatal Gigitan Kutu

Agar tidak mengakibatkan infeksi bakteri, tentunya penanganan yang tepat harus dilakukan saat tergigit kutu. Berikut beberapa tips yang dapat Sobat coba untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan kutu, antara lain :

  • Kompres dengan air dingin

Pada saat kutu mengigit kulit, area kulit tersebut akan menjadi bengkak dan disertai rasa gatal. Untuk mengurangi pembengkakan dan rasa gatal yang ditimbulkan, Sobat bisa memakai handuk yang sudah dibasahi air dingin. Hal ini bertujuan agar sensasi dingin dapat menyebar ke kulit dan rasa gatal dapat berkurang.

  • Pakai losion atau krim anti gatal

Padakrim anti gatal ini umumnya terkandung zat aktif pereda gatal. Dengan pemakaian krim anti gatal ini efektif untuk meringankan kondisi kulit yang terkena gigitan kutu. Jangan lupa, sebelum memakai krim ini astikan kulit sudah dalam keadaan bersih ya Sob!

  • Berendam air hangat yang dicampur bahan pereda gatal

Dengan berendam menggunakan air hangat, akan memberikan sensasi rileks pada jaringan kulit dan tubuh. Selain itu dengan menambahkan oat meal koloid atau soda kue, dipercaya mampu melegakan kulit dari rasa gatal.

  • Gunakan sabun antigatal

Saat kulit gatal dan terinfeksi, kulit akan menjadi lebih sensitive dengan bahan-bahan tertentu. Sobat bisa memilih sabun khusus untuk kulit gatal yang bebas pewangi, pewarna, atau zat pengawet seperti paraben.

Cara Mencegah Gigitan Kutu

Karena ukurannya yang sangat kecil dan sering tidak kita sadari keberadaannya, penting untuk kita mengetahui tempat biasa kutu berkembang biak. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah gigitan kutu, di antaranya :

  • Rutin mencuci benda-benda tempat berkembang biaknya kutu, seperti sprei, Kasur, gorden dan sofa dengan suhu tinggi
  • Jika mempunyai hewan peliharaan kita harus rajin untuk memandikannya agar terbebas dari kutu yang bisa mengigit manusia
  • Hindari menyimpan barang di bawah tempat tidur

Pada prinsipnya Sobat harus memastikan kebersihan tempat tinggal dan hewan peliharaan agar tetap terjaga dari kutu. Jika terlanjur terjadi gigitan, maka segeralah lakukan tips penanganan di atas agar tidak berisiko terinfeksi kuman.

Namun jika luka akibat gigitan kutu terlanjur infeksi, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

shape
shape